Kamus istilah dunia perkuliahan Volume 02

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang  – Hai sobat siswaindonesia! Beberapa waktu lalu kami sudah pernah membahas tentang istilah yang ada di dunia perkuliahan. Hari ini kami akan membahas lagi beberapa istilah teknis yang belum kami sebutkan. Mungkin ini menjadi artikel terkahir dalam membahas istilah dunia perkuliahan, jadi mari simak untuk mengetahui istilah-istilah baru sebelum kamu masuk pada kegiatan perkuliahan. Jangan pusingnya dengan banyaknya istilah teknis yang ada di kampus, cukup simak artikel kami kamu akan paham kok. Selamat membaca!

 

  1. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Sama halnya dengan ekstrakulikuler di sekolah untuk di perguruan tinggi ekskul biasa disebut dengan UKM. UKM merupakan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat bagi para mahasiswa. Ketika awal perkuliahan atau saat ospek biasanya setiap UKM akan melakukan demo agar menarik minat para mahasiswa baru. Jadi sebelum memilih tetapkan hatimu dan pilih sesuai dengan keinginanmu ya!

  1. KKN (Kuliah Kerja Nyata)

KKN merupakan kegiatan kampus yang diperuntukkan untuk mahasiswa yang sudah melakukan kuliah lebih dari satu tahun. KKN ini dilakukan dengan mengirim mahasiswanya ke suatu daerah tertentu  dan menetap di sana selama sebulan bersama warga local.

Mahasiswa akan melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan membuat berbagai macam kegiatan dan kemajuan di desa tersebut. Namun tidak semua perguruan tinggi memiliki program ini.

  1. PKL (Praktik Kerja Lapangan)

Untuk siswa SMK pastinya sudah tau dong dengan istilah PKL. Yap! PKL merupakan kegiatan mahasiswa untuk menjadi karyawan magang atau bahasa sekarang biasa disebut internship di salah satu kantor yang bergerak di bidang sesuai dengan jurusan yang kamu ambil.

PKL dilakukan sebagai upaya memenuhi ketentuan jurusan. Seperti KKN, tidak semua jurusan punya program PKL.

  1. SP (Semester Pendek)

SP biasanya dilakukan pada saat liburan semester genap atau semester ganjil. SP dilakukan buat mahasiswa yang ingin mengulang atau mengganti mata kuliah yang tidak lulus. Biasanya, mahasiswa memanfaatkan SP yang durasinya sekitar 2-3 bulan untuk mengulang mata kuliah  atau malah mengambil mata kuliah baru biar cepet lulus. Bisa disebut juga SP ini adalah kelas tambahan untuk mahasiswa.

  1. Ekstensi

Ekstensi merupakan perpanjangan atau lanjutan dari program diploma/ vokasi ke jenjang sarjana. Biasanya ekstensi juga diselenggarakan bagi karyawan yang bekerja shift pagi hingga sore, kelas ini terdapat di beberpa kampus. Tetapi secara umum, program kuliah kelas ekstensimembantu para karyawan yang kuliah untuk menjenjang tinggi ilmu pendidikan dan karir. Namun tidak semua perguruan tinggi memiliki program kelas ekstensi.

  1. Kalender Akademik

Kalender akademik merupakan jadwal kegiatan akademik bagi mahasiswa atau juga kegiatan perkuliahan yang disusun oleh pihak rektorat dalam kurun waktu satu tahun. Dalam kalender tersebut ujian mahasiswa, hari libur, dan semua kegiatan perkuliahan atau kampus sudah diatur.

  1. Matrikulasi

Menurut brainly.co.id Matrikulasi adalah sebuah program penyetaraan ilmu atau pengenalan kampus yang biasanya didapat oleh mahasiswa yang lulus dari jalur PMP / PMDK / SNMPTN / undangan. Kegiatan matrikulasi biasanya berlangsung selama 2-4 minggu. Sedangkan, mahasiswa dari jalur terakhir atau jalur mandiri, biasanya tidak mengikuti matrikulasi ini, langsung masuk perkuliahan biasa.

Tujuanmatrikulasi adalah untuk menyetarakan kompetensi dari siswa yang berbeda sekolah terkhusus mahasiswa yang berasal dari daerah tersebut, mengenalkan kampus lebih dalam, mempererat keakraban sesama mahasiswa.

  1. Skripsi

Menurut KBBI, skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya. Lebih tepatnya kalau di Indonesia, skripsi menjadi syarat untuk lulus dari jenjang sarjana atau S-1 (Strata 1). Biasanya, juga disebut Tugas Akhir atau TA.

Sebenarnya, karangan ilmiah yang disebut ini sudah tidak asing bagi kamu. Pernah diberi tugas bikin makalah yang isinya ada Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tinjauan Pustaka, dll. pas sekolah? Nah, kurang lebih sama seperti itu.

  1. TA

TA bisa jadi “Tugas Akhir” yang artinya mirip dengan skripsi atau juga bisa disebut dengan “Titip Absen” yang merupakan teknik bolos kelas tapi minta tolong temen menandatangani buku daftar hadir atas nama kamu. Kalau ketauan dosen, mahasiswa yang titip absen dan dititipkan absen bakal kena hukuman. Jadi jangan sampai kamu melakukannya ya!

10. Wisuda

Menurut KBBI, Wisuda adalah peresmian atau pelantikan yang dilakukan dengan upacara khidmat. Wisuda merupakan akhir perjuangan sekaligus awal baru bagi mahasiswa. Sebuah momen yang ditunggu dan tidak akan terlupa. Saat menjadi siswa pasti kamu juga pernah melaksanakan wisuda setelah lulus dari sekolah.

  1. PDDIKTI

PDDIKTI adalah sebuah pusat kumpulan data penyelenggara pendidikan tinggi seluruh Indonesia. Kumpulan data tersebut dikelola oleh Dirjen Dikti yang beralamatkan di https://pddikti.kemdikbud.go.id/. Data yang ada merupakan hasil sinkronisasi yang dikelola oleh masing-masing perguruan tinggi nasional.

You may also like

Leave a Comment