Sinkronisasi Kurikulum Industri dan Recruitment, SMKN 2 Malang Dengan Rukun Senior Living

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini keberadaanya dituntut agar mampu menghasilkan lulusan dengan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Sebagai instansi pedidikan, SMK berperan penting dalam menyiapkan lulusan yang siap kerja, baik membuka lapangan pekerjaan sendiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang relevan sesuai dengan dunia industri butuhkan. Dengan adanya hal tersebut dunia pendidikan harus bisa beradaptasi dengan kebutuhan industri saat ini. Salah satu cara agar dapat menyelaraskan kebutuhan tersebut, sinkronisasi kurikulum disekolah dengan industri harus diterapkan.

Dalam rangka sinkronisasi kurikulum industri dan Recruitment dengan Rukun Senior Living Bogor, SMK Negeri 2 Malang bersama IDUKA melakukan diskusi untuk membahas tentang “Sistem pembelajaran kelas industri”  pada Jumat (11/06) hingga Sabtu (12/06)  bertempat di aula Pertamina SMK Negeri 2 Malang. Acara tersebut dihadiri oleh general manager dan supervisor Rukun Senior Living Bogor.

“Sinkronisasi kurikulum kita sesuaikan dengan kebutuhan industri terkhusus untuk  kompetensi pendampingan lansia, karena saat ini usaha pendampingan lansia mulai booming dan mulai dicari sebagian orang,” ujar Sri Nawangsih ketua pelaksana sinkronisasi kurikulum. Bimbingan dan juga arahan dari Rukun Senior Living Bogor dalam bidang pengetahuan dan pendampingan lansia juga dilakukan karena SMK Negeri 2 Malang akan segera membuka hotel khusus lansia yang hampir rampung pembangunannya.

“Kami bekerjasama dengan Rukun Senior Living Bogor sudah 2 tahun. Bentuk kerjasama itu dalam bentuk recruitmen tenaga kerja, sebagai tempat praktek kerja lapangan siswa, sebagai tempat kunjungan industri bagi jurusan keperawatan sosial, dan juga sebagai tempat magang untuk guru. Sehingga sinkronisasi kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan industri,” Tambahnya.

 

Menurut Emil Fachry general manager dari Rukun Senior Living menjelaskan bahwa Rukun Senior Living merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pendampingan lansia yang menyediakan alternatif hunian bagi lansia. “ Kita menyebut lansia itu sebagai senior, kita mengerti ketika sudah memasuki masa lansia atau senior banyak kebutuhan yang timbul, sampai saat ini pemerintah juga terus berupaya untuk melengkapi kebutuhan itu, sehingga kita hadirkan Rukun Senior Living ini untuk memenuhi kebutuhan para senior,” Jelas Emil Emil Fachry general manager Rukun Senior Living.

Proses diskusi para Guru dengan Tim Rukun Senior Living di aula Pertamina SMK Negeri 2 Malang

Bertempat di Sentul Bogor, Rukun Senior Living saat ini sudah memiliki fasilitas yang memang di khususkan untuk para lansia seperti resort, senior care untuk lansia yang sudah tidak aktif karena sakit dan juga sedang mengembangkan perumahan senior. Para lansia juga dapat tinggal di hunian tersebut dan bebas melakukan apa saja dengan teman lansia lainnya. Pelayanan yang diberikan juga dibuat seperti hotel “untuk makan bisa pilih sendiri, ada aktivitas dan juga kegiatan yang kita sediakan, ada tempat untuk melakukan hobi, ada tempat untuk bernyanyi dan juga ada kegiatan seminar serta forum diskusi,” tambahnya.

Tidak hanya membuat hunian, Rukun Senior Living juga membuat program untuk lansia yang tidak mau tinggal dan tidak ada kegiatan dirumah sehingga ingin mengisi waktunya dengan fasilitas yang diberikan oleh Rukun Senior Living. “Semua ini membutuhkan SDM sehingga kita bekerjasama dengan SMK Negeri 2 Malang untuk me-recruit dan kita didik serta kita tempatkan di Rukun Senior Living,” tutupnya.

 

Penulis            : Anisa Mahiswari

Editor              : Siti Nurul Hikmah

You may also like

Leave a Comment