Meningkatkan Konsentrasi Belajar, dengan Teknik Pomodoro

by Siti Nurul Hikmah

SiswaIndonesia.com, Malang – Masih ingat kah kalian tentang Prokrastinasi yang sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya? Sedikit kembali mengingat apa itu Prokrastinasi, merupakan suatu tindakan yang dengan sengaja menunda pekerjaan dan lebih memilih bersantai dari pada segera mengerjakan tumpukan tugas. Pada asrtikel sebelumnya, tim Siswaindonesia.com sudah memberikan tips agar terhindar dari tindakan Prokrastinasi, namun jika cara tersebut belum cukup ampuh untung mengatasinya, kamu bisa simak artikel berikut.

Memiliki banyak waktu luang, namun tumpukan tugas tidak kunjung berkurang malah semakin bertambah. Sudah mencoba untuk mulai mengerjakan satu persatu, namun tiba-tiba berhenti karena beberapa alasan, mulai dari malas, tidak bisa konsntrasi dengan baik, mudah terdistraksi oleh lingkungan sekitar. Maka hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah mulai belajar dengan Teknik Pomodoro. Apa itu teknik belajar Pomodoro?

Mengutip dari laman milik Pahamify.com, Teknik Pomodoro merupakan salah satu cara belajar dengan menggunakan metode manajemen waktu. Tekni ini berfokus pada selang waktu. Menentukan durasi belajar sendiri sesuai dengan yang kita mau, dan salama durasi tersebut, kita harus fokus belajar. Teknik belajar ini pertama kali diciptakan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980. Awal mulanya Francesco merasa kesulitan dalam fokus belajar, sampai pada akhirnya ia menyadari bahwa ia harus belajar dengan interval waktu tertentu -dan diselingi oleh waktu istirahat- agar kondisi fisik maupun psikisnya bisa di-refresh. Kata Pomodoro sendiri dalam bahasa Italia artinya adalah tomat. Lalu apa hubungannya Teknik belajar dengan tomat? Alasannya adalah karena Francesco menggunakan timer dapur yang berbentuk tomat untuk membantu fokus belajarnya.

Yang perlu kamu persiapkan ketika ingin melakukan metode ini, hanyalah sebuah timer dan harus konsisten tidak boleh terdistraksi oleh apapun termasuk bunyi notif hand phone. Berikut langkah yang harus kamu lakukan :

  1. Siapkan tugas atau materi yang ingin kamu pelajari. Buatlah list atau daftar urut tugas maupun materi. Tentukan prioritas, mana tugas yang paling dekat dengan deadline itu lah yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu.
  2. Aturtimer durasi belajarmu selama 25 menit, bisa menggunakan alarm hp, jam waker maupun menggunakan timer dapur seperti yang dilakukan Francesco.
  3. Selama kurun waktu 25 menit, kamu wajib fokus terhadap tugas yang dikerjakan maupun materi yang dipelajari. Tidak boleh melakukan hal lain selain fokus belajar maupun mengerjakan tugas.
  4. Saattimer berbunyi, tandanya kamu sudah boleh beristriahat meskipun tugas belum selesai, atau materi belum tuntas kamu pelajari. Setelah itu, berilah tanda materi atau tugas yang telah kamu kerjakan sebagai penanda.
  5. Beristirahat lah selama 5 menit. Memanfaatkan waktu 5 menit ini, kamu bebas melakukan hal apapun, bisa dengan bersantai sejenak atau bisa juga melakukan hal yang kamu gemari seperti mendengarkan lagu, olahraga kecil ataupun yang lain. Namun ingat, hanya boleh dilakukan selama 5 menit saja ya!
  6. Setelah beristriahat selama 5 menit, kamu harus fokus belajar kembali selama 25 menit. Ualangi step di atas hingga 4x.

 

 

You may also like

Leave a Comment