Seberapa Penting Bergabung Organisasi Sekolah?

by Siti Nurul Hikmah

SiswaIndonesia.com, Malang – Pada artikel sebelumnya, tim Siswaindonesia.com memberikan beberapa pilihan film rekomendasi seputar kehidupan anak SMA. Mulai dari keseruan selama duduk di bangku sekolah, hingga kisah cinta monyet khas anak SMA. Sering kita menderngar, bahwa masa SMA adalah masa-masa terindah selama sekolah, apalagi jika kita melihat film-film layer lebar yang mengisahkan seputar kehidupan sekolah, khususnya SMA.

 

Dalam film, keseruan masa SMA sering kali digambarkan dalam bentuk perilaku jahil kepada teman, melanggar beberapa peraturan hingga dipanggil oleh guru BK, telat masuk sekolah, melompat pagar, membolos jam pelajaran dan malah memilih jajan di kantin, dan banyak hal lainnya yang dianggap seru. Memang betul, saat nanti kamu lulus SMA, kamu tentu akan merindukan hal-hal semacam itu, namun alangkah baiknya jika kamu mengisi masa-masa indah di SMA dengan melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat. Agar nanti ketika kamu lulus SMA, kamu sudah memiliki bekal kemampuan untuk belajar di tingkat Pendidikan yang lebih tinggi.

 

Di setiap sekolah, pasti memiliki banyak pilihan organisasi, mulai dari OSIS, MPK, Paskibra, MPR dan lain-lain. Dengan banyaknya pilihan organisasi tersebut, kamu bisa memilih masuk ke dalam organisasi yang mana, di sesuaikan dengan minat dan bakatmu. Mengapa harus bergabung dalam organisasi sekolah? Tentu saja karena organisasi sekolah memiliki banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika bergabung dalam organisasi sekolah :

  1. Kemampuan diri meningkat

Saat kamu memutuskan untuk bergabung dalam organisasi sekolah, manfaat pertama yang kamu dapatkan adalah meningkatnya kemampuan diri. Terbiasa berkecimpung dalam organisasi, memaksakan kita untuk berhubungan dengan banyak orang, yang mana secara tidak langsung kamu akan terbiasa berinteraksi dengan khalayak ramai. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan kemampuan mu dalam berbicara di depan umum atau public speaking.

  1. Rasa percaya diri meningkat

Tahukah kamu, memutuskan bergabung dalam organisasi dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri? Aktif dalam organisasi sekolah membiaskan kita berhubungan dengan banyak orang, memiliki kesempatan berbicara di depan banyak orang, menyampaikan pendapat di depan anggota-angoota lainnya, secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri.

  1. Mudah beradaptasi di lingkungan baru

Meningkatnya kemampuan diri dalam hal berbicara di depan umum serta memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, membuat kamu akan lebih mudah di terima dan mudah beradaptasi di lingkungan baru. Tidak hanya di sekitar lingkungan organisasi saja, namun juga di beberapa lingkungan baru yang akan kamu temui nanti. Tentu saja hal ini akan bermanfaat untuk kamu di kemudian hari nanti.

  1. Membentuk karakter

Dalam sebuah organisasi tentu di dalamnya terbanyak anggota yang mana memiliki sifat yang bermacam-macam, mulai dari emosional, meninggikan egonya sendiri, angkuh bahkan sombong, sering kali hal ini menimbulkan masalah internal. Bukan hanya itu saja, perbedaan pendapat yang saling bersebrangan pun bisa memicu perselisihan antar anggota. Dengan berorganisasi, kita dilatih untuk selalu menghormati pendapat orang lain, tidak mengedepankan ego masing-masing serta melatih diri untuk selalu bertanggung jawab atas kewajiban pribadi sebagai anggota. Di setiap organisasi tentu memiliki aturannya masing-masing, dan sebagai anggota kamu diharapkan untuk selalu disiplin dengan peraturan yang telah di tetapkan. Hal ini tentu saja membangun karakter setiap anggotanya.

  1. Memiliki nilai plus

Tidak semua siswa dapat bergabung dalam organisasi sekolah, jika kamu menjadi anggota organisasi di sekolah, tentu saja kamu akan lebih unggul dari siswa yang lain. Karena kamu memiliki pengalaman yang lebih dibandingkan dengan teman-teman lainnya. Hal ini menjadi nilai plus dalam menambah portofolio atau pengalaman mu. Dalam mendaftat di perguruan tinggi nanti, jika kamu sebelumnya pernah bergabung dalam organisasi sekolah, tentu kamu akan lebih mudah untuk masuk di organisasi di kampus, seperti BEM dan organisasi lainnya.

 

Khusus pada poin ke empat, manfaat yang sudah disebutkan tersebut sesuai dengan jurnal penelitian yang ditulis oleh Indra Anggrio Toni dan Nani Mediatati yang berfokus dalam organisasi OSIS. Dalam penelitian tersebut dijelaskan, dengan bergabung dalam organisasi sekolah dapat membantu mebentuk karakter. Banyaknya kegiatan yang rutin dilakukan di sekolah dari menjadi panitia berbagai acara seperti classmeeting, MPLS, dan latihan dassar kepemimpinan dapat merubah karakter siswa, yang sebelumnya kurang disiplin menjadi lebih disiplin, siswa yang kurang bertanggung jawab menjadi lebih bertanggung jawab, dan siswa yang kurang kritis, dengan dihadapkan dengan masalah baru tentu membuat siswa menjadi lebih kritis dari sebelumnya. meski begitu banyak juga siswa yang memutuskan untuk tidak bergabung dengan berbagai alasan, mulai dari tidak memiliki banyak waktu luang, malas bersosialisasi, dan takut jika tidak memiliki waktu untuk bermain di luar. Ingat ya, jangan sia-sia kan waktu mu saat di bangku SMA hanya dengan keseruan sesaat dan tidak memiliki banyak manfaat. Yuk gabung dalam organisasi di sekolah!!

You may also like

Leave a Comment