Terapkan Growth Mindset Dalam Diri Mulai Sekarang

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Pola pikir atau mindset setiap orang dapat dibentuk dan dibangun sendiri. Tahukah kamu, bahwa kekuatan pola pikir dapat mempengaruhi aspek psikologis dan dapat mengubah hidup seseorang. Manusia diciptakan memiliki kelebihannya sendiri-sendiri, sesuai dengan perjalanan hidup yang mereka tempuh seperti kata “Tan Malaka” melalui hidupnya dengan terbentur, terbentur, terbentur, lalu terbentuk.

Dengan berjalannya waktu, dunia pasti akan terus mengalami perkembangan dan perubahan maka dari itu sebagai manusia kita dituntut untuk memiliki pola pikir yang berkembang. Ketika seseorang memiliki pola pikir yang tidak maju dan hanya di situ-situ saja, resiko mengalami kegagalan akan lebih besar, dengan begitu kita harus selalu memiliki pola pikir yang maju dan berkembang atau yang biasa disebut growth mindset.

Lalu, apasih growth mindset itu? Menurut jurnal penelitian yang ditulis oleh Fatin Rohmah Nur Wahidah, Edi Joko Setyadi, dan Gisella Arnis Grafiyana growth mindset meyakini bahwa kemampuan yang dimiliki seseorang bersifat tidak pasti dan dapat meningkat. Seseorang dengan growth mindset percaya bahwa kemampuan mereka dapat ditingkatkan dengan kinerja. Mereka memandang situasi yang menantang sebagai peluang untuk belajar, bukan sebagai tanda rendahnya kemampuan yang dimiliki. Ketika menghadapi kesulitan, mereka akan berusaha dua kali lebih keras, menetapkan strategi yang baru, dan meningkatkan performa belajarnya. Growth mindset mengarahkan untuk berorientasi pada penyelesaian kesulitan sehingga mengajarkan bahwa inteligensi dapat berubah dan dapat meningkatkan prestasi.

Growth mindsets endiri merupakan campur tangan psikologis untuk mengubah mindset seseorang. Kecerdasan, kemampuan, dan kondisi seseorang saat ini bisa berubah dan dapat berkembang jika ia mau berusaha keras.

Dengan menerapkan perilaku Growth Mindset kamu dapat lebih mengapresiasi atau memberi reward secara spesifik terhadap usaha yang telah kamu lakukan, menikmati dan menghargai segala proses yang dijalankan, bukannya menyepelekan hasil, tapi tahu bahwa beberapa hal membutuhkan waktu dan usaha lebih. Misalnya ketika berhasil mendapat nilai yang bagus untuk mata pelajaran tertentu atau menyelesaikan kegiatan tertentu.

Seseorang yang mau belajar dan mengembangkan pola pikir adalah orang-orang yang secara tidak sadar sudah menerapkan pola pikir yang terus bertumbuh (growth mindset). Dengan mengakui kekurangan dan kelemahan lalu dapat berdamai dengan hal tersebut, tetapi dengan kekurangan yang dimiliki ia tetap mau belajar dan mengembangkan diri, agar kemampuan bertambah.

Berikut manfaat dari penerapan perilaku Growth Mindset:

  1. Bisa Menerima Kegagalan

Memiliki perilaku Growth Mindset dapat mempermudah kamu dalam menerima kegagalan. Karena dari kegagalan tersebut kamu mendapatkan pelajaran baru sehingga kamu akan terus berlatih dan bekerja keras untuk mendapatkan keberhasilan. Dari kegagalan ini juga kamu akan lebih menghargai proses yang dilakukan. serta

 

  1. Masalah harus diselesaikan bukan ditinggalkan

Permasalahan yang muncul akan menjadi tantangan yang harus diselesaikan, dengan Growth Mindset kamu akan mencari solusi dan mencari jalan keluar untuk permasalahan tersebut. Hal ini juga dapat mengembangkan sikap optimisme.

 

  1. Lebih Produktif

sikapGrowth Mindset akan mengubah seseorang agar lebih mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki. Mengembangkan hal tersebut membutuhkan kita untuk bereksplorasi. Pemilik Growth Mindset akan memiliki keberanian untuk mencoba banyak hal baru yang belum pernah ia lakukan sebelumnya, menantang diri sendiri, dan meraih hal-hal mustahil yang tidak bisa diraih oleh orang lain. Sehingga dapat keluar dari zona nyamannya.

 

  1. Mencintai diri sendiri

Setiap orang diciptakan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dengan Growth Mindset kamu akan lebih menerima kekurangan yang kamu miliki dan menganggap hal itu sebagai hal yang unik. Dari kekurangan kamu dapat belajar dan mengasah kemampuan diri.

 

  1. Memperhatikan cara bicara

Ketika miliki sikap Growth Mindset kamu akan lebih memperhatikan apa yang akan diucapkan. Menjaga sikap dan ucapan yang ada didalam benak, dengan mengganti pikiran negative menjadi lebih positif untuk mengembangkan pola pikir yang berkembang. Mengubah penilaian terhadap orang lain dan menyaring informasi yang didapatkan.

 

  1. Lebih menghargai proses bukan hasil

Banyak orang yang melihat sesuatu dari hasil akhirnya saja. Jika kamu memiliki pola pikir growth mindset pastinya kamu akan lebih menghargai proses daripada hasil akhir. Karna dari proses tersebut kamu dapat belajar dan berkembang.

You may also like

Leave a Comment