INFOGRAFIS – Growth Mindset vs Fixed Mindset : Kamu yang mana?

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang – Beberapa waktu lalu sudah pernah kami bahas mengenai apa itu growth mindset, nah pada kesempatan ini siswaindonesia ingin membuat kamu lebih mengerti tentang Growth Mindset vs Fixed Mindset, agar nantinya kamu dapat mengerti dan memahami perbedaan dari kedua istilah yang pastinya memiliki perbedaan cukup jauh dan tidak dapat disamakan.

Kegagalan merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang, mungkin kegagalan dalam ujian sekolah, gagal dalam sebuah kompetisi atau pun kegagalan dalam hal lainnya. Namun yang membedakan satu orang dengan orang lainnya adalah dalam menyikapi dan pola pikir (mindset)dalam menghadapi suatu tantangan ataupun kegagalan tersebut.

Dilansir dari yooreka.id Menurut peneliti Carol Dweck dalam bukunya “Mindset: The New Psychology of Success”, ada dua jenis pola pikir: Fixed Mindset (pola pikir tetap) dan Growth Mindset (pola pikir bertumbuh).

Nah, tentu kedua mindset ini cukup berbeda ya.Growth Mindsetmeyakini bahwa kemampuan yang dimiliki seseorang bersifat tidak pasti dan dapat meningkat. Seseorang dengan growth mindset percaya bahwa kemampuan mereka dapat ditingkatkan dengan kinerja. Mereka memandang situasi yang menantang sebagai peluang untuk belajar, bukan sebagai tanda rendahnya kemampuan yang dimiliki.

Sedangkan seseorang dengan Fixed Mindset percaya bahwa kualitas, kemampuan dan talenta mereka bersifat pasti dan tidak dapat berubah. Mereka juga percaya bahwa kesuksesan dapat diraih karena bakat yang dimiliki, sehingga melupakan arti dari sebuah upaya.

Menghilangkan kebiasaan buruk memang cukup sulit, namun semua itu tentu didasari dari apa yang kamu pikirkan. Perubahan mindset dalam diri juga perlu diperbaiki apabila ingin menjadi orang yang berkualitas. Karena semua yang dilakukan dan dikerjakan berdasarkan apa yang ada dalam pikiran. Mengubah pola pikir negative menjadi pola pikir yang positif memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun percayalah bahwa kamu bisa melakukannya

Kamu hanya perlu menerapkan dalam mindset bahwa harus terus berpikir positif tentang semua hal yang terjadi dalam hidup ini. Kegagalan dan kesuksesan pasti akan selalu beriringan, namun yang terpenting adalah proses yang kamu jalani untuk menuju kepada kesuksesan tersebut. Dari proses itulah yang pada akhirnya dapat kamu pelajari dan menjadi pengalaman diri dalam pengambilan keputusan apabila menghadapi suatu masalah ataupun tantangan, karena dari pola pikir menentukan kesuksesan seseorang.

Menemukan kelebihan dan kekurangan dalam diri juga perlu untuk dipahami, agar senantiasa kamu dapat berbenah diri menjadi orang yang lebih baik lagi. Jangan pernah takut untu menyadari kelemahan dan kekurang kamu, dengan begitu kamu dapat menemukan cara terbaik untuk mengatasinya.

Jangan sampai pikiran kamu mengintimidasi, disaat kamu berpikir tidak bisa, maka secara tidak langsung alam bawah sadarmu telah merekam ingatan tersebut, sehingga ketika kamu menghadapi tantangan atau masalah itu menjadi tidak bisa. Sebaliknya apabila kamu berpikir positif dan bisa melakukannya, maka apa yang kamu kerjakan bisa diselesaikan dengan baik. Percayalah bahwa kita tidak dapat tumbuh apabila menghidari kelemahan dan kekurangan, karena sejatinya manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangnnya masing-masing. Namun apabila kamu bisa menyikapi kedua hal itu dengan benar maka kamu bisa bertumbuh dengan baik.

Jangan takut akan kegagalan, karena dengan kegagalan kamu dapat belajar dan berkembang. Ketika menemukan kegagalan teruslah mencoba sampai kamu benar-benar bisa menghadapinya. Cobalah untuk melakukan hal-hal yang belum pernah kamu kuasai atau hal-hal yang belum pernah dilakukan. Kegagalan adalah kesempatan untuk memperbaiki diri. Merangkul kegagalan sebagai peluang untuk mendapatkan banyak pelajaran.

Dengan memiliki pikiran yang postif dan ingin selalu berkembang maka sudah dipastikan bahwa kamu adalah orang yang memiliki pola pikir growth mindset karena kamu tidak akan takut akan kegagalan dan akan terus mencoba, begitu juga sebaliknya apabila kamu termasuk orang yang memiliki pola pikir fixed mindset maka sesegara mungkin kamu harus mengubahnya, karena mindset yang positif akan membawa kita ke jalan yang benar. Jangan sampai kegagalan membuatmu berhenti belajar dan berkembangnya.

You may also like

Leave a Comment