Rubah Insecure Menjadi Bersyukur

by Siti Nurul Hikmah

SiswaIndonesia.com, Malang – Kamu sedang merasa insecure atas dirimu sendiri? Tenang kamu tidak sendiri kok, di luar sana banyak orang yang merasakan hal serupa seperti yang sedang kamu alami saat ini. Merasa insecure adalah hal yang wajar, namun lantas bukan berarti kamu membiarkan hal ini terjadi, karena insecure yang berlebih tentu tidak baik untuk dirimu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya kamu cepat mengatasinya, agar tidak semakin berlarut-larut.

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel siswaindonesia.com sebelumnya, secara garis sederhana, insecureadalah istilah dari perasaan tidak nyaman yang mengakibatkan orang merasa cemas, takut, gelisah serta malu. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, bisa dari luar maupun dalam diri sendiri.

Mengutip dari artikel milik riliv.co, penyebab dari munculnya rasa insecurepada remaja bisa berbeda-beda. Ada yang merasa tidak percaya diri dalam hal Pendidikan seperti, kurang dalam nilai akademik, gagal mencapai suatu prestasi, hingga merasa gagal memenuhi ekspetasi orang tua. Ada pula permasalahan yang disebabkan oleh kondisi sosial, seperti tidak memiliki teman, ditolak oleh lingkungan sosial, merasa kurang popular, mengeceawakan orang-orang terdekat, hingga perssoalan body shaming dan beauty standart  yang sedang marak terjadi.

Yang lebih disayangkan lagi adalah orang-orang penyebab insecure. Menurut Jurnal Penelitian yang ditulis oleh Irischa Aulia Pancarani, orang yang paling banyak berpengaruh terhadap hilangnya rasa kepercayaan diri seseorang, didominasi oleh teman yaitu sebanyak 59.1% selanjutnya disebabkan oleh media sosial sebanyak 43.6% dan yang paling terakhir adalah keluarga sendiri, sebanyak 30.9%.

Bagaimana jika perasaan insecure tidak dengan cepat diatasi? Meski hal ini wajar tejadi pada setiap orang, namun tetap memiliki dampak buruk. Dalam jangka pendek, perasaan insecure bisa membuat kamu menjadi sulit tidur, mudah tersinggung, menutup diri dan manjauh dari pergaulan. Sedangkan dampak jangka panjangnya, dapat berpengaruh terhadap kesehatan mentalmu. Kamu akan lebih sering merasa cemas berlebihan, terjadi gangguan makan bahkan yang paling parah, kamu bisa saja menjadi depresi.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa insecure agar tidak semakin berlarut-larut? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika merasa insecure yang berlebihan. Diantaranya :

  1. Berfikir positif

Sedang mengalami penurunan kepercayaan diri, bukan berarti kamu pasrah dengan keadaan. Ingat di dunia ini yang kehilangan kepercayaan diri bukan hanya kamu seorang, melainkan banyak jutaan orang juga mengalami hal yang sama sepertimu. Karena merasa insecure merupakan hal yang wajar terjadi, ketika orang lain bisa bangkit dari keterpurukan tersebut, tentu saja kamu bisa juga melewati hal ini. Merasa sedih dan kecewa karena diri sendiri adalah hal yang sangat manusiawi kok.

  1. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Ketika kamu merasa berbeda dari orang lain, merasa tertinggal, dan merasa tidak memiliki pencapaian seperti teman-teman, yang harus kamu lakukan adalah tidak menyalahkan diri sendiri. Kamu boleh terpacu atas pencapaian teman-temanmu, tapi tidak dengan cara menyalahkan diri sendiri ya. Semua memiliki waktunya masing-masing, tidak semua harus seragam dan serentak. Yang boleh kamu lakukan adalah terus berusaha, bukan menyalahkan diri sendiri.

  1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Seringkali ketika merasa insecure kita lantas membandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain. Hal ini bukan cara yang bijaksana untuk mengoreksi diri. Yang ada, kamu akan merasa semakin rendah diri karena melihat kehidupan orang lain yang terlihat sangat sempurna. Padahal yang perlu kamu tahu, ketika kita sibuk melihat media sosial orang lain, belum tentu yang mereka tampilkan seluruhnya benar. Orang cenderung hanya membagikan momen-momen yang membuat bahagia, tetapi bukan berarti mereka hidupnya benar-benar sempurna. Mereka pun tetap merasa sedih, namun mereka lebih memilih untuk menyimpannya sendiri dan tidak membagikannya di media sosial.

  1. Seleksi lingkungan

Di jurnal penelitian disebutkan, angka terbanyak penyebab orang merasa insecureberasal dari teman sendiri. Oleh karena itu, memilih lingkungan dan teman adalah suatu hal yang penting. Hindari orang-orang yang membuatmu hilang rasa kepercayaan diri. Carilah lingkungan yang positif, berteman dengan orang-orang yang bisa mendukung serta membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  1. Bersyukur

Cara terkahir yang harus kamu coba adalah dengan bersyukur. Hal yang sangat sederhana tetapi sangat sulit dilakukan. Kamu bisa memulainya dengan cara menyakinkan diri, bahwa setiap individu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Hal tersebut juga berlaku sama dengan mu. Kamu pun pasti memiliki suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh tuhan terhadapmu. Kamu bisa menghirup udara dan bernapas hingga saat ini adalah hal yang perlu kamu syukuri juga.

 

You may also like

Leave a Comment