Memulai Wirausaha Era Digital

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Memulai usaha atau berbisnis, memang banyak diminati bagi semua orang khususnya kaum remaja yang ingin meniti karir dalalam dunia bisnis dan bisa menambah pengalaman dalam berwirausaha. Saat ini era telah berubah menjadi era digital yang dimana segala sesuatunya bisa kita akses dengan mudah. Ibaratnya dunia berada dalam genggamanmu. Hampir setiap kegiatan menggunakan teknologi digital untuk lebih efisiensi dan produktifitasnya seperti , kegiatan sekolah atau belajar mengajar, transfer uang, hiburan dan transaksi.

Mengutip dari jurnal penelitian yang telah ditulis oleh Wiwik Mariyati dan Ida Masriani, era digital telah memberikan dampak yang positif bagi kehidupan, Diantaranya adalah kehidupan di dunia bisnis. Seseorang dapat memulai untuk berbisnis dengan modal yang minim maupun tanpa modal sekalipun dengan memanfaatkan teknologi melalui social media.

Dengan bermodalkan ide kreatif dan pastinya inovatif, kita bisa mendirikan perusahaan kita sendiri. Teknologi saat ini memudahkan kita untuk memasarkan dan promosi dagangan kita secara online dan menyeluruh. Dengan memanfaatkan marketplace yang ada. Marketplace itu pun terbentuk dikarenakan banyaknya orang yang berbisnis secara online.

Merangkum dari artikel yang ditulis oleh wartaekonomi.co.id, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai berbisnis di era digital yaitu

  1. Membangun dan mengembangkan platform bisnis.

Di era digital saat ini, internet menjadi salah satu platform untuk menjual produk, promosi produk, komunikasi dan presentasi bisnis terbesar dan semua itu dapat kita manfaatkan sebaik mungkin untuk memulai berbisnis secara online dengan membuka toko virtual. Took virtual  yang dimaksud adalah website. Website sangat berguna bila kita menjual produk kita secara online. Jika barang yang kita jual offline seperti makanan, kita bisa menggunakan media social sebagai alat untuk memasarkan atau promosi dagangan kita. Media social dan website harus berjalan dengan seimbang untuk memulai berbisnis secara online. Ditambah lagi saat ini sudah ada e-commerce atau bisa kita ssebut sebagai toko online. Contohnya seperti “tokopedia, shopee, bukalapak dan yang lainnya”. website, e-commerce dan social media bisa kita ibaratkan seperti toko yang tidak pernah tutup.

  1. Bagikan info dengan konten yang menarik dan bermanfaat.

Setelah kita memiliki e-commerce dan jejaring social, langkah selanjutnya yang harus kita ambil adalah mempopulerkannya dan mengenalkan kepada masyarakat. Media jika jejaring social dan website bisnis kita sudah dikenal public, akan lebih mudah dalam memasarkan produk yang akan kita jual.

  1. Buat dan atur strategi pemasaran

Dalam berjualan secara online, mempromosikan dagangan kita dengan baik dan kita kemas dengan menarik akan sangat efektif bagi pertumbuhan bisnis kita.banyak caranya untuk mempromosikan dagangan kita secara online seperti endorse, iklan berbayar, dan paid promote. Promosi Endorse itu  kita membayar seseorang yang kita rasa orang itu terkenal di jejaring media social dan mereka mencoba memasarkan produk kita dengan menarik perhatian public. Endorse dan paidpromote memiliki arti yang hampir sama. Mereka sama sama memasarkan produk kita hanya saja endorse itu kita mengirimkan produk kita kepada mereka untuk dipromosikan, sedangkan paid promote itu hanya mempromosikan akun bisnis jualan kita.

  1. Pentingnya ulasan atau umpan balik dari pembeli

Ulasan dari pembeli atau pelanggan kita sangatlah penting bagi kemajuan bisnis online kita. dari ulasan pembeli kita jadi tahu akan produk yang kita jual dan kita harus menerima jika ulasan dari pembeli bersifat negative. Hal ini dikarenakan mungkin produk yang kita jual kurang awet, atau kita kurang hati hati dalam waktu pengemasan produk sehingga produk yang diterima rusak atauapun produk yang diterima cacat. Ingat, kritik dan saran yang membangun bisa menjadi motivvasi kita untuk mengembangkan bisnis atau usaha kita kedepannya.

You may also like

Leave a Comment