Terapkan Mindfulness Untuk Kesehatan Emosional

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Pernahkah kamu merasa overthinking? Kerap kali saat ingin tertidur dengan tenang tiba-tiba saja ada berbagai macam persoalan yang menggangu pikiranmu. Entah tentang masa lalu, sekarang atau bahkan di masa depan. Beberapa waktu terakhir mungkin kamu pernah mendengar tentang praktik Mindfulness, kabarnya praktik ini dapat membantu kamu dalam mengendalikan mental dan juga fisik loh.

Dalam jurnal penelitian yang ditulis oleh Wenita Cyntia Savitri dan Ratih Arruum Listiyandini menyebutkan bahwa Mindfulness adalah jenis meditasi yang meningkatkan kesadaran seseorang untuk berfokus pada keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan saat itu sehingga dapat menerima kondisi dengan terbuka,

Masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak meunuju dewasa. Pada masa remaja banyak perubahan yang terjadi baik secara psikologis maupun fisik. Agar mampu mencapai kestabilan emosional, mampu mengembangkan komunikasi interpersonal, memiliki rasa tanggung jawab dan mengendalikan diri serta bersosialisasi perlu dilakukannya kesejahteraan psikologis.

Di masa ini tentu banyak sekali edukasi yang harus diberikan, sebab apabila sampai salah mengambil jalan hal ini tentu dapat mempengaruhi masa depan. Sehingga peran orang tua sangatlaj diperlukan.

Banyak remaja yang merasa dirinya tertekan dan tidak mudah bercerita. Hal ini tentu dapat menyebabkan mental menjadi kacau. Bila kamu terlalu banyak menghabiskan waktu dengan merenung, melamun dan memikirkan hal-hal yang tidak perlu dipikirkan, kebiasaan tersebut dapat menguras tenagamu. Selain itu pikiran-pikiran negative dapat menimbulkan resiko stress, kecemasan,depresi, dan gangguan mental.

Jika kamu mengalami hal ini kamu bisa melakukan meditasi mindfulness selama beberapa menit. Diduga hal ini dapat efektif dalam menstabilkan emosional dan meningkatkan kesehatan mental. Sehingga dapat dikatakan mindfulness dapat menghilangkan stress. Teknik meditasi ini tidak jauh berbeda dengan meditasi pada umunya, kamu bisa memulai dengan mencari posisi duduk yang nyaman, mengatur pola nafas, dan focus pada detak jantung serta sensasi bernafas yang kamu keluarkan.

Meditasi ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun sehingga tidak perlu teknik khusus untuk melakukannya. Semua orang bisa melakukan meditasi ini. Kamu harus focus pada keadaan sekitar yang terjadi. Kamu bisa melakukan ini selama 3-5 menit setiap harinya. Jika kamu bisa rutin melakukan meditasi mindfulness pikiran jernih dan perasaan tenang akan selalu bersamamu.

Berikut beberapa manfaat dari meditasi mindfulness dirangkum dari:

  1. Melatih Untuk Fokus

Teknik meditasi mindfulness menekankan pada focus terhadap lingkungan sekitar. Bila kamu sering melakukan aktivitas dengan terburu-buru, cobalah untuk menjalani dengan lebih rilex dan focus. Nikmati keadaan sekitar dengan kelima indramu.

  1. Self Love

Dengan mencintai diri sendiri berarti kamu sudah menghargai dan menyayangi dirimu sendiri. Jika kamu merasa masih kurang menyayangi diri sensdiri, meditasi mindfulness merupakan teknik yang perlu kamu coba.

  1. Meningkatkan Kemampuan diri

Akibat stress dan kelelahan terkadang potensi dalam diri tidak bisa digali. Pada saat stress kadang kamu merasa bahwa apa yang kamu kerjakan sia-sia. Sehingga hal ini dapat mengganggu mentalmu. Perasaan meledak-ledak akan dating disaat kamu merasa stress. Lakukan mindfulness untuk menenangkan pikiran sehingga kamu mampu meningkatkan kretivitas, perhatian, memori, dan konsentrasi

  1. Menikmati hidup

Memikirkan masa lalu tentu hanya dapat membuang energy, pikiran yang tidak penting dan kesalahan di masa lalu dapat menggagumu. Maka dari itu tetaplah focus pada tujuan hidupmu. Dengan pikiran terbuka dan berlapang dada akan memberikan afirmasi yang positif didalam diri. Maka menikmati hidup dan meninggalkan hal negative perlu dilakukan.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa teknik mindfulness dapat mencegah gangguan mental dan teknik ini sangat cocok dilakukan pada saat pandemic seperti ini. Karena aktivitas yang dibatasi dan hanya bisa dilakukan diruman dapat membuat kamu merasa stress sehingga pikiran negative dapat mudah menghampiri.

You may also like

Leave a Comment