SISWA KELAS 12 MERAPAT, BEGINI LANGKAH MEMBUAT AKUN LTMPT YANG BAIK DAN BENAR

by Siti Nurul Hikmah

Siswaindonesia.com, Malang – Siswa siswi kelas 12 yuk merapat. Setelah mengetahui jadwal SNMPTN 2022, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan hal yang paling krusial. Contohnya adalah membuat akun LTMPT. Bagi kamu siswa kelas 12, pasti sudah tidak asing lagi dengan akun LTMPT. Akun LTMPT sendiri merupakan akun yang berisi data-data siswa yang mengikuti seleksi SNMPTN serta SBMPTN.

 

Seperti pada jadwal yang tertera sebelumnya, dimulai dari tanggal 4 Januari 2022 hingga 15 Februari 2022 mendatang, merupakan waktu dimana pihak sekolah dan siswa diharuskan membuat akun LTMPT pada situs resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang beralamatkan https://portal.ltmpt.ac.id. Registrasi ini hukumnya wajib dilakukan bagi siswa yang ingin mengikuti seleksi tes SNMPTN maupun SBMPTN.

 

Pembuatan akun LTMPT ini terlihat mudah namun sebenarnya tidak bisa diremehkan apalagi digampangkan ya sobat. Pasalnya seringkali siswa merasa telah lengkap mengisi kolom pendaftaran, namun ternyata siswa-siswa ini tidak sengaja melakukan kesalahan yang berujung fatal. Pihak LTMPT sendiri seringkali menemukan sesalahan yang dilakukan oleh siswa saat membuat akun LTMPT. Untuk itu, bagi kamu yang nantinya akan berada di tahap ini, jangan lupa simak sampai habis ya, biar kedepannya kamu tidak salah langkah.

 

  • Tidak memproses pembuatan akun hingga tuntas
  • Data yang telah diinput tidak singkron
  • Tidak adanya data apapun tentang sekolah
  • Tidak mempersiapkan foto yang professional dengan pakaian yang rapi

 

Keempat poin diatas merupakan kesalahan-kesalahan yang seringkali dilakukan oleh siswa saat mendaftar akun LTMPT. Ingat dan catat agar nanti kamu tidak melakukan kesalahan-kesalahan diatas. Sebab, imbas dari melakukan kesalahan diatas cukup fatal. Sebab dengan begitu dapat menggagalkan usahamu untuk mengikuti SNMPTN maupun SBMPTN. Lalu bagaimana cara membuat akun LTMPT yang baik dan benar? Simak penjelasan hingga akhir ya!

  1. Buka laman portal LTMPT
  2. Pilih menu daftar
  3. Pilih menu siswa
  4. Masukkan NISN-mu, NPSN sekolahmu, dan tanggal kelahiranmu
  5. Masukkan email dan password
  6. Akses emailmu, buka inbox maupun spam, selanjutnya lakukan aktivasi
  7. Buka kembali laman portal LTMPT

 

Langkah-langkah di atas merupakan tata cara mendaftar akun LTMPT bagi siswa yang paling awal. Selanjutnya kamu perlu melakukan registrasi akun LTMPT. Bagi kamu yang masih kebingungan maupun takut melewatkan step demi step, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini. mengutip laman milik Tirto.id, berikut merupakan langkah-langkah saat kamu melakukan registrasi akun LTMPT  :

 

  1. Login pada laman LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya
  2. Laman akan diarahkan menuju dashboard portal LTMPT. Lalu pilih menu “verifikasi dan validasi data sekolah atau siswa (verval)”
  3. Di halaman verifikasi data siswa, periksa data dengan seksama. Isi kolom NIK, agama, alamat nomor telepon dan kolom yang masih kosong. Jika terdapat kesalahan data, maka lakukan perubahan melalui sekolah. Lanjutkan dengan menekan tombol “perbarui data”
  4. Tekan tombol “selanjutnya” untuk berpindah ke halaman “verifikasi riwayat sekolah” lalu periksa kevalidan data. Jika terjadi kesalahan lakukan perbaikan melalui sekolah, setelah itu tekan tombil “perbarui data”
  5. Tekan tombol “selanjutnya” untuk berpindah ke halaman “unggah pasfoto”. Unggah pasfoto terbaru sesuai dengan ketentuan yang terterai
  6. Tekan tombol “selanjutnya” untuk berpindah ke halaman “penyesuaian pasfoto”
  7. Tekan tombol “selanjutnya” untuk berpindah ke halaman “konfirmasi data”
  8. Pastikan data telah benar. Jika sudah yakin benar, centang pernyataan dan tekan tombol “simpan permanen”
  9. Jika sudah simpan permanen maka data tidak dapat diubah kembali. Unduh bukti permanen dengan mengeklik tombo; berwarna merah.
  10. Simpan bukti permanen dan jangan sampai hilang.

You may also like

Leave a Comment