Pelajar Belajar Cari Cuan

by Siti Nurul Hikmah

SiswaIndonesia.com, Malang – Hayo siapa yang selama sekolah online, uang jatah jajannya dikurangin? Atau malah ga dikasih sama sekali karena bisa makan dan jajan di rumah? Pasti diantara kalian ada yang bernasib seperti itu kan. Sudah, harap dimaklumin ya, memang kondisi sekarang lagi kaya gini, masih bisa sekolah aja udah syukur. Pelan-pelan coba pahami posisi orang tua yuk.

“Tapi aku kan juga punya kebutuhan kak, beli skincare, chek out shopee, beli cemilan dan lain-lain” ssstt tenang, engga perlu khawatir, engga perlu risau. Meskipun saat ini kamu masih duduk di bangku SMA, bukan berarti kamu engga bisa menghasilkan uang sendiri. Apalagi zaman yang sudah serba modern gini. Kamu bisa loh manfaatin berbagai teknologi biar kamu bisa menghasilkan uang jajan sendiri meskipun masih berstatus pelajar.

“Emangnya bisa kerja padahal engga punya ijazah? Yakin ngehasilin uang tu kak? Nanti ganggu waktu sekolah engga?” oh tenang, tentu saja bisa meskipun kamu belum punya ijazah SMA, dan tentu aja ngehasilin uang dong, Namanya juga kerja kan, urusan waktu, kamu sesuaikan waktu semau kamu loh. Penasaran sama kerjaannya? Siswaindonesia.com mau berbagi pekerjaan atau bisnis yang cocok untuk kamu yang masih SMA tanpa menganggu waktu belajar. Yuk simak baik-baik

  1. Penulisfreelance

Untuk kamu yang punya hobi menulis atau punya bakat dalam penulisan, bisa banget kerja sampingan sebagai penulis freelance. Kamu bisa mencari beberapa situs online seperti Babe, Getcraft, dan situs-situs lainnya. Tentu saja kamu akan dibayar ketika tulisanmu tayang di konten mereka. Misalnya konten yang kamu tulis dihargai sekitar Rp25 ribu, jika dalam sehari kamu bisa menulis minimal 1, dalam 7hari atau satu minggu kamu sudah mengumpulkan uang Rp175 ribu. Jika dalam sebulan kamu rutin menulis, tentu dengan mudah kamu bisa menghasilkan uang Rp700 ribu. Jadi gimana, apakah kamu tertarik?

  1. Influencer

Siapa di sini yang hobi bermedia sosial dan memiliki banyak pengikut? Maka hal ini cocok banget untuk kamu jadikan pekerjaan sampingan. Kamu pasti memiliki ketertarikan pada suatu bidang tertentu kan? Misalnya kamu suka banget membahas tentang skincare, maka kamu coba mulai dengan me riview  dengan lengkap suatu produk di salah satu platform yang kamu miliki. Jangan lupa minta bantuan teman untuk share postingan mu, agar konten yang kamu buat bisa dilihat banyak orang. Yakin deh, lambat laun akan banyak brandatau online shop yang menawarkan kerja sama.

  1. Online shop

Siapa yang punya cita-cita jadi pembisnis? Nah pekerjaan yang satu ini cocok untuk kamu coba, yaitu berjualan atau bisnis online shop dengan memanfaatkan media sosial. Untuk menentukan barang apa yang sebaiknya kamu jual, lebih baik kamu perhatikan terlebih dahulu apa saja yang sedang menjadi tren. Misalnya model hijab pashmina sedang ramai, maka bisa menjadi salah satu ide, produk yang akan kamu jual.

  1. Dropshipper

Kamu ingin memulai bisnis online shop tetapi terkendala oleh dana? Tenang kamu tetap bisa memulai bisnis kecil-kecilan dan menghasilkan uang kok meski tanpa modal uang. Maka kamu bisa mencoba sistem dropshipper. Dropshipper sendiri yaitu sistem dimana kamu bisa berjualan tanpa kamu perlu mempunyai stockbarang. Biasanya beberapa online shopbesar melayani dropshipper kok. Jadi bukan suatu alasan lagi ya, yang terpenting bukan seberapa banyak modal yang kamu keluarkan, tetapi seberapa besar usahamu untuk memulai bisnis.

  1. Berjualan pulsa

Meski beberapa marketplace melayani pembelian pulsa, namun beberapa orang masih memilih untuk membeli pulsa secara langsung dengan membeli ke konter terdekat, namun sebagian lagi merasa malas dan memilih mencari teman yang berjualan pulsa. Hal ini tentu bisa kamu manfaatkan dengan baik. Kamu bisa membeli pulsa melalui banyak marketplace. Untuk harga, tentu kamu bisa naikkan sedikit untuk dijadikan keuntunganmu. Meski sedikit, jika dikumpulkan bisa menjadi bukit kok. Semangat.

Poin-poin di atas bisa menjadi pilihan kamu bagaimana cara memiliki uang tambahan. Jangan berkecil hati jika pendapatanmu masih tergolong sedikit, karena jika kamu bisa mengumpulkan dengan baik maka hasil yang sedikit itu tentu bisa terkumpul dengan banyak. Dan jangan lupa, untuk selalu menyisishkan uang dari hasil usahamu selama ini. jangan semua dihabiskan untuk berbelanja hal-hal yang kurang penting. Latih diri sedini mungkin dan membiasakan untuk menabung, karena kita tidak pernah tahu seberapa banyak kebutuhan-kebutuhan yang tidak diduga.

Dalam sebuah Jurnal Penelitian yang ditulis oleh Pradnya Patriana, remaja yang memutuskan untuk bekerja dan menghasilkan uang sendiri, memiliki kecenderungan pribadi yang lebih mandiri loh jika dibandingkan dengan remaja-remaja lain yang belum bekerja. Sifat mandiri yang kamu bangun sejak dini tentu memberikan sisi positif untukmu kedepannya. Menyenangkan bukan, dengan melatih diri menjadi pribadi yang lebih mandiri, juga bisa menghasilkan uang tambahan? Jadi, apa pekerjaan tambahan yang akan kamu pilih? Tulis di kolom komentar ya!

You may also like

Leave a Comment