TIPS AGAR TERHINDAR DARI SISTEM KEBUT SEMALAM

by Siti Nurul Hikmah

Siswaindonesia.com, Malang – Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, bahwa Teknik belajar Sistem Kebut Semalam (SKS) sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Terlebih lagi mengingat banyaknya dampak buruk yang ditimbulkan jika secara terus menerus melakukan sistem belajar yang satu ini. Mulai dari tidak maksimalnya nilai yang didapatkan, memicu kebiasaan buruk dan yang paling parah adalah dapat mempengaruhi kesehatan fisik.

 

Lalu bagaimana cara jitu untuk menghindari Teknik belajar sistem kebut semalam ini? terlebih lagi untuk siswa-siswa yang memiliki banyak kegiatan diluar sekolah. Tentu mengatur waktu antara kegiatan diluar dengan kegiatan sekolah cukup sulit dilakukan. Sulit disini bukan berarti tidak bisa dilakukan ya. Kali ini Siswaindonesia.com akan membagikan cara jitu untuk menghindari cara belajar yang salah ini. Yuk simak artikel ini hingga akhir ya.

 

  1. Menyusun list kegiatan

Bagi kamu siswa aktif yang memiliki banyak kegiatan selain belajar, tentu cukup sulit untuk bisa mengatur waktu, mengingat banyaknya kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan setiap harinya. Untuk itu, kamu perlu mencatat dan menyusun daftar kegiatan atau kewajiban yang perlu kamu selesaikan setiap harinya, berdasarkan dari skala prioritas. Hal ini akan sangat membantumu untuk mengatur waktu.

  1. Fokus

Setelah menentukan list kegiatan berdasarkan skala prioritas, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah fokus pada pekerjaan tersebut. Agar tidak menghabiskan banyak waktu, kamu harus bisa menyingkirkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasimu. Jika kamu kesulitan fokus, maka besar kemungkinan kamu akan kesulitan untuk menyelesaikan tugas-tugasmu tepat waktu. Matikan notifikasi handphone agar kamu tidak mudah mengalihkan fokus.

  1. Mengatur durasi belajar

Aturlah waktu selama belajar. Bagi dalam beberapa bagian, contohnya 30 menit untuk membaca materi, dan 15 menit untuk mengerjakan contoh soal, dan 5 menit untuk istirahat sejenak. Setelah menentukan waktu tersebut, jangan lupa untuk konsisten sesuai dengan waktu yang telah ditentukan ya!

  1. Mengatur waktu deadline sendiri

Mengatur waktu deadline mandiri disini bukan berarti kamu bisa mengatur waktu deadline lebih lama dari yang telah ditentukan ya. Yang ada, malah tugasmu tidak kunjung selesai. Yang dimaksudkan disini adalah, menentukan waktu deadline lebih awal dari yang telah ditentukan sebelumnya. Jika guru memberikan waktu deadline pukul 24.00, kamu harus menentukan deadline pada pukul 18.00, jauh dari sebelum waktu yang telah disepakati sebelumnya.

  1. Istirahat cukup

Kunci dari cara jitu ini adalah belajar santai namun pasti. Jangan terlalu memaksakan diri untuk terlalu keras dalam belajar. Tubuh dan pikiranmu perlu istirahat sejenak selama belajar. Seperti pada poin ke 3, kamu bisa menentukan waktu istirahat selama belajar. Bisa dengan 5-10 menit dalam setiap sesi belajar. Selain itu, istirhat yang cukup pada malam hari juga sangat penting. Jangan memaksakan diri untuk belajar hingga larut malam. ingat, bahwa tidur yang cukup penting untuk kesehatan tubuhmu ya.

  1. Memberikan self reward

Setelah berusaha keras dalam belajar seharian, kamu perlu memberikan “self rewrd” sebagai bentuk apresiasi diri pada diri sendiri. Bisa dalam bentuk makanan atau hal-hal sederhana lainnya. Hal ini bertujuan agar kamu tetap bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas tepat waktu.

You may also like

Leave a Comment