Tips Mengatur Waktu Selama Pembelajaran Dari Rumah

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Pemerintah telah menetapkan kebijakan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Jawa dan Bali diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Tentu hal ini membuat kegiatan sekolah tatap muka masih belum bida diberlakukan. Hal ini dilakukan pemerintah karena kasus positif Covid-19 masih belum juga mereda dalam beberapa pekan ini. Sehingga pemberlakuan kebijakan ini akan diberlakukan hingga kondisi sudah cukup membaik.

Saat harus tinggal dirumah tentu membuat kamu harus lebih cermat dalam mengatur waktu. Mengapa demikian? Karena akan cukup banyak pekerjaan yang harus dituntaskan, seperti tugas-tugas dari sekolah yang tak putus-putus, orang tua di rumah yang perlu dibantu, dan kita juga masih butuh waktu untuk relaks bersantai, karena memiliki segudang pekerjaan yang menumpuk memang sangat menyebalkan. Setiap hari merasa bahwa pekerjaan seperti tidak akan ada habisnya, bahkan terus menerus menumpuk dan bertambah banyak.

Dilansir dari yoursay.suara.com Atkinson (1994), menjelaskan bahwa manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seseorang yang dilakukan secara terencana agar individu dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya.

Setiap hari, seseorang memiliki jatah waktu yang sama dengan yang lainnya, yaitu sehari 24 jam. Orang yang dapat mengatur waktunya dan dapat mengetahui dengan tepat apa yang harus dikerjaka tentu akan menjadi orang yang sangat produktif. Terkadang orang tang terlihat sibuk belum tentu produktif karena tidak berhasil dalam menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.

Sedangkan sebagai pelajar jika memiliki waktu yang efektif kamu akan lebih mudah dalam membagi waktu antara belajar, sekolah, membantu pekerjaan dirumah atau bermain tanpa karus ketinggalan materi pelajaran di sekolah. Lalu bagaimana cara mengatur waktu yang tepat? Simak tips berikut :

  1. Menyusun To-Do-List!

Apabila menyusun To-Do-List setiap harinya, akan membuat kamu lebih mudah dalam mengatur jadwal dan kegiatan yang akan dilakukan, karena kamu dapat merencanakan kapan harus belajar, membantu pekerjaan rumah dan bersantai. Kamu bisa membuat list jadwal untuk kegiatan dalam beberapa hari kedepan. Kamu bisa membuat jadwal pada buku jurnal atau agenda, papan tulis, kertas yang ditempel di tembok, pada sticky notes laptop atau computer. Bahkan saat ini juga banyak terdapat aplikasi reminder yang dapat mengingatkan kamu akan pekerjaan yang harus kamu lakukan. Kamu dapat dengan mudah untuk mengakses, mengedit, dan melihat kembali daftar pekerjaan melalui smartphone.

  1. Urutkan Skala Prioritas Kegiatan

Agar semua aktivitas dan kegiatan berjalan dengan baik, maka tentukan kegiatan yang paling penting dan harus di prioritaskan untuk dikerjakan terlebih dahulu. Karena tidak semua pekerjaan memiliki deadline atau batas waktu yang sama, bukan? Dan tidak semua pekerjaan berada pada satu level kesulitan yang sama.

  1. Tentukan Target Penyelesaian

Selain menentukan daftar dan prioritas kegiatan, kamu juga wajib untuk menentukan target penyelesaian. Agar semua pekerjaan selesai dengan tepat, sehingga tidak mengganggu kegiatan selanjutnya. Alokasikan waktu sesuai dengan beban tugas untuk membuat deadline kegiatan.

  1. Fokus Pada Pekerjaanmu

Kerjakan semua kegiatan dengan focus, agar tugas dan pekerjaan bisa selesai dengan tepat dan efektif sehingga pekerjaan yang kamu lakukan memiliki hasil yang baik. Hindari gangguan-gangguan yang memecah konsentrasi supaya kamu tetap focus terhadap tugasmu.

  1. Hindari Multitasking

Jangan menganggap bahwa multitasking dapat membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, karena ternyata multitasking hanya akan mengulur waktumu dalam menyelesaikan tugas karna tidak efektif dan kurang optimal. Belum lagi jika nanti kondisi otak dan pikiran akan menjadi lebih stress dan bingung karena merasa panik akibat mengerjakan dua tugas sekaligus.

  1. Menentukan Waktu Relaksasi

Setelah menyelesaikan suatu pekerjaan pasti membuatmu merasa jenak dan ingin beristirahat. Maka gunakan sebagaian waktumu dengan beristirahat untuk merelaksasi badan dan pikiran. Sempatkan untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai agar tidak lelah dan stress.

  1. Jangan Menunda Pekerjaan

Kerjakan tugasmu sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat, jika kamu menunda-nunda maka pekerjaan tidak akan selesai dan makin menumpuk. Sehingga waktu yang kamu miliki terbuang percuma dan tidak sesuai dengan target.

You may also like

Leave a Comment