Yuk, Kenali istilah yang ada di dunia perkuliahan volume 01

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang  – Saat kegiatan perkuliahan dimulai apabila kamu sebagai mahasiswa baru pastinya istilah khas dunia perkuliahan akan muncul. Mungkin sebagai orang yang belum pernah mendengar tentu tidak jarang akan membuat kamu merasa bingung.

Jadi buat kamu calon mahasiswa baru, agar tidak terlihat cupu saat masuk kuliah. Artikel ini memang di tujukan untuk kamu dan akan membantu kamu untuk menghilangkan kebingungan kamu tentang istilah-istilah ada ada di dunia perkuliahan. Jadi mari simak baik-baik penjelasannya di bawah ini yaa..

Istilah yang wajib diketahui mahasiswa

  1. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

KTM ini fungsi dan kegunaannya sama dengan kartu pelajar ketika kamu sekolah dulu. KTM ini biasanya berfungsi untuk meminjam buku diperpustakaan, untuk kartu pengenal, pembayaran dan menggunakan fasilitas lainnya dikampus. Jadi saat sudah kuliah nanti kartu ini harus dijaga baik-baik ya, jangan sampai hilang karena akan membuat kamu ribet mengurusnya.

  1. NIM (Nomor Induk Mahasiswa)

Saat kamu sudah terdaftar di salah satu universitas, kamu juga akan mendapat nomor induk mahasiswa (NIM). Nomor ini merupakan kode resmi kamu sebagai mahasiswa di suatu universitas. Nim akan tertera pada KTM yang kamu dapatkan. Jadi NIM inilah yang digunakan untuk administrasimu.

  1. KRS (Kartu Rencana Studi)

KRS merupakan sebuah kartu yang akan kamu dapatkan ketika awal semester, kartu ini digunakan untuk memilih mata kuliah yang akan kamu ambil. Jadi setiap awal semester kamu harus mengisi KRS ini untuk menentukan mata kuliah yang akan kamu tempu di semester itu. Untuk saat ini KRS sudah dilakukan secara online, jadi kamu sudah bisa mengkakses dimana saja dan kapan saja. Tetapi biasanya untuk pengisian KRS ini ada batas waktunya. Nah, KRS sendiri wajib untuk diisi karena jika kamu tidak mengisi data-data perkuliahanmu tidak akan terekam di database kampus untuk semester tersebut sehingga dianggap cuti. Akibat fatalnya, kamu tidak boleh mengikuti kegiatan perkuliahan apa pun dan terancam terlambat lulus.

  1. SKS (Satuan Kredit Semester)

Untuk siswa yang lulus tahun ini mungkin sudah mengenal tentang SKS karena saat ini di SMA sudah diterpakan sistem SKS. Nah, untuk kamu yang belum tau, SKS merupakan beban dalam setiap mata kuliah, dengan jumlah beban yang berbeda antara satu mata kuliah dengan lainnya.  Mungkin bisa dibilang SKS ini merupakan nilai atau bobot suatu mata kuliah. Untuk bobot SKS biasanya berbeda-beda, tergantung dari mata kuliahnya, ada yang 1, 2, 3, hingga 6 SKS.

Disetiap akhir semester kamu akan memperoleh total SKS dari nilai yang sudah kamu dapat pada semester sebelumnya. Dari total nilai itulah yang nantinya kamu gunakan untuk mengambil studi berikutnya. Biasanya, sih. Mahasiswa cuma dibolehin mengambil maksimal 24 SKS tiap semester biar gak keteteran belajarnya.

  1. KHS (Kartu Kasil Studi)

KHS adalah kartu nilai dari hasil studi yang kamu lakukan selama satu semester. KHS akan diberikan pada saat akhir semester dan saat ini sudah bisa diakses secara online, jika saat SMA kamu mendapat raport maka saat kuliah kamu akan mendapat KHS ini

  1. IP (Indeks Prestasi)

IP sendiri sama dengan nilai nilai akhir semester, namun yang membedakan nilai pada saat kuliah adalah skala IP dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi adalah 0 (nol) hingga 4 (empat). Jadi tidak sama seperti kamu SMA kemarin.

Mahasiswa yang mendapat IP 4 di akhir semester pasti semua nilai mata kuliahnya “A”. Penilaian di universitas memakai huruf, sehingga nilai “E” untuk yang paling rendah dan nilai “A” untuk yang paling tinggi. Kalau kamu mau lulus mata kuliah, biasanya nilai minimal harus di atas C (misalnya C+, B-, B, dan seterusnya).

  1. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

Nilai indeks ini didapatkan dari nilai rata-rata yang diperoleh dari seluruh mata kuliah dari perkuliahan di awal hingga akhir. Perlu kamu tahu bahwa IPK beda dengan IP. Yang membedakan adalah nilai IPK merupakan nilai yang didapatkan dari rata-rata konversi nilai tiap mata kuliah yang sudah kamu ambil di sepanjang menempuh pendidikan, dari semester satu hingga semester akhir.

  1. Cumlaude

Cumlaude adalah predikat yang diberikan di perguruan tinggi kepada mahasiswa yang mendapat nilai terbaik. Saat lulus kuliah nilai akhir kamu akan tertulis dalam IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dengan angka tertinggi yaitu 4. Untuk mahasiswa yang mendapat IPK di atas 3,50 akan mendapat predikat cumlaude. Agar kamu bisa mendapat predikat ini jangan lupa terus belajar yah!

Jadi bagaimana calon mahasiswa baru, apa sudah cukup membantu? Sebenarnya ini hanya beberapa istilah saja. Siswaindonesia.com akan membagi kebeberapa artikel untuk istilah-istilah ini ya..

You may also like

Leave a Comment