Sering Juara Walau Tanpa Dukungan Sekolah

by admin

Tim mading 3D mandiri dari SMAN 1 Malang (Karina/siswaindonesia)

SiswaIndonesia.id, Malang – Pepatah mengatakan usaha tak akan menghianati hasil!. Kata-kata tersebut menjadi pedoman oleh sekelompok pelajar SMAN 1 Malang yang berkarya dalam membuat mading 3 Dimensi (3D). Berawal dari dua murid yang pernah mengikuti lomba mading ketika Sekolah Menengah Pertama (SMP) mereka mengajak beberapa teman kelasnya berkarya membuat mading 3D.

“Dulu saat SMP saya pernah ikut lomba mading 3D, dari situ saya tanya ke teman-teman SMP kalau ada lomba Mading 3D,” ujar Abid penggagas kelompok Mading 3D SMAN 1.

Murid 17 Mipa 2 ini kemudian mencari teman untuk bisa membantu mewujudkan karya madingnya tersebut.

“Ternyata ada Billah yang ternyata dulu juga pernah mengikuti lomba mading ketika SMP dan pernah menang juga,” jelas Abid.

Kemudian mereka mengajak empat teman sekelasnya untuk membentuk sebuah tim mading 3D yang diberi nama Focmate. Dari terbentuknya tim tersebut Billah lah yang mengetuai tim tersebut, adapun Adip, Kamila, Nisa, Edo, dan Ajeng yang menjadi anggota dan memiliki tanggung jawab serta keahlian masing-masing.

Mereka berlima ini terbentuk bukan karena sekolah yang menunjuk mereka, namun dari keinginan mandiri mereka berlima. Walaupun tanpa ada dukungan dari pihak sekolah mereka berlima sudah beberapa kali menang dalam perlombaan mading 3D yang diadakan di Kota Malang. Terakhir mereka memenangkan lomba mading 3D yang diadakan oleh Malang Post, dengan judul karya mereka survive from in the security mereka berhasil mendapatkan juara 3.

“Kami disini terbentuk bertujuan ingin membuktikan kalau belajar tidak hanya dalam kelas saja,” ungkap Nisa yang menjadi arsitektur tim tersebut.  Berkat tekad dan kemandirian mereka, akhirnya bisa membuktikan prestasi yang mereka capai dan tentu juga dapat mengharumkan nama SMAN 1 di bidang non akademik. (feb)

Penulis            : Alvin Febriawan

Editor              : Risky Karina Putri

 

You may also like

Leave a Comment