Pramudita, Gali Keahlian Lewat Culinary

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.id, Malang – Pada awal bulan juni lalu, Kota Malang telah menjadi tuan rumah untuk kegiatan lomba Kompetensi Siswa (LKS). Banyak sekali lomba yang diadakan dalam LKS tahun ini salah satunya di bidang culinary. Pramudita salah satu siswa SMK Negeri 2 Malang juga ikut berpartisipasi dalam LKS hingga ia bisa meraih juara 3 tingkat provinsi Jawa Timur.  Melalui kemenangan ini, Pramudita berhasil membuktikan bahwa memasak tidak harus dikuasai perempuan saja. Meskipun persiapan yang dilakukan hanya satu setengah bulan hal ini tidak mengurangi semangat dan ambisinya. Padahal pesaing dari sekolah lain juga cukup ketat.

Pramudita  menjelaskan bahwa perjalanannya dari latihan hingga ke perlombaan tidak terputus dukungan dari sang ibu. “Gak sia-sia latihan di waktu puasa dan gak ikut lebaran bareng keluarga, semua terbayarkan dengan kemenangan ini,” ujarnya.

Ada beberapa kriteria penilaian dari juri untuk bidang lomba culinary diantaranya adalah preparation, kebersihan are kerja, penguasaan alat, penguasaan bahan, penguasaan materi, keselamatan kerja, hasil akhir dan pengolahan bahan yang benar.

Walau tidak bida melanjutkan ke tahap nasional, Pramudita tetap bangga karena ia mendapat banyak pengalaman dan ilmu dari lomba kemarin. Tidak hanya pengalaman saja ia juga bertemu dengan relasi baru dari sekolah lain. Disamping itu prestasi yang sangat membanggakan karena ia berhasil menjadi juara 3 tingkat provinsi dan bisa menjadi nomor 3 dari 12 peserta yang ikut.

“Untuk menu kita menyiapkan sendiri tapi dari dewan juri sudah memberi beberapa kententuan,” tambahnya.

Ketentuan menu dan kisi-kisi untuk perlombaan diberikan 3 minggu sebelum ajang berlangsung, hal ini dilakukan agar peserta dapat berlatih terlebih dahulu.

“Jadi kemarin kita menyajikan 4 menu makanan, untuk waktu masak yang diberikan oleh juri 2,5 jam per menu,” jelasnya.

Ajang lomba memasak ini dilakukan selama 3 hari, untuk menu yang disajikan atas pilihan peserta sendiri. Tetapi untuk bahan dasar sudah ditentukan oleh pihak juri. Sehingga peserta harus bisa mengolah bahan dasar tersebut menjadi sajian yang enak dan menarik.

Ada beberapa makanan yang disajikan oleh Pramudita diantaranya untuk Appetizer ia memilih Curry Chicken Choux dan Green peas spring roll, untuk menu sup ia memilih Rouleaux Consome, Main Course menyajikan Roast beef served with sauted vegetables, mashed potato dan mushroom sauce, lalu ditutup dengan Dessert Royale Bread dan Butter Pudding.

Selain mengikuti lomba ini Pramudita juga pernah mengikuti lomba ulek sambel di Ibis Style Hotel, namun masih belum mendapat juara.

Faktor pendukung juga menjadi salah satu hal yang penting dengan diraihnya kemenangan Pramudita “Sekolah memberikan fasilitas yang memadai dan juga modern dari kelas 1 hingga diberi kesempatan untuk ikut lomba ini serta pihak industri tempat saya magang,” ucapnya.

SMK Negeri 2 Malang juga sering mendatangkan pelatihan dari pihak industri, mulai dari industri lokal hingga industri internasional. Dari sinilah Pramudita mendapatkan pengalam-pengalam tersebut.

Setelah pencapaian yang membanggakan ini, Pramudita masih tetap ingin berlatih dan berusaha keras. Agar bisa menjadi yang terbaik di bidang kesukaannya. Kerja keras tidak akan menghianati hasil. Mungkin itu pula yang mengiringi Pramudita menjadi pemenang di LKS tahun ini. Karena semangat dan rasa kecintaannya terhadap memasak. Jadi jika kamu menyukai hal yang positif maka teruslah berlatih!

You may also like

Leave a Comment