Tidak Suka Melihat Orang Lain Sukses? Tanda-Tanda Crab Mentality

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.id, Malang – Ketika kamu berada didalam suatu kelompok baik yang berada di sekolah atau dirumah, pernahkah kamu merasakan bahwa ada seseorang yang ingin menjatuhkanmu? Atau mungkin malah sebaliknya, kamu tidak ingin melihat orang lain sukses? Biasanya perilaku mengkritik, memeremhkan orang lain bahkan memanipulasi bisa terjadi saat seseorang tidak menyukai orang lain.

Kondisi psikologis ini bernama crab mentality atau mentalitas kepiting. Mengapa disebut demikian? Hal ini dikaitkan dengan gambaran sifat dari kepiting yang ketika berada didalam ember dalam keadaan penuh sesak, jika salah satu kepiting tersebut berada diposisi paling atas maka kepiting lain akan mencapit dan menarik kepiting tersebut agar kembali masuk ke dalam ember.

Untuk perilaku pada kepiting hal ini bisa dikatakan sebagai sifat solidaritas, namun dalam kehidupan manusia sifat ini dimaknai dengan sifat yang egois atau iri hati terhadap kesuksesan orang lain dan menyeret orang tersebut agar jatuh sehingga tidak bisa meraih kesuksesannya.

Menurut jurnal The “Crabs In A Bucket” Mentality in Healthcare Personnel : A Phenomenological study crab mentality adalah gangguan psikologis dimana seseorang berusaha untuk menjatuhkan performa orang lain yang lebih baik darinya.

Tidak bisa dipungkiri apabila manusia hidup berkelompok, sehingga kejadian seperti ini sering terjadi di berbagai macam lingkungan. Ketika hidup berkelompok tentu sifat kompetitif juga akan terjadi dan ini merupakan hal yang wajar dan juga bisa bermanfaat untuk beberapa orang.

Tetapi apabila sifat kompetitif muncul secara berlebihan tentu harus diperhatikan, sebab hal ini akan menggangu dan dapat merukan mental serta emosional. Perasaan iri hati, dengki, putus asa bahkan depresi dapat menghampiri. Seseorang yang memiliki  crab mentality umumnya memiliki pola pikir yang tidak sehat sebab didalam pikirannya akan terus terlintas bahwa “Jika aku tidak bisa mendapatkan yang aku mau, kamu juga tidak boleh mendapatkannya.”

Dengan pikiran tersebut tentu akan mengganggu padahal sebenarnya ia dapar meraih kesuksesan dengan cara yang lebih baik tanpa menjatuhkan orang lain. Oleh sebab itu penting untuk kamu agar terhindar dari crab mentality, berikut beberapa cara menurut alodokter.com :

  1. Terus berusaha untuk meraih kesuksesan

Tanamkan sifat optimis dan percaya kepada diri sendiri. Jangan dengarkan komentar negative orang lain dan tutup telingamu ketika mendengar sesuatu yang membuatmu menjadi putus asa. Lakukan apa yang menutmu benar, dengan begitu semua tujuan bisa segera terwujud.

  1. Meningkatkan kemampuan diri

Agar rasa percaya diri meningkat dan tidak mudah putus asa maka jangan dengarkan hasutan orang lain. Tetaplah bersemangat untuk mengembangkan kemampuan diri.

  1. Lakukan evaluasi

Saat kamu sudah mencapai suatu tujuan dan kamu merasakn kegagalan jangan kamu langsung berputus asa. Lakukan evaluasi diri atas kegagalan yang sudah kamu alami. Dengan begitu rasa percaya diri akan kembali.

Selalu ingat bahwa kegagalan merupakan kunci kesuksesan dan dari kegagalan itulah banyak pelajaran dan ilmu baru yang dapat kamu ambil. Dengan selalu memberikan afirmasi positif dalam diri tentu akan selalu menumbuhkan  rasa percaya diri, sehingga kamu akan bangkit dari keterpurukan dan kembali bangkit untuk meraih kesuksesan yang tertunda.

  1. Pilih teman yang suportif dan positif

Apabila kamu terjebak didalam pertemanan yang memiliki sikap crab mentality, maka segeralah untuk meninggalkan pertemanan tersebut. Memang tidak mudah bahkan terlebih jika mereka merupakan teman lama. Tetapi jika kamu terus berada dalam lingkungan tersebut tentu akan menyushkanmu untuk meraih kesuksesan.

Mulailah untuk menambah teman yang lebih positif dan suportif. Karena lingkungan pertemanan merupakan hal penting dalam proses menuju kesuksesan. Apabila kamu dikelilingi ornag yang positif maka kehidupanmu akan berjalan baik.

Jadjangan kamu menggangap remeh sikap crab mentality ini yah. Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi masa depan dan kesuksesanmu. Selalu fokus dan percaya diri untuk meraih kesuksesanmu. Hiraukan afirmasi negative orang lain pada dirimu, karena hal itu hanya akan menghambat kesuksesanmu.

You may also like

Leave a Comment