Status BLUD, Ubah SMK Menjadi Lebih Memacu Kompetensi Peserta Didik

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang– Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini keberadaanya dituntut agar mampu menghasilkan lulusan dengan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Sebagai instansi pedidikan, saat ini SMK menjadi fokus penting bagi pemerintah dalam pengembangannya karena SMK sangat  berperan penting dalam menyiapkan lulusan yang siap kerja, baik membuka lapangan pekerjaan sendiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang relevan sesuai dengan dunia industri butuhkan. Dengan adanya hal tersebut dunia pendidikan harus bisa beradaptasi dengan kebutuhan industri saat ini.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah guna meningkatkan kompetensi siswa, salah satunya dengan mengubah status SMK menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Dorongan SMK menjadi BLUD ini diarahakan kepada pemerintah provinsi yang menjadi penanggung jawab pendidikan menengah kejuruan. Dilansir dari disdik.jakarta.go.id  BLUD di SMK dapat berperan sebagai :

  1. Menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) guru dan peserta didik SMK.
  2. Mengembangkan sikap mandiri dan percaya diri peserta didik SMK melalui kegiatan produksi.
  3. membantu pendanaan untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas dan biaya-biaya operasional SMK dalam peningkatan kompetensi guru dan peseta didik.
  4. Melalui kegiatan produksi dari jasa layanan BLUD dapat meningkatkan kompetensi siswa SMK.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi agar SMK dapat menjadi BLUD adalah sudah memiliki workshop atau bengkel (teaching factory).Dengan adanya workshop atau bengkel (teaching factory) sekolah dapat melatih siswa agar dapat melakukan proses produksi selayaknya industri. Agar inovasi-inovasi yang diciptakan oleh siswa tidak menjadi pajangan praktik saja namun produk yang dihasilkan dapat dipasarkan sesuai standart industri. “BLUD adalah sebuah sistem yang dibuat dari provinsi, didalam sistem BLUD diterapkan pengelolaan keuangan dan laporan keuangan, dengan adanya sistem BLUD, sekolah dapat mengelola keuangan sendiri tanpa menyerahkan ke kas daerah dimana pendapatan tersebut didapatkan dari masyarakat dengan melakukan pengelolaan kegiatan unit usaha,” jelasMuchlis hardianto pengelola kegiatan usaha sekolah di SMK Negeri 4 Malang.

Sementara, di kota Malang terdapat tiga SMK yang statusnya sudah berubah menjadi BLUD. Tiga SMK tersebut antara lain SMKN 2, SMKN 4, dan SMKN 11, keunggulan ketiga SMK ini ada di percetakan, IT, dan animasi. Sudah cukup banyak produk yang dihasilkan dari SMK tersebut, produk yang dihasilkan juga cukup berpotensi dipatenkan dan diproduksi massal sehingga dapat melayani jual beli produk hasil karya pelajarnya kepada publik.

Kerjasama SMK dengan industri tidak hanya dalam praktik saja. Namun SMK juga dapat mengajak industri untuk melakukan penyetaraan kurikulum. Sehingga sekolah dapat menyesuaikan sumber daya sesuai dengan kebutuhan industri dan meningkatkan kompetensi peserta didik.

Dari pendapatan unit usaha tersebut, sekolah dibebaskan untuk mengelola keuangannya sendiri untuk meningkatkan pelayanan sekolah namun tetap dengan payung hukum BLUD. Di SMK Negeri 4 Malang sendiri sudah terdapat berbagai macam unit usaha yang dinaungi oleh BLUD seperi cafe, hotel,percetakan, sewa hall, fotocopy, ekspedisi dan masih banyak lagi. Dengan status BLUD tersebut sekolah memiliki banyak keuntungan yang dapat digunakan. “kami membuka unit usaha ini tidak hanya ditujukan kepada warga SMK Negeri 4 Malang, namun juga membuka untuk masyarakat umum,” tambah Muchlis

Untuk pengelolaan unit usaha yang ada, SMK Negeri 4 Malang juga melibatkan siswa disesuikan dengan jurusan atau kompetensi yang ditempu. “untuk di cafe kami melibatkan siswa yang mengambil jurusan perhotelan karena ada materi yang berhubungan denganfood and bavarages,” ucapnya. Unit usaha ini tidak hanya sebagai tempat sumber pendapatan namun juga digunakan sebagai tempat praktik atau laboratorium peserta didik disesuikan dengan kompetensi yang ditempu. “kami juga memprioritaskan alumni dalam pengelolaan unit usaha di SMK Negeri 4 Malang,” tambahnya. ketika SMK telah masuk menjadi BLUD, perlahan-lahan akan tercipta kemandirian. Sehingga, bisa membantu pemulihan ekonomi nasional sekaligus membuat kualitas pendidikan lebih bagus. (ans)

Penulis : Anisa Mahiswari

Editor : Siti Nurul Hikmah

You may also like

Leave a Comment