Seragam Batik Sebagai Identitas Sekolah

by admin

Murid yang memakai seragam batik khas SMAN 5 Malang (Alvin/siswaindonesia)

SiswaIndonesia.id, Malang – Seragam merupakan sebuah item yang penting dikenakan oleh setiap siswa yang duduk dibangku sekolah. Seragam itu sendiri bertujuan untuk menyamaratakan semua pelajar. Corak serta modelnya pun berbeda-beda disetiap sekolah.

Hampir setiap sekolah memiliki seragam batik yang dikenakan pada hari tertentu. Mengingat motif batik setiap sekolah berbeda-beda, seragam ini dianggap sebagai identitas sekolah. Selain itu desain khusus motif batik yang dimiliki setiap sekolahan menjadi ciri khas sekolah tersebut, serta menjadi kebanggaan bagi siswa yang memakainya.

Seperti seragam batik yang dimiliki oleh SMAN 5 Malang. Seragam batik yang berwarna biru ini baru digunakan pada tahun 2015 lalu. Batik yang berwarna biru dengan bawahan celana berwarna hitam menjadikan siswa yang memakai segaram tersebut terlihat kalem dan berwibawa.

“Sejak tahun 2015 seragam khas batik biru itu sudah dipakai oleh siswa,” ujar bu Sudi selaku Humas SMAN 5 Malang

Pada corak seragam batik ini terdapat tulisan “Dharme Kyastu Yogya” merupakan motto dari SMAN 5 Malang. Tulisan yang ada pada batik itu sendiri mempunyai sebuah makna di setiap katanya. Dharme: darma (mendarmakan), Kyastu: Kesungguhan (sepenuh hati), dan Yogya: kesederhanaan, yang berarti sifat sederhana dan rendah hatilah yang dipakai landasan untuk berdarma bakti.

Seragam batik tersebut dipakai setiap hari rabu dan kamis oleh seluruh siswa SMAN 5 Malang. Selain digunakan untuk kegiatan belajar disekolah, segaram batik ini juga digunakan oleh siswa dalam kegiatan di luar sekolah seperti study tour maupun saat lomba, sebagai identitas dari SMAN 5 Malang itu sendiri.

Banyak dari siswa SMAN 5 Malang yang senang dengan motif yang tedapat di seragam batik milik mereka.

“Seragam ini bagus, warnanya juga bagus biru gitu, lebih enak di padupadankan, misalnya sekolah lain sudah banyak gitu yang pakai warna orange atau coklat, nah kita warnanya biru sendiri jadinya bagus gitu,” ucap Amira murid kelas 12 SMAN 5 Malang.

Seragam batik SMAN 5 Malang ini baru saja mengalami pembaruan dari pihak sekolah yaitu dengan perubaan warna biru muda yang sebelumnya menggunakan warna biru tua akan tetapi corak motifnya masih mempertahankan desain yang sebelumnya. (Feb)

Penulis : Alvin Febriawan

Editor  : Risky Karina Putri

You may also like

Leave a Comment