Rekomendasi Channel YouTube selama belajar dirumah

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Siapa yang tidak kenal YouTube, saat ini untuk mencari tontonan sudah sangat mudah. Hadirnya YouTube membuat peran televisi akhirnya tergeser pada kehidupan manusia. Berbagai macam hiburan kini sudah bisa dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja pada kanal YouTube. Kategori tontonan yang kamu inginkan juga sudah banyak tersedia. Pencarian dan penggunaannya yang mudah membuat orang-orang pada akhirnya beralih ke YouTube.

Beragam jenis channel dan konten bisa kamu temukan pada kanal YouTube, mulai dari pelajaran, tutorial, hobi hingga hal-hal yang tidak penting juga tersedia pada YouTube. Semua orang juga bisa dan bebas menjadi “Bintang”, dengan membuat konten yang menarik dan diminati masyarakat akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pengikut tanpa harus melalui  casting sebelum bisa muncul di layar kaca, istilah ini biasa disebut dengan content creator. Tetapi semua ini tentu memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan.

Dengan penggunaannya yang baik dan bijaksana, kamu dapat meraih banyak manfaat dengan adanya YouTube. Begitu juga sebaliknya, dampak negatif bisa terjadi apabila kamu tidak memanfaatkannya dengan benar. Agar tidak berdampak negatif, tentu kamu harus pintar dan juga selektif dalam memilih channel yang akan kamu lihat. Ada beragam konten yang bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam proses belajar. Terutama dimasa pandemi seperti ini akan memudahkan kamu dalam memahami suatu pelajaran. Siswaindonesia.com sudah merangkum beberapa deretan channel youtube yang dapat membantu kamu menambah wawasan selama belajar jarak jauh di rumah, Penasaran channel apa saja yang akan direkomendasikan? Yuk simak sampai habis.

  1. Quipper Indonesia

Quipper Indonesia adalah salah satu channel YouTube belajar online yang ditujukan untuk siswa sekolah, dengan menyediakan materi berupa video pembelajaran dan juga latihan soal yang dijelaskan langsung oleh para ahli.

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan dengan misi memberikan pendidikan terbaik hingga ke daerah-daerah terpencil. Berdiri pertama kali pada tahun 2010 di London – Inggris, layanan Quipper saat ini telah dapat dinikmati di beberapa negara seperti Jepang, Filipina, dan Indonesia. Sejak tahun 2015, Quipper telah menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia dengan turut menyediakan, memperbaiki, dan mendistribusikan pendidikan berkualitas untuk guru dan siswa.

  1. Zenius Education

Sudah pernah dengar tentang Zenius? Zenius merupakan salah satu channel YouTube  yang banyak diminati. Zenius adalah tempat belajar online yang bisa bikin kamu makin cerdas dan ketagihan belajar. Bukan hanya mempelajari satu ilmu saja, di channel YouTube-nya, Zenius Education juga membahas berbagai ilmu dengan penjelasan yang sangat lengkap.

Dikembangkan mulai tahun 2004, Founder Zenius Sabda PS & Medy Suharta, memformulasikan kerangka belajar Zenius dan mulai menerapkan di beberapa bimbel di Jakarta. Hingga pada tahun 2007 PT Zenius Education resmi berdiri dan berbadan hukum.

  1. Ruang Guru

Ruang guru kini menjadi salah satu penyedia layanan dan konten pendidikan terbesar di Indonesia. Tidak hanya berfokus menyebarkan ilmu melalui aplikasi saja, Ruang guru ternyata memiliki channel YouTube yang juga memberikan pembahasan mengenai berbagai materi pelajaran.

Pembahasa yang diberikan juga sangat menarik, jelas dan singkat. Sehingga memudahkan kamu dalam menerima pelajaran dan juga materi.

  1. Kok Bisa?

Channel YouTube Kok bisa? Merupakan salah satu pelopor terciptanya channel Youtube edukasi Indonesia. Melalui animasi graphic motion, Kok Bisa menjelaskan pertanyaan dan konsep sains yang rumit secara kontekstual dan lebih mudah dipahami.

Ada banyak topik yang diangkat, mulai dari membahas hal ringan hingga rumit yang dikemas secara sederhana.

  1. Tanya-Tanya

Tanya-tanya.com merupakan channel Yoangat cocok untuk pelajar SMA dalam menemukan dan mempelajari kembali materi-materi sekolah, seperti matematika, fisika, kimia, dan sebagainya, Disini kamu bakal menemukan berbagai video pembelajaran secara gratis.. Semua soal mata pelajaran yang disajikan pun dibahas secara lengkap dan komprehensif dalam akun ini. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan kesulitan kamu dalam memahami materi di website resmi mereka

Nah, semoga beberapa rekomendasi channel YouTube ini bisa menambah list tontonan yang dapat menambah wawasan dan pengembangan diri ya. Mengisi kekosongan waktu, kamu juga bisa menonton konten yang mereka sajikan. Selemat menonton!

You may also like

Leave a Comment