Takut Tak Lulus, Kunci Jawaban Jadi Jalannya

by Anisa Mahiswari

(sumber: freepik.com)

SiswaIndonesia.id, Malang – Saat ini nilai ujian nasional bukan lagi menjadi penentu kelulusan. Namun hal itu masih menjadi momok yang menakutkan bagi para siswa. Dari kejadian ini ada beberapa oknum yang memanfaatkannya dengan menjual kunci jawaban ujian nasional, baik ujian dalam bentuk tulis maupun ujian berbasis online. Dengan embel-embel agar menjawab soal dengan mudah dan mengetahui soal yang akan di terbitkan, para oknum tersebut dengan mudah membujuk para siswa tersebut.

Fenomena dari kunci jawaban ini sudah menyebar di kalangan siswa, para oknum akan mengambil salah satu siswa di suatu sekolah untuk menjadi koordinator disekolah tersebut. Siswa tersebut ditugaskan untuk mencari teman-teman yang membutuhkan kunci jawaban. Setelah target terpenuhi mereka akan dikumpulkan untuk menegoisasi harga kunci jawaban. Setiap siswa yang mengikuti akan ditarik iuran sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

“Waktu itu saya diajak oleh teman saya untuk menggunakan kunci jawaban. Awal mula kami medapat harga dari si oknum tersebut. Setelah uang iuran terkumpul saya bersama teman-teman yang ikut diajak untuk berinteraksi dengan oknum yang menjual kunci jawaban. Saat bertemu saya diajarkan bagaimana proses pengiriman, pemilihan kode kunci jawaban karna pada saat itu sudah diterapkan ujian berbasis online maka proses pemilihan dan pengerjaan menjadi sedikit lebih rumit,” ungkap salah satu mantan pengguna yang ada di kota Malang.

Hingga pada hari ujian nasional kunci jawaban yang diberikan akan dikirim melalui email, dan koordinator dari sekolah tersebut akan mencetak dan menyebarkan kepada teman-teman yang sudah mengikuti.

“Awal saya tertarik karena takut apabila tidak lulus dan nilai jelek, namun setelah semua terjadi saya merasa tertipu, karena ternyata kunci jawaban tersebut tidak tembus. Banyak jawaban yang salah, apalagi saat mengerjakan soal matematika saya menghitung dan jawabannya salah semua,” ucap pengguna.

Dari hal ini bisa kita lihat bahwa setiap tahun sistem yang akan dibuat oleh pemerintah akan semakin baik, sehingga perilaku curang seperti ini dapat diminimalisir dengan baik. Jadi untuk teman-teman khususnya yang akan menghadapi ujian nasional jangan lah mudah goyah dengan hal seperti ini. Berlajar lah dengan giat karena kesuksesan tidak hanya ditentukan dari ujian nasional saja. (mhs)

Penulis            : Anisa Mahiswari

Editor              : Risky Karina Putri

You may also like

Leave a Comment