Kuliah itu Penting engga Sih?

by Siti Nurul Hikmah

Kuliah itu Penting ngga Sih??

 

SiswaIndonesia.com, Malang – Bagi kamu yang baru resmi menjadi siswa siswi kelas 12, sudahkah kamu memiliki gambaran atau tujuan ketika lulus sekolah nanti? Jawaban kalian tentu akan bervariasi, mulai dari langsung melanjtukan ke perguruan tinggi, berhenti sementara dan melanjutkan kuliah di tahun berikutnya, atau bahkan benar-benar berhenti dan memutuskan untuk langsung bekerja atau menikah.

 

Sebenarnya sah-sah saja, apapun keputusanmu tentu kamu yang lebih paham mana yang paling terbaik untuk dirimu sendiri. Karena bisa jadi setiap individu memiliki alasan tertentu untuk memutuskan apa yang dilakukan ketika lulus sekolah nanti. Tapi yang harus diingat adalah, jangan memutuskan hanya karena ikut-ikut teman ya, niscaya kamu akan menyesal di kemudian hari.

 

Adakah di antara kalian menganggap bahwa kuliah itu engga penting? Pasti lah ya ada, entah satu atau dua orang yang menganggap bahwa kuliah itu engga penting-penting amat, bahkan menurutnya kuliah hanya buang-buang uang dan waktu saja. “Ngapain sih capek-capek kuliah? kalo ujung-ujungnya juga nganggur?” “Halah ngapain kuliah, yang sarjana aja gajinya kalah sama yang lulusan SMK” “Ngapain kuliah, Bill Gates aja yang engga tamat sekolah bisa sukses” “Ah kuliah itu Cuma bisa kalau dia dari keluarga mampu dan berkecukupan” “Kamu perempuan, udah engga usah kuliah, langsung nikah aja. Jadi perempuan kan kodratnya Cuma ngurusin rumah tangga”. Celotehan seperti tadi pasti sudah sering kalian dengar, entah dari lingkungan, teman, atau bahkan dari orang terdekat kita. Ketika kamu sudah mendengar seperti ucapan-ucapan di atas, hal yang bisa kamu lakukan adalah “senyumin ajah”.

 

Memang benar kok, saat ini yang bergelar S1 masih banyak yang menganggur. Seharusnya dari sini kamu sudah bisa berfikir dong, gelar yang lebih tinggi aja masih bisa menganggur, apalagi yang hanya lulusan SMA? Mengutip dari artikel milik cnnindonesia.com yang menyebutkan bahwa Kementrian PMK menyebutkan 1,8 juta lulusan SMA memilih bekerja dan tidak melanjutkan kuliah. sementara peluang kerja bagi lulusan SMA menyempit. Seiring berkembangnya zaman dan revolusi teknologi, lapangan kerja khususnya yang membuka untuk lulusan Pendidikan menengah semakin menyempit.

 

Seringkali orang-orang yang tidak mau melanjutkan Pendidikan selalu membawa nama tokoh-tokoh terkenal seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg atau bahkan mantan Menteri ibu Susi Pudjiastuti. Kita ambil salah satu contoh, seperti Mark Zuckerberg memang ia memutuskan untuk berhenti kuliah, namun kesuksesannya saat ini bukan hanya karena faktor ia beruntung saja. Saat masih di bangku kuliah, ia selalu berekperimen hingga akhirnya mampu menciptakan platform Facebook. Ketekunanya dalam bereksperimen dan disertai ia dapat bertemu dengan orang-orang berbakat lah yang bisa mengantarkan dirinya sampai saat ini. Bagaimana cara Mark Zuckerberg bisa bertemu orang yang berbakat? Tentu karena ia berasal dari lingkungan yang sama, yaitu lingkungan kampus.

 

Ada juga yang menganggap, bahwa biaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi mahal, dan terkesan membuang-buang uang. Hmm tentu saja salah ya, untuk kamu yang kekurangan dalam hal finansial jangan berkecil hati lalu patah semangat tidak bisa melanjutkan berkuliah. Tenang, banyak kok diluar sana beasiswa untuk kuliah yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari yayasa, pemerintah, bahkan dari program universitas itu sendiri. Yuk rajin cari informasi sebanyak-banyak nya agar kamu tidak ketinggalan informasi mengenai beasiswa.

Untuk kamu adik-adik perempuan, yang sering mendengar omongan “Perempuan gausah sekolah tinggi-tinggi, nanti ujung-ujungnya juga Cuma ngurusin anak, dapur”, sudah ya jangan dimasukin hati. Ini zaman sudah jauh berbeda, saat ini banyak kok perempuan-perempuan yang sukses dengan gelar dan jabatan yang tinggi. Meski kelak nanti kamu menikah, bukan berarti kamu tidak bisa berkarir. Tentu kamu masih bisa mewujudkan mimpi-mimpu dulu, dan merangkap pekerjaan sebagai ibu. Meski itu bukan pekerjaan yang mudah, namun bukan berarti kamu tidak bisa. Tetap semangat dan jangan patah semangat ya girls!

 

Kamu benar kok kuliah itu tidak penting, ketika kamu menyia-nyiakan waktumu selama kuliah hanya untuk bersenang-senang dan bermalas-malasan. Kamu benar, kuliah tidaklah penting, hanya buang-buang uang saja, ketika selama kuliah bukanya sibuk belajar, yang kamu lakukan malah bersenang-senang, nongkrong sana sini menghabiskan uang jajan. Kuliah tidak penting, ketika yang kamu kejar hanya gengsi semata, tanpa kamu serap ilmunya.

 

You may also like

Leave a Comment