KONSUMSI MICIN BIKIN BODOH, MITOS ATAU FAKTA?

by Siti Nurul Hikmah

Siswaindonesia.com, Malang – salah satu kalimat yang sering kita dengar selama ini adalah “Jangan makan micin, nanti kamu jadi bodoh”.Hmmm, menurutmu mengkonsumsi micin dapat berakibat bodoh merupakan fakta atau mitos?  Simak yuk penjelasan di bawah ini.

Monosodium glutamate (MSG) atau yang lebih sering kita sebut sebagai micin merupakan salah satu bumbu penyedap rasa yang telah tersebar luas di kalangan masyarakat. Penyedap rasa ini sering kita temui di beberapa makanan, karena zat ini seringkali ditambahkan ke makanan, agar memberikan cita rasa yang lezat. Meskipun berita mengenai micin ini simpang siur, namun faktanya Food and Drug Administration (FDA) telah mengkonfirmasi bahwa MSG aman untuk dikonsumsi.

Jika memang aman dikonsumsi, mengapa ada mitos yang mengatakan mengkonsumsi micin dapat membuat kita bodoh? Mengutip laman milik Hellosehat.com, bahwa otak kita sebenarnya memiliki banyak saraf reseptor yang bertugas menerima rangsangan. Letak nya ada di bagian orak bernama hopotalamus. Nah dalam hopotalamus sendiri terdapat banyak reseptor yang secara khusus responsive terhadap glutamat. Semakin banyak mengkonsumsi mici, maka reseptor otak akan terangsang bekerja semakin aktif. Bila hal ini terjadi secara terus-menerus, aktivitas reseptor otak yang berlebihan dapat mengakibatkan kematian neuron. Apa itu neuron? Neuron adalah sel-sel saraf yang berperan sangat penting untuk menjalankan fungsi kognitif otak. Kematian pada neuron berdampak pada menurunnya fungsi otak, hal tersebutlah yang menyebabkan terjadinya ‘kelemotan’. Ketika saraf di otak bekerja secara berlebihan, kamu akan lebih mudah merasa sakit kepala dan pusing.

Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi micin tidak membuat kita menjadi bodoh selama dalam batas wajar ya. Karena segala yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh kita. Lalu berapakah takaran yang aman saat mengkonsumsi micin? Mengutip dari hasil sebuah Jurnal Penelitian yang ditulis oleh Eka Widyalita P, Saifuddin Sirajuddin dan Zakaria, menyebutkan bahwa penggunakan micin yang aman telah diatur oleh FAO/WHO. Aturannya, setiap orang boleh mengkonumsi micin tidak lebih dari 120mg/kg BB/hari. Di Indonesia sendiri pun memiliki aturan yang berkaitan dengan MSG. Permenkes RI No. 722/Menkes/Per/IX/88 tentang bahan makanan, Micin dapat dikonsumsi dengan aman, asal dalam takaran yang sesuai. Selain itu, produk yang mengandung MSG diwajibkan untuk menyantumkan berapa kandungan MSG dalam makanan pada kemasan.

Mengutip laman milik Halodoc.com, seseorang yang mengkonsumsi micin terlalu banyak, biasanya mengalami beberapa gejala yang muncul seperti sakit kepala, berkeringat, terasa ada tekanan pada wajah atau sesak, mengalami mati rasa, kesemutan atau sensasi terbakar pada wajah, leher dan beberapa area lainnya, detak jantung berdebar lebih cepat, merasakan sakit pada dada hingga mual. Meski belum ada sebuah peneltian yang menemukan bukti pasti antara konsumsi MSG dengan gejala-gejala di atas, namun peneliti mengaku bahwa sebagian kecil orang mungkin memiliki reaksi jangka pendek terhadap MSG. Lalu, jika mengalami salah satu gejala yang disebutkan di atas, apa yang harus dilakukan? Minumlah air mineral agar tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik. Saat mengalami mual, kamu bisa meminum teh jahe atau peppermint untuk mengurangi rasa mual tersebut. apabila kamu merasakan sakit pada kepala, konsumsilah oabat penghilang rasa sakit tanpa resep (OTC), dan jangan lupa istrihat dengan cukup. Jika mengalami gejala yang lebih parah, kamu perlu memerlukan pengobatan, dengan memberikan obat-obatan antihistamin untuk masalah pernapasan, pembengkakan wajah, atau detak jantung tidak normal.

MSG atau micin memang dapat menambah cita rasa dalam sebuah makanan, namun ketika mengkonsumsi micin secara berlebihan, tentu tidak dianjurkan ya. Hal yang perlu digaris bawahi adalah, micin tidak membuat kita menjadi bodoh. Stop menyalahkan micin lagi ya sobat, sebab bodoh atau tidaknya kita tidak disebabkan oleh mengkonsumsi micin. Menjadi bodoh adalah ketika kamu tidak mau belajar. Tetap konsumsi micin secara bijak ya sobat!

You may also like

Leave a Comment