PERBEDAAN UNIVERSITAS, INSTITUT, POLITEKNIK, SEKOLAH TINGGI DAN AKADEMI

by Siti Nurul Hikmah

Siswaindonesia.com, Malang – Bagi kamu yang saat ini sedang duduk di bangku kelas 12 dan berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, apakah kamu sudah menentukan pilihan nantinya? Bukan hanya memilih jurusan saja yang bisa bikin pusing, ternyata memilih jenis perguruan tinggi juga tidak kalah memusingkannya. Memang apa saja jenis-jenis perguruang tinggi?

 

Ada lima jenis perguruan tinggi yang bisa kamu pilih, mulai dari Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan yang terakhir Akademi. Layaknya pada jenjang Sekolah Menengah, kelima jenis perguruan tinggi ini sejenis namun tetap berbeda. Kesamaan dari kelima jenis pendidikan tersebut adalah, sama-sama tingkat pendidikan yang bisa ditempuh setelah menyelesaikan tingkat pendidikan SMA SMK sederajat. Bagi kamu yang sebentar lagi akan mengucapkan selamat tinggal masa-masa SMA, harus tahu perbedaan dari kelima jenis pendidikan lanjutan tersbut. Agar supaya kamu tidak salah menentukan pilihan kedepannya, dan kamu pun bisa menempuh pendidikan yang sesuai dengan apa yang telah kamu inginkan.

 

Pada artikel sebelumnya, Siswaindonesia.com telah menjelaskan perbedaan dari program pendidikan, antara program sarjana dengan program sarjana terapan atau diploma. Namun pada kesempatan kali ini, tim Siswaindonesia.com akan menjelaskan perbedaan jenis perguruan tinggi. Simak sampai akhir ya untuk tahu apa perbedaan dari kelima jenis perguruan tinggi.

 

  1. Universitas

Universitas merupakan salah satu dari jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa memiliki batasan. Mulai dari rumpun ilmu sosial, agama, ekonomi, hukum, alam dan lain sebagainya. Selain itu, suatu univeritas dapat menyelenggarakan pendidikan akademik maupun pendidikan vokasi. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, mahasiswa yang menempuh pendidikan akademik, saat lulus akan menyandang gelar S1. Sedangkan mahasiswa yang menempuh pendidikan vokasi, ketika lulus akan mendapatkan gelar D4.

  1. Institut

Masih sama dengan universitas, suatu institute juga dapat menyelenggarakan pendidikan akademik maupun pendidikan vokasi. Namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang mendasar. Mengutip laman milik rencanamu.id, perbedaan dari keduanya adalah terletak pada sejumlah rumpun ilmu pengetahuan. Pada universitas, ia memiliki sejumlah rumpun ilmu yang beragam, namun pada suatu institut, hanya memiliki sejumlah rumpun ilmu yang terbatas. Contohnya pada Institut Teknologi Bandung (ITB), hanya fokus pada rumpun ilmu alam, sehingga fakultas-fakultas di ITB hanyalah yang terkait dengan ilmu alam saja. Seperti ilmu kebumian, ilmu biologi, ilmu angkasa, ilmu fisika dan berbagai ilmu lainnya.

  1. Sekolah Tinggi

Sama halnya dengan dua jenis perguruan tinggi sebelumya, sekolah tinggi pun dapat menyelenggarakan pendidikan akademik maupun pendidikan vokasi. Namun tetap saja ke tiganya tetap memiliki perbedaan. Universitas memiliki beragam rumpun ilmu tanpa ada batasan, institute memiliki sejumlah rumpun ilmu yang terbatas, dan pada sekolah tinggi rumpun ilmu yang tersedia hanya fokus pada satu keilmuan saja. Contohnya, sekolah tinggi ilmu komunikasi, maka dalam sekolah tinggi tersebut hanya tersedia jurusan-jurusan dari fakultas komunikasi saja. Mulai dari Penyiaran, periklanan, hubungan masyarakat dan lain sebagainya. Pernah mendengar London School of Public Relation? Nah ia merupakan salah satu contoh dari sekolah tinggi di Indonesia.

  1. Politeknik

Pada jenis perguruan tinggi yang satu ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan jenis jenis perguruan tinggi sebelumnya. Pasalnya Politeknis tidak menyediakan pendidikan akademik, dan hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi saja. Alasan dari politeknik hanya menyediakan pendidikan vokasi adalah agar dapat menyiapkan peserta didiknya untuk memiliki kemampuan professional, mampu menerapkan, mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajari selama menempuh pendidikan.

  1. Akademi

Sama halnya dengan jenis perguruan tinggi politeknik, akademi merupakan perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi. Lalu apa yang membedakan keduanya? Perbedaan keduanya adalah terletak pada rumpul ilmu yang tersedia. Politeknik mencakup rumpun ilmu yang beragam. Sedangkan pada akademi, hanya meneydiakan satu cabang ilmu saja. Sebagai contoh, pada Politeknik Negeri Malang memiliki rumpun ilmu tata niaga meliputi bisnis, akutansi, manajemen dan lain sebagainya. Sedangkan Akademi Sekretaris dan Manajemen Don Bosco hanya menyediakan jurusan seputar kesekretariatan dan manajemen.

You may also like

Leave a Comment