Pentingnya Menguasai Public Speaking

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Manusia sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari aktivitas interaksi saat bertemu satu sama lain. Agar interaksi dapat berjalan dengan baik tentunya dibutuhkan strategi dalam prosesnya. Tapi sebelum membahas lebih jauh, pernahkah kamu berbicara kepada orang yang banyak? Atau didepan audiens yang banyak? Jika pernah kegiatan ini banyak dikenal dengan public speaking.

Berbicara didepan banyak orang memang bukan hal yang mudah untuk sebagian orang, apakah kamu juga termasuk salah satunya? Jika kamu masuk dalam kategori tersebut berlatihlan mulai sekarang, karena di masa ini siswa diharuskan untuk menguasai public speaking. Hal ini karena hampir setiap kegiatan, identik dengan aktivitas yang mensyaratkan pembicara utama atau

pembawa acara sehingga keterampilan untuk dapat berbicara di depan forum sangatlah penting. Kamu juga bisa mempresentasikan sesuatu dengan lebih lancar dan mengurangi rasa grogi berbicara di depan orang lain yang tidak terlalu kamu kenal.

Untuk dapat terampil berbicara di depan umum,memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kemampuan ini dapat diasah apabila kamu mau berlatih dan belajar terus mempraktikkan dalam setiap kegiatan. Namun sayangnya tidak adanya arahan, bimbingan, dan pelatihan bagaimana menjadi seorang public speakermenjadikan beberapa orang enggan tampil, dan lebih memilih diam mendengarkan.

Public Speaking merupakan bagian dari keterampilan berbahasa, khususnya berbicara. Menurut jurnal yang ditulis oleh Dyah Nugrahani, Indri Kustantinah, Rr. Festi Himatu K., Larasati Charles Bonar Sirait (2008) mendefinisikanpublic speaking sebagai seni yang menggabungkan semua ilmu dan kemampuan yang kita miliki. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa memberanikan

berbicara di depan umum artinya siap menyampaiakan pesan kepada orang-orang yang latar belakangnya berbeda.

Seorang pembicara publik harus bisa melakukan berbagai tugas sekaligus. Ia harus bisa menyampaikan informasi, menghibur, dan meyakinkan pendengarnya. Tanpa ilmu

pengetahuan, informasi yang disampaikan bisa salah. Tanpa kemampuan mengingat cerita lucu dalam urutan yang betul, maka pembicara tidak akan bisa menghibur pendengar. Selanjutnya, tanpa kepercayaan diri, seorang pembicara tidak akan bisa meyakinkan orang lain untuk percaya.

Intinya, public speaking yang baik dekat dengan kesuksesan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan bagi public speaker, antara lain:

  1. Berlatih dengan batas waktu
  2. Berlatih berpikir dan berbicara positif
  3. Berlatih kritis memeriksa kekurangan alur acara dan teks
  4. Berkonsultasi dengan orang terdekat ketika ragu akan mengatakan sesuatu yang dianggap lucu tetapi berpotensi melukai perasaan orang lain.
  5. Bertanya kepada keluarga yang lebih senior tentang peristiwa atau anekdot keluarga yang pantas diucapkan.

Kiat percaya diri ketika berbicara di depan umum antara lain:

  1. Positive thinking;
  2. Persiapan matang;
  3. Mulai dari sekarang;
  4. Rajin berlatih;
  5. Rajin membaca; dan
  6. Manfaatkan kesempatan.

Berikut ini tips yang harus diperhatikan oleh publicspeaker, menurut wolipop.detik.com :

  1. Berlatih terlebih dahulu di depan kaca sebelum berbicara di depan publik sehingga bisa membuat kamu lebih siap. Minta teman atau keluarga memperhatikan serta memberikan kritik kepada kamu dengan jujur tentang penampilan kamu.
  2. Sebelum kamu tampil di depan publik, lebih baik kamu mengetahui siapa yang akan dihadapi. Kamu perlu mengetahui siapa penonton atau audience kamu agar bisa menarik perhatian mereka saat berbicara di depan publik.
  3. Terkadang saat kamu sedang berbicara di depan publik tanpa memiliki pesan yang jelas, sehingga akan kehilangan fokus dan berbicara secara acak. Jika kamu rentan terhadap hal ini, ada baiknya melakukan persiapan terlebih dahulu dengan mencatat apa pesan yang ingin kamu sampaikan.
  4. Perhatikan bahasa tubuh kamu. Bahasa tubuh dapat membuat audiens merasa nyaman dan terlibat, atau bahkan tidak nyaman dan gelisah.
  5. Tempo berbicara kamu sangat penting dalam berbicara di hadapan publik. Kamu harus bisa berbicara dengan kecepatan yang tepat dengan jeda alami antara kata dan kalimat.
  6. Kamu harus memiliki catatan karena akan membantu jika di tengah pidato atau presentasi mengalami blank atau lupa apa yang ingin disampaikan.
  7. Menjadi dirimu sendiri saat berbicara di hadapan banyak orang pastinya akan membantu kamu dekat dengan audience. Sehingga pesan pun tersampaikan dengan tepat.
  8. Saat public speaking tidak ada orang yang tidak melakukan kesalahan sebelumnya jadi jangan terlalu khawatirkan hal tersebut.

You may also like

Leave a Comment