Kunjungan Industri, SMKN 6 Malang Tingkatkan Pengetahuan Siswa

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang –Untuk memberikan wawasan dan memperkenalkan ilmu baru tentang dunia industri, SMK Negeri 6 Malang bersama  Ijen Suites Resort & Convention Hotel melakukan kerjasama dalam kunjungan Industri. Kegiatan ini sudah dilaksanakan mulai Rabu (23/06) sampai Kamis (24/06). Acara yang diikuti sekitar 200 siswa ini dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 13.00. Sebelum melaksanakan kegiatan siswa melakukan apel pagi, setelah itu dilakukan absensi dan pembagian modul.

Kegiatan berlangsung di Grand Ballroom Ijen Suites Hotel dan dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Malang Drs. Sidik Priyono. “Soft Skill perlu dipelajari dan sudah didapatkan dari kegiatan kunjungan industri ini, sehingga apa yang didapatkan hari ini dapat menjadi bekal persiapan sebelum memasuki dunia kerja,” ucap Drs. Sidik Priyono dalam sambutan pembukaan kegiatan kunjungan industri.  

“Kegiatannya untuk memberikan wawasan dan ilmu baru mengenai hotel engineering, jadi memperkenalkan bidang yang ada dihotel berkaitan dengan alat engineering termasuk juga dengan ITnya,”  jelas Achmad Kurniawan chief engineering  Ijen Suites Resort & Convention Hotel. Selain mendapatkan pelajaran secara teori, siswa juga diajak untuk berkeliling di Ijen Suites Resort & Convention Hotel guna melihat langsung proses engineering di hotel. 

Pembukaan Kegiatan Kunjungan Industri Hari kedua di Grand Ballroom Ijen Suites Hotel

Kegiatan kunjungan industri ini merupakan kegiatan tahunan dari SMK Negeri 6 Malang. “Salah satu syarat untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) para siswa Pra PKL harus sudah terlebih dahulu melaksanakan kunjungan industri,” ucap Fatah Nasikh, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 6. Sebelum adanya pandemi kunjungan industri oleh SMK Negeri 6 dilakukan keluar daerah, biasanya kunjungan dilakukan di industri yang sudah besar. Namun karena kondisi seperti ini format kunjungan industri diubah dan dilaksanakan di kota Malang namun tidak mengurangi esensi dari materi, kompetensi dan wawasan yang diberikan. Protokol kesehatan juga diterapkan pihak sekolah dan Ijen Suites Resort & Convention Hotel agar kegiatan berjalan dengan aman.

“Kepala Sekolah sedang ada program unggulan yang bernama keteknikan hotel atau hotel engineering maka kita menyiapkan dukungan untuk keberhasilan program unggulan tersebut, sehingga ada peluang kerja di hotel ini untuk lulusan SMK teknik,”  tambah Fatah Nasikh. Dari kegiatan ini, SMK Negeri 6 Malang juga memperlihatkan bahwa sektor perhotelan juga membutuhkan lulusan smk teknik untuk memasuki departemen engineering, hanya saja  jurusan ini masih belum ada sehingga SMK Negeri 6 Malang membuat program khusus dan sudah dimulai dengan melakukan kerjasama dengan hotel bintang 4 termasuk Ijen Suites Resort & Convention Hotel.

Harapan dengan adanya kunjungan industri ini

siswa mendapat ilmu baru tentang hotel engineering sehingga mereka dapat tertarik dan memiliki gambaran bagaimana perusahaan beroperasi dan bekerja.  dengan adanya kunjungan industri siswa dapat diharapkan dengan cepat bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan atau dunia kerja dan juga dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia industri. (ans)

Penulis : Anisa Mahiswari

Editor : Siti Nurul Hikmah

You may also like

Leave a Comment