TETAP PRODUKTIF DI AKHIR PEKAN

by Siti Nurul Hikmah

Siswaindonesia.com, Malang – Setelah selama enam hari penuh bersekolah, selalu disibukkan dengan banyaknya tugas-tugas yang harus dikerjakan, tentu saja hari Minggu merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu kan? Sebab di hari Minggu, sobat bisa beristirahat sejenak tanpa harus memikirkan tugas-tugas di sekolah. Eits, tapi jangan mudah terlena dengan hari libur ini ya. Meskipun di hari Minggu ini kamu bebas beristirhat, namun jangan habiskan waktu liburmu hanya dengan bermalas-malasan ya.

 

Akan sangat disayangkan jika akhir pekan mu habis hanya dengan bermalas-malasan seharian tanpa melakukan hal produktif. Kamu bisa melakukan banyak hal lain yang tidak bisa kamu lakukan di hari lain, seperti melakukan hobi atau kegiatan lainnya. Namun memamng godaan terberat di hari Minggu adalah bangun dari tempat tidur. Rasanya ranjang Kasur memiliki gaya gravitasi yang lebih kuat dari pada umumnya ya. Untuk itu, tim siswaindonesia.com memiliki tips yang manjur untuk mengatasi rasa malas bangun pagi di hari Minggu. Apa saja tipsnya, bisa kamu simak berikut ini :

 

  1. Tidur tepat waktu

Sebelumnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengatur waktu tidurmu. Saat hari Sabtu malam, kamu harus tidur awal dan jangan begadang. Hal ini agar waktu istirahatmu cukup dan bisa bangun lebih awal.

  1. Lekas bangun

Saat kamu membuka maka, segeralah beranjak dari tempat tidurmu. Jika selama ini kamu terbiasa bangun tidur dan mengecek handphone, maka jauhkan terlebih dahulu. Sebab jika hal pertama yang kamu lakukan adalah mengecek handphone maka niscaya kamu terlena akibat sibuk berselancar di media sosial, dan berujung malas bangun dari Kasur.

  1. Minum air putih

Untuk menggantikan cairan yang hilang, sangat dianjurkan untuk meminum air putih saat bangun tidur. Banyak sekali manfaat dari meminu air mineral di pagi hari. Mulai dari mengeluarkan racun dalam tubuh, menjaga kesehatan, meningkatkan metabolism tubuh juga dapat bermanfaat meningkatkan produktivitas. Tubuh yang terhidrasi dengan baik, akan meningkatkan fokus agar lebih mudah berkonstentrasi.

  1. Meditasi

Mengutip dari laman milik Alodokter.com, bahwa meditasi merupakan sebuah Teknik relaksasi dapat memberikan rasa tenang dan damai. Dengan meditasi, dapat mengatasi berbagai hal seputar kesehatan mental, seperti kecemasan, stress dan depresi. Waktu untuk bermeditasi sendiri bermacam-macam. Bisa dilakukan kapan saja. Kamu bisa melakukan meditasi saat bangun tdir untuk memulai hari agar lebih bersemangat.

  1. Olahraga

Jiwa yang sehat berasal dari tubuh yang bugar. Maka untuk itu, manfaatkan waktu pagi harimu dengan melakukan aktifitas yang bermanfaat bagi tubuh, contohnya dengan berolahraga. Dengan rutin berolahraga, memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan kewaspadaan, meningkatkanmood, dan untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, bisa mencoba rutin berolahraga di pagi hari.

  1. Sarapan

Setelah melakukan banyak aktifitas seperti berolahraga, maka jangan melewatkan sarapan ya. Sarapan di pagi hari merupakan hal wajib yang tidak bisa kamu tinggalkan. Banyak manfaat yang kamu dapatkan dari sarapan loh, selain sebagai sumber energi, dengan sarapan kamu juga dapat meningkatkan fokus, menjaga mood serta dapat melindung tubuh dari berbagai penyakit. Tentu dengan menu sarapan yang sehat ya.

  1. Mandi

Agar badan menjadi freshtentu kamu perlu mandi di pagi hari. Hal ini sangat berpengaruh, terlebih lagi setelah kamu berolahraga tentu mengeluarkan banyak cairan keringat. Setelah melakukan ritual mandi pagi, tentu saja kamu akan lebih bersemangat melakukan hal-hal yang produktif lainnya.

  1. Melakukan hobi

Kamu tentu memiliki hobi atau kesenangan yang tidak bisa kamu lakukan setiap hari akibat keterbatasan waktu. Kamu bisa melakukan hal-hal menyenangkan di hari minggu. Jika kamu senang melukis, membaca buku di perpustakaan, dan hal-hal produktif lainnya, akhir pekan adalah waktu yang teoat untuk menyalurkan minat bakatmu. Ayo manfaatkan waktu liburmu dengan sebaik mungkin ya!

You may also like

Leave a Comment