Istighosah dan Khotmil Quran Tingkatkan Karakter Religius SMAN 1 Malang

by admin

Kegiatan rutin istighosah dan khotmil qur’an di lapangan basket SMAN 1 Malang (Alvin/siswaindonesia)

SiswaIndonesia.id, Malang – Selain dibutuhkannya ketekunan dalam belajar, hubungan dengan Sang Pencipta juga menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Hal inilah yang tengah dilakukan oleh SMAN 1 Malang. Melalui program rutin istighosah dan khotmil quran yang dilaksanakan setiap hari Jumat, diharapkan mampu mewujudkan para siswa dan siswi yang kuat secara batin.

Program istighosah dan khotmil quran merupakan program dari sekolah yang melibatkan Sie Kerohanian Islam (SKI). SKI sendiri merupakan ekstrakurikuler khusus untuk mewadahi para siswa yang ingin belajar agama secara lebih fokus.

“Setiap Jumat pagi, saya dan teman-teman anggota SKI lainnya membantu menyiapkan kegiatan istighosah dan khotmil quran ini, mulai dari membagikan kertas Yasin, sampai menyiapkan panggung hadrah,” ujar Zulvi, ketua SKI SMAN 1 Malang.

Kegiatan ini diperuntukkan untuk seluruh warga SMAN 1, baik guru maupun siswa yang beragama Islam. Dilaksanakan setiap hari Jumat di lapangan basket SMAN 1 Malang. Kegiatan ini dimulai pukul 06.00 pagi hingga 07.00 pagi. Dalam rangkaian kegiatannya diawali dengan membaca surah Yasin bersama, ceramah agama, berselawat bersama dengan dipimpin oleh grup hadrah SMAN 1 Malang, dan yang terakhir menyenandungkan asmaul husna hingga pembacaan doa.

Kegiatan istighosah ini menjadi program khas yang hanya dimiliki oleh SMAN 1 Malang. Tentunya menjadi nilai tambah positif dari sekolah yang terletak di Jl. Tugu Utara No.1 Kota Malang ini. Selain itu program ini juga menjadi sarana untuk memberikan pelajaran agama (khususnya) mulai dari nasehat hingga teguran kepada para siswanya lewat sesi ceramah yang disediakan.

“Program ini sudah lama dilakukan oleh SMAN 1 Malang, kalau grup hadrah nya itu memang masih baru saja ada,” ujar Tanto, salah satu guru SMAN 1 Malang.

Tujuan dari diadakannya program ini adalah untuk meningkatkan iman dan takwa, mendekatkan diri kepada Allah, serta mempererat ukhuwah islamiah. Di samping itu juga program istighosah dan khotmil quran ini dirasa sangat perlu dilakukan karena untuk menumbuhkan ukhuwah antara murid dengan murid. Begitupun murid dengan guru, guru dengan guru, serta hubungan dengan seluruh bagian dari warga SMAN 1 dapat terjalin dengan baik sebagai sarana dakwah, mauidotulhasanah.

Pihak sekolah juga berharap bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para siswa dan guru. Hal yang paling penting adalah semoga program ini dapat menanamkan sifat terpuji sehingga senantiasa para siswa dapat berperilaku dan bertindak sesuai dengan ajaran Islam. (krn)

Penulis        : Risky Karina Putri

Editor           : Nada Nabila

You may also like

Leave a Comment