MPLS SMA Ngeri 1 Malang, 333 Peserta Didik Baru Hadir Secara Virtual

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Memasuki tahun ajaran baru SMA Negeri 1 Malang menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada peserta didik baru. Kegiatan ini berlangsung pada hari sabtu (10/7) sebagai pra mpls dan kegiatan inti dimulai hari senin (12/7) hingga kamis (15/7). Di mpls tahun ajaran  2021/2022 ini SMA Negeri 1 Malang mengusung tema “Set Up Character As Future Leader”.“ Tujuan dari tema tersebut adalah mempertahankan mutu pendidikan di bumi Mitreka Satata melalui adaptasi di era pandemik yang berbasis teknologi digital,” ucap ladeeva panitia kegiatan mpls SMA Negeri 1 Malang.

Masih sama dengan tahun lalu, mpls tahun ini juga digelar secara virtual dengan menggunakan beberapa platform untuk penyampaian materi yang diberikan. “ Kita pakai bervariasi platform, mulai dari zoom meeting, live instagram dan WhatsApp untuk membentuk grup grup kelas mpls, hal ini dilakukan untuk memudahkan peserta didik berkomunikasi dengan teman sekelas maupun dengan kakak pendamping nya masing masing,” tambahnya.

Untuk mengikuti mpls, para peserta didik baru diimbau untuk mengunduh dan menggunakan twibbonyang sudah dibuat oleh panitia. Peserta tinggal melakukan sedikit editing dengan memasukkan foto setelah melakukan proses editing twibbon, peserta diharapkan untuk mengunggahnya di akun media sosial mereka seperti Instagram yang saat ini menjadi salah satu media social yang paling banyak digunakan.

Menurut viva.co.idTwibbonadalah bingkai foto yang berfungsi sebagai media promosi/kampanye sekaligus ungkapan semangat dalam mengikuti tahun ajaran baru. Twibbon nantinya dikombinasikan dengan foto pribadi serta identitas sekolah asal. Twibbon ini juga bisa disertai dengan quote, motto sekolah, atau tagar yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Penggunaan twibbon disesuaikan dengan kebijakan masing-masing sekolah. Namun pada umumnya para peserta didik baru diwajibkan mengunggah twibbon ke akun media sosial pribadi masing-masing.

Meskipun masih di tengah masa pandemic covid-19 dan PPKM Darurat, tidak menyurutkan semangat dan antusiasme para pesertanya, masih banyak cara yang bisa dilakukan agar kegiatan mpls tetap berjalan dengan seru dan menyenangkan. Peserta juga dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak, agar bisa saling beradaptasi satu sama lain. Untuk mpls tahun ini hampir seratus persen dilakukan secara virtual, kegiatannya sendiri berisi tentang penyampaian materi terkait pengenalan sekolah seperti video school tour, lalu ada pengenalan sarana prasana sekolah, materi terkait kurikulum dan metode pembelajaran di SMA Negeri 1 Malang. Untuk pengenalan kegiatan ekstrakurikuler panitia menayangkan video demo dari masing-masing ekstrakurikuler serta juga ada pengenalan event yang ada di SMA Negeri 1 Malang.

Materi-materi tersebut juga disampaikan langsung oleh bapak ibu guru yang menguasai bidangnya, seperti materi kurikulum yang menyampaikan bapak wakil kepala kurikulum. Tidak lupa juga memberikan banyak konten edukasi kepada peserta didik baru. Peserta juga diwajibkan untuk membuat portofolio tentang rangkuman materi yang disampaikan dan akan dikumpulkan saat berakhirnya kegiatan mpls. Portofolio ini dikumpulkan sebagai syarat untuk mendapatkan e-sertifikat, e-sertifikat sebagai bukti telah tuntas mengikuti mpls.

 

You may also like

Leave a Comment