Mengenal Pengertian Fakultas, Jurusan dan Program Studi, Maba Wajib Tahu!

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Bagaiamana mahasiswa baru? Apa sudah siap dengan dunia perkuliahan? Nah, sebelum kamu mulai kegiatan perkuliahan, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait dengan dunia perkuliahan dan seputar kampus. Pastinya saat melakukan pendaftaran kuliah kamu akan menemukan istilah yang asing ditelinga dan belum pernah didengar sebelumnya. Seperti istilah-istilah akademik seperti fakultas, jurusan dan program studi.

Jadi buat kamu calon mahasiswa baru, agar tidak kebingungan saat awal perkuliahan. Hari ini siswaindonesia.com akan membahas pengertian dari istilah tentang rumpun pendidikan yang ada di kampus. Simak baik-baik yaa..

Mengenal Fakultas, Jurusan, dan Prodi

Wah, ternyata saat memilih jurusan kamu juga akan dikenalkan istilah fakultas dan juga prodi, jadi apasih arti dari ketiga istilah itu? Namun sebelum membahas lebih jauh tentang kamu perlu tahu apa itu universitas. Melansir dari sevima.com Universitas adalah adalah lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mengakomodir berbagai fakultas, jurusan, dan program studi.

Universitas merupakan jenis perguruan tinggi yang terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik (fokus pada pengembangan ilmu), pendidikan vokasi (fokus pada keahlian bidang terapan), dan pendidikan profesi (gelar keahlian khusus) dalam berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Universitas menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa batas. Misalnya, rumpun ilmu humaniora, rumpun ilmu sosial, rumpun ilmu alam, rumpun ilmu agama, dan sebagainya. Jadi, bisa dibilang universitas merupakan jenis perguruan tinggi dengan rumpun ilmu yang paling luas.

Untuk Jenis-jenis Perguruan Tinggi sendiri di Indonesia ada Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi.

  1. Pengertian Fakultas

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, Fakultas adalah bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu, terdiri atas beberapa jurusan, dipimpin oleh dekan.

Melihat dari pengertiaanya fakultas sendiri merupakan bagian yang berada dibawah naungan perguruan tinggi yang memiliki beberapa kumpulan dari berbagai jurusan dengan bidang studi ilmu yang sama.

Contoh dari fakultas sendiri seperti di Universitas A memiliki beberapa fakultas seperti Fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP) , FISIP mengajarkan bidang sosial dan hubungan dengan masyarakat. Sesuai dengan kebutuhan dalam kehidupan nyata kita bermasyarakat. Artinya, jika kamu merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi, maka otomatis menjadi bagian dari FISIP.

 

  1. Pengertian Jurusan

Sedangkan untuk pengertian dari jurusan menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi.

Jurusan merupakan bagian yang berada dibawah naungan fakultas dan berfokus pada suatu ilmu tertentu. Misalnya dalam fakultas FISIP terdapat beberapa jurusan seperti jurusan ilmu komunikasi, jurusan hubungan internasional, jurusan ilmu pemerintahan, dll.  Meskipun masih dalam rumpun ilmu yang sama (satu Fakultas), mahasiswa dari jurusan berbeda akan mempelajari hal yang berbeda juga.

 

  1. Pengertian Program Studi (Prodi)

Progran Studi (Prodi) merupakan bagian yang berada didalam suatu jurusan. menurut kamus besar Bahasa Indonesia  Prodi merupakan unit pelaksana yang menyelenggarakan dan mengelola pendidikan akademik, vokasi, atau profesi dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu.

Misalnya menurut pintek.id kamu memilih jurusan Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa Inggris ini menawarkan dua jenis program studi, yaitu prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan prodi Sastra Inggris. Mahasiswa bisa memilih prodi sesuai minatnya masing-masing.

Pembelajaran pada prodi Pendidikan Bahasa Inggris bertujuan membentuk mahasiswa menjadi tenaga pengajar atau guru Bahasa Inggris. Jadi selain mempelajari keterampilan keilmuannya, mereka juga belajar tentang ilmu pendidikan, seperti psikologi pendidikan, pengelolaan kelas, media pengajaran, dan sejenisnya.

Sementara kalau kamu memilih prodi Sastra Inggris, kamu akan lebih banyak mendalami aspek sastra, linguistik, dan kebudayaan terkait bahasa asing itu. Semua ini tertuang dalam mata kuliah semantik, fonetik, analisis drama dan prosa, morfologi, dan lain-lain.

Beberapa pilihan karir untuk lulusan Sastra Inggris, misalnya, penerjemah tulisan dan lisan, staf konsulat dan kedutaan, staf pada perusahaan ekspor impor, dan sebagainya.

Kapan mahasiswa dapat memilih program studi? Ini tergantung dari ketentuan masing-masing perguruan tinggi, tetapi umumnya pada semester 3 atau 4.

Nah, bagaimana calon mahasiswa baru apa sudah cukup untu beberapa penjelasannya? Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengetahui pengertian dari rumpun yang ada di universitas yah!

You may also like

Leave a Comment