Taman Literasi, Dorong Siswa Gemar Membaca

by Anisa Mahiswari

Para siswa SMAN 9 Malang terlihat sedang asik membaca di taman literasi (Alvin/siswaindonesia)

SiswaIndonesia.id, Malang – Pada era digital saat ini, membaca merupakan salah satu kegiatan yang kurang diminati. Semakin hari minat baca dikalangan pelajar juga semakin menurun. Padahal membaca merupakan faktor yang penting dalam proses pembelajaran, karena dengan membaca siswa dapat dengan mudah mendapat informasi. Tidak hanya itu membaca juga merupakan salah satu gerakan dalam berliterasi. Literasi sendiri juga mejadi sarana siswa untuk mengenal, memahami dan menerpakan ilmu yang didapat.

Sudah menjadi rahasia umum jika saat ini banyak pelajar yang mulai malas untuk membaca, saat ini pelajar lebih suka membaca melalui gadget dan mulai meninggalkan bacaan dalam buku. Agar meningkatkan minat baca pada siswa-siswinya, SMAN 9 Malang beserta salah satu dosen Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) yang sedang menjalankan program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) membangun taman literasi sebagai salah satu bentuk inovasi dalam meningkatkan minat baca di SMAN 9 Malang.

Konsep dari taman literasi milik SMAN 9 Malang ini juga terbilang cukup unik. Hasil tulisan milik siswa digantung di sekitar taman, dan dibagian belakang tulisan terdapat amplop kecil sebagai tempat untuk siswa lain memberi komentar. Tulisan yang dibuat juga dilombakan, sistem penilaian dilihat dari kandungan serta isi bacaan. (mhs)

 

Penulis     : Anisa Mahiswari

Editor       :Risky Karina Putri

You may also like

Leave a Comment