Serunya Jalan-Jalan ke Luar Negeri Sambil Sekolah

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Siapa sih yang tidak ingin keluar negeri? Semua orang pasti ingin merasakan travelling keluar negeri. Siswa yang masih duduk di bangku sekolah juga bisa merasakan untuk menimba ilmu di negeri orang loh.

Pertukaran  pelajar antar Negara sudah biasa dilakukan di Negara kita.  Tentu banyak sekali orang yang memimpikan untuk sekolah diluar negeri. Karena hal ini banyak menjadi impian bagi sebagian besar pelajar. Terkadang  beberapa orang  berasumsi kalau program pertukaran pelajar dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa.

Padahal banyak sekali sisi positif yang dapat diambil  dari program pertukaran pelajar ini, salah satunya adalah kita bisa menambah pengalaman dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan bisa mengetahui  sistem pendidikan di luar negeri. Tidak hanya itu saja, apabila kamu mengikuti kegiatan student exchange kamu juga bisa menambah pengalaman dalam bersosialisasi dan mengenal latar belakang dari budaya yang berbeda, selain itu kamu juga dapat bertemu dan bersaing dengan masyarakat atau pelajar dari seluruh penjuru dunia. Dan jangan lupa kita juga bisa mengunjungi tempat wisata atau tempat bersejarah di Negara tersebut.

Dilansir dari campuspedia.id ada beberapa manfaat jangka panjang dan jangka pendek lainnya yang bisa kamu dapatkan apabila mengikuti program pertukaran pelajar atau student exchange :

  1. Terbukanya dunia secara luas

Dengan mengikuti pertukaran pelajar atau student exchange tentu akan membuka cakrawala lebih luas lagi. Kamu akan melihat dunia dengan lebih luas. Kegiatan ini tentu akan memberi pengalaman yang belum pernah kamu temui sebelumnya.

  1. Menambah Relasi Global

Tentu kamu akan menemui dan mengenal orang baru saat mengikuti program ini. Maka hal yang tepat untuk kamu lakukan adalah untuk mencari dan menambah relasi sebanyak-banyaknya. Dengan menambah relasi tentu akan mendapat pelajaran baru.

  1. Menambah Sudut Pandang Baru

Saat kamu mengenal dan berinteraksi dengan orang baru dengan latar belakang yang berbeda tentu akan menambah pandangan baru didalam dirimu. Inilah saat yang bagus untuk bertukar pikiran dengan orang baru.

 

  1. Mempelajari bahasa

Hal penting lain yang perlu kamu lakukan agar pertukaran pelajar tidak sia-sia adalah dengan mempelajari bahasa baru. Agar kamus bahasamu lebih luas kamu harus bisa menguasai bahasa yang belum pernah kamu dengar sebelumnya.

  1. Menjelajah ke tempat baru

Saat kamu berada ditempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, pasti rasa ingin tahumu sangat besar. Maka dari itu kamu bisa menambah experience baru didalam hidupmu.

Dengan melakukukan pertukaran pelajar pastinya kita akan mendapat pengalaman yang berharga dan bisa bermanfaat untuk membantu karirmu dimasa depan. Kamu bisa saling bertukar informasi dan pengetahuan dari berbagai belahan dunia yang mungkin saja dapat memajukan Negara kita. Kamu juga mendapat kesempatan untuk membangun relasi dengan kawan kita dari berbagai Negara secara internasional yang mungkin tidak bisa kita dapatkan dari Negara kita sendiri lho. Contohnya bila kita mengikuti program pertukaran pelajar atau student exchange ini, biasanya mahasiswa atau pelajar akan menetap sementara dengan host family. Host family inilah yang akan menjadi keluarga sementara kita hingga program pertukaran pelajar kita selesai.Kita juga dapat tetap menjaga hubungan baik meskipun program pertukaran pelajar kita telah selesai.

Dengan mengikuti program pertukaran pelajar kita juga dapat belajar dan menambah wawasan tentang budaya di Negara tersebut lho. Manfaat yang kita dapat dari mengenal budaya di Negara tersebut adalah memudahkan kita dalam proses adaptasi kita di Negara tersebut. Bertambahnya sikap toleransi kita dari ragam budaya di Negara tersebut. Dan mungkin kita juga bisa menggunakan budaya tersebut di Negara kita bila kita sudah kembali ke Indonesia diantaranya budaya disiplin, tepat waktu, dan selalu menghargai lawan bicara dan bertutur kata sopan dengan lawan bicara.

Jadi apakah kamu siap menjadi salah satunya? Jika kamu ingin menjadi salah satunya maka mulai persiapkan diri dari sekarang untuk mengikuti program pertukaran pelajar. Seperti mencari informasi program-program yang ada disekolah atau internet. Pengalaman adalah guru yang berharga, maka dari itu selagi kamu masih muda carilah pengalaman sebanyak – banyaknya.

 

You may also like

Leave a Comment