Upaya Satlantas Polresta Malang Tekan Angka Pelanggaran Lalu Lintas Bagi Pelajar

by admin

Kegiatan sosialisasi di BSS Malang oleh Unit Dikyasa Polresta Malang (foto: dok. pribadi)

SiswaIndonesia.id, Malang – Kalangan pelajar masih mendominasi pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polresta Malang. Pelajar yang masih duduk di bangku SMAlah yang paling banyak dihadiahi surat tilang oleh petugas Satlantas Polres Malang. Dari data Satlantas Polresta Malang sendiri dari bulan Januari sampai November 2018 jumlah pelanggaran dari kalangan pelajar sebanyak 2.651 kasus atau lebih dari 30% pelanggar lalu lintas yang ada di Kota Malang.

“Rata-rata dari kalangan pelajar, kasusnya sendiri tidak mempunyai surat-surat berkendara atau SIM, terus kelengkapan berkendaranya juga kurang,” ujar anggota Satlantas Polresta Malang.

Jumlah pelanggaran yang cukup tinggi dari kalangan pelajar itu sendiri, tidak jarang juga menyebabkan jumlah kecelakan lalu lintas yang ikut bertambah. Hal tersebut membuat petugas dari Satlantas yang di lakukan oleh Unit Dikyasa sering melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi untuk para pelajar.

“Dari Unit Dikyasa sendiri sudah sering melakukan sosialisasi kesekolah terutama saat memasuki ajaran baru, banyak sekolah-sekolah yang meminta untuk datang mensosialisasikan tentang berkendara,” jelas Ipda M. Saikhu Kanit Dikyasa Polresta Malang.

Setiap kali sosialisasi dilakukan, ada beberapa poin yang ditekankan pada pelajar agar tidak melakukan pelanggaran lalu lintas. Poin-poin tersebut diantaranya mengenai kecepatan ketika berkendara, dilarang bergoncengan lebih dari dua orang, dilarang melawan arah, memperhatikan keamanan berkendara seperti memakai helm dan lainnya, serta yang paling penting adalah tidak boleh mengkonsumsi obat-obatan terlarang saat berkendara, karena hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

Pihak dari Unit Dikyasa Polresta Malang juga sering mengadakan lomba cerdas cermat untuk kalangan pelajar SMA. Selain itu Unit Dikyasa juga mengadakan pemilihan Duta Lalu Lintas dengan menggandeng para siswa-siswi pelajar yang ada di Kota Malang. Tujuan terbentuknya Duta Lalu Lintas sendiri ini untuk membantu pihak kepolisian mensosialisaskan tentang lalu lintas kepada siswa-siswi yang ada disekolah.

Sosisalisasi yang dilakukan oleh petugas sebenarnya sudah sangat efektif. Namun, yang paling penting adalah peran orang tua yang sangat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman kepada anaknya yang masih duduk dibangku sekolah tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas. (feb)

Reporter    : Alvin Febriawan

Editor         : Risky Karina Putri

You may also like

Leave a Comment