Mengenal Lebih Jauh Bhawikarsu Choir, Ekskul Kebanggan SMAN 3 Malang

by Siti Nurul Hikmah

Penampilan Bhawikarsu Choir di salah satu event yang diadakan oleh Malang post (dok.pribadi)

SiswaIndonesia.id, Malang – Memiliki suatu kegemaran bisa menjadi latar belakang untuk bergabung ekstrakulikuler di sekolah. Bagi yang gemar olahraga bisa bergabung di ekskul basket atau voli, begitu pula yang gemar menyanyi bisa bergabung di ekskul paduan suara. Selain itu, kebijakan beberapa sekolah memang mewajibkan siswanya untuk bergabung di salah satu ekstrakulikuler yang ada.

Bhawikarsu Choir atau yang lebih dikenal B-Choir menjadi salah satu ekskul yang digemari oleh siswa SMAN 3 Malang. Penampilannya sering ditunggu-tunggu oleh penonton setiap ada event sekolah. Ekskul paduan suara ini sering mendapat juara diberbagai perlombaan. Bulan Oktober lalu B-Choir menjadi juara 1 Festival Paduan Suara 3M yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Malang. B-Choir mampu mengalahkan 92 tim paduan suara lain. Selain itu pada perlombaan Malang Post School Compition, B-Choir menjadi juara 2.

Menjadi langganan juara tidak membuat B-Choir besar kepala. Saat ditanya mengenai kunci suksesnya, Marchellino mengatakan “Tetap berusaha menampilkan yang terbaik, tawakkal, berserah diri, dan yang terpenting tidak sombong, tidak menganggap diri kita yang paling baik.” Selain itu, kekompokan para anggota juga penting. Demi menjaga anggota agar tetap solid, mereka selalu meneriakkan jargon “Hati kita satu, B-choir!!!,” setiap akhir latian maupun akhir penampilan. Membuat anggota baru nyaman dengan mengajak bercanda, disela-sela latihan rutin.

Bukan hanya mementingkan teknik bernyanyi, nyatanya B-Choir juga sangat memperhatikan gerakan dalam bernyanyi. Dalam setiap penampilan, paduan suara tidak hanya memanjakan pentontonnya dengan suara yang indah saja, namun juga menampilkan gerakan-gerakan untuk memperindah penampilan.

Untuk bisa bergabung menjadi anggota B-Choir harus menjalani berbagai test, diantaranya test nada, menyanyi dan wawancara biasa. Namun mengingat B-Choir memiliki banyak peminat di SMAN 3 Malang, tentu mereka menerapkan jumlah kuota. Bagaimana sobat siswa Indonesia, ingin bergabung di ekskul paduan suara juga?. (hkm)

 

Penulis        : Siti Nurul Hikmah

Editor           : Nada Nabila

 

You may also like

Leave a Comment