Semangat Membara Sumpah Pemuda

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.id, Malang – “Beri Aku 10 Pemuda, Maka Akan Kuguncangkan Dunia.” Semua dari kita pasti sudah tidak asing dengan istilah ini, yaps ini adalah kutipan dari Bung Karno, Bapak Proklamator Indonesia.

Jika kita cermati ada makna yang sangat dalam pada kata ‘Pemuda’, sadar atau tidak pemuda termasuk harta yang paling berharga yang dimiliki negara. Kenapa? karena ditangan pemuda semua perubahan bisa terjadi, sebab daya imajinasi, kreasi, dan inovasinya senantiasa melekat pada semangat generasi muda.

Hari ini merupakan hari yang cukup bersejarah untuk Negara kita, karena tepat hari ini Sumpah Pemuda diperingati. 28 Oktober selalu menjadi hari yang bersejarah, berkat kekuatan dan semangat para pendahulu, kita akhirnya bisa merasakan kehidupan yang baik ini.

Jadi menurutmu bagaimana makna Sumpah Pemuda di masa pandemi ini? Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 ini memang sangat berbanding terbalik dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya saat sumpah pemuda setiap sekolah mengadakan upacara, namun sayangnya kita belum bisa merasakan hal ini lagi. Tentu hal ini tidak melunturkan jiwa kebangsaanmu bukan?

Peringatan Sumpah Pemuda menjadi patokan penting bagi para pemuda-pemudi untuk saling mengeratkan persatuan dan mampu menghadapi berbagai rintangan terutama dalam menghadapi Virus Covid-19 yang tak kunjung usai ini.  Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk memperingatinya di masa pandemi ini yaitu dengan saling mengingatkan untuk menjaga protocol kesehatan, menjaga jarak, menggunakan masker, dan pola hidup sehat.

Meskipun interaksi dibatasi hal ini tentu tidak mengurangi rasa persatuan antar pemuda pemudi. Mengikat semangat persatuan seluruh pemuda dan semua elemen bangsa akan membawa Indonesia menjadi lebih baik. Berikut isi tentang Sumpah Pemuda :

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Adapun tujuan dari Sumpah Pemuda menurut geniora.com :

  1. Membangkitkan jiwa nasionalisme kepada pemuda pemudi dan seluruh rakyat Inodnesia untuk mengusir dan melawan para penjajah.
  2. Memperluas usaha agar tercapainya kemerdekaan Indonesia
  3. Mempersatukan pemuda pemudi di seluruh Indonesia
  4. Memperkuat rasa persatuan dan kesatuan antar pemuda pemudi

You may also like

Leave a Comment