Rekomendasi Buku Self Healing, Bantu Tenangkan Pikiran

by Anisa Mahiswari

Siswaindonesia.com, Malang – Pernahkah kamu merasa stress dan penat akibat aktivitas atau mungkin karena persoalan yang menghantuimu? Mungkin semua orang pernah merasakan hal tersebut. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar terutama di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seperti sekarang ini. Banyak kegiatan yang dibatasi dan tidak bisa dilakukan, sehingga kadang kita merasa kegiatan yang dikerjakan cukup monoton, hal inilah yang kadang bisa membuat kita merasa stress dan bosan.

Namun jangan sampai kejenuhan membuatmu menjadi tidak berkembang, pastinya kamu tetap ingin mengembangkan diri kea rah yang lebih baik bukan. ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan diri walau hanya dirumah saja. Salah satunya yaitu dengan membaca buku. “Buku Adalah Jendele Dunia” pernyataan ini sangatlah benar, karena dimanapun kamu berada  kamu dapat menjelajahi dunia kapanpun dan dimanapun.

Menurut Jurnal Penelitian yang dituli oleh Dahlia Patiung, ada beberapa manfaat dari membaca :

  1. Menstimulasi Otak

Otak adalah salah satu organ manusia yang selalu membutuhkan latihan agar tetap kuat dan sehat. Dengan membaca maka akan membantu stimulasi otakmu untuk terus bekerja sehingga hal ini akan menjaga fungsi otak secara baik.

  1. Mengurangi rasa stress

Membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang dapat mengurangi rasa stress dalam pikiran. Kadang masih ada yang berpikir bahwa membaca malah menambah beban, namun hal ini merupakan kesalahan yang besar. Dengan membaca kamu dapat menekan hormon kortisol, bahkan membaca dapat menurunkan tingkat stress hingga 67% loh.

  1. Memperluas wawasan dan pengetahuan

Agar terstimulasi otak kita selalu membutuhkan stimulus, dengan membaca buku maka kamu dapat menambah wawan dan pengetahuan baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumya. Dengan mengetahui berbagai macam wawasan tentu akan lebih mudah bagi kita untuk menjalankan kehidupan ini.

  1. Menambah kamus bahasa

Tak jarang saat membaca sesuatu kamu menemukan kata-kata yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Dengan membaca kosakata baru yang asing bagimu akan membantumu untuk mendapat jawaban. Hal ini dapat membantumu untuk mengartikulasikan pendapat dengan bahasa yang lugas dan dapat menambah kepercayaan diri.

  1. Menambah sudut pandang baru

Banyak sekali wawasan dan pengetahuan yang kamu dapat saat membaca buku. Dengan gemar membaca tentu akan membuka cakrawala dunia lebih luas selain itu kamu juga akan mendapat sudut pandang baru setelah memahami sesuatu yang baru.

Nah, untuk menghilangkan stress dan jenuh salah satu caranya juga bisa dengan membaca buku tentang self healing. Berikut daftar rekomendasi buku dari berbagai sumber :

  1. Self Acceptance – Diana Rikasari & Dinda P

Tentu sudah tidak diragukan lagi karya dari Diana Rikasari, sudah beberapa kali ia menerbitkan bukunya yang unik dan lucu. Karyanya kali ini berkolaborasi dengan Dinda P. Buku ini berisi tentang 88 tulisan Diana dan disuguhkan dengan hasil ilustrasi dari Dinda.

Buku ini mengatakan bahwa sedih itu merupakan suatu hal yang wajar agar tetap bisa bersemangat lagi kedepannya. Didalam buku ini Diana juga membagikan kisahnya menjadi seorang ibu.

Buku karangan Diana Rikasari memang tidak pernah salah, tampilannya yang penuh warna dan eye catching membuat setiap orang yang membaca tidak merasa bosan. Selain itu juga karna terdapat quotes kehidupan yang sangat relate dengan pembaca.

 

  1. Hatimu, Aku Hidupku, Kamu – Dwi Handayani Syah Putri & Diego Christian

“Langit tak selamanya mendung, pun dengan hidup, tak selamanya harus jatuh.”

Salah satu kutipan yang menarik dari buku ini. Karya terkahir dari influencer cantik dwi dan sahabatnya diego Christ berisi tentang kumupulan puisi. Beberapa karya sudah mereka terbitkan dan salah satunya kolaborasi buku ini,

Banyak kalimat dan juga kutipan yang dapat menaikkan mood pembaca. Selain itu ilustrasi cantik juga tersaji dalam setiap halamannya. Dijamin kamu bakal betah untuk membacanya.

  1. Atomic Habits James Clear

Buku ini menceritakan tentang perubahan kecil yang bisa berdampak besar pada kehidupan seseorang. Buku yang ditulis oleh pakar kebiasaan kelas dunia ini menemukan fakta baru bahwa perubahan nyata dapat terjadi dari gabungan banyak keputusan kecil. Misalnya rutin melakukan stretching sehari sekali dan bangun lebih pagi, hal ini disebut dengan Atomic Habits.

Banyak sekali kisah-kisah inspiratif yang bisa kamu baca dari buku ini. Atomic Habits menjadi buku yang paling banyak dibaca di Gramedia Digital.

  1. Insecurity is My Middle Name– Alvi Syahrin

Buku karya Alvi Syahrin ini menjadi salah satu Tiga besar buku self improvement best seller pada tahun 2021 loh. Karya dari Alvi syahrin memang selalu  menjadi jajaran buku yang best seller setiap terbitannya. Buku ini merupakan karya pertama Alvi Syahrin yang menceritakan seputar self healing. Ketika membaca buku ini banyak orang yang merasa bahwa buku ini sedang memeluknya. Ada 45 bab yang membantu kamu untuk berdamai dengan Insecurity.

  1. What’s So Wrong About Yourself – Ardhi Mohamad

Jika kamu sedang merasa overthinking buku ini menjadi pilihan yang tepat untuk kamu baca. Buku karya Ardhi Mohamad ini akan membantu kamu untuk menganalisa kesalahan apa yang pernah kita lakukan dan bagaimana kita harus memperbaiki kesalahan tersebut. Dengan membaca buku ini akan membawa kamu kedalam pikiran yang lebih dalam.

You may also like

Leave a Comment