Holiday Paradox

by admin

(ilustrasi oleh Nada/siswaindonesia)

SiswaIndonesia.id, Malang – Tidak terasa tahun baru sudah sebentar lagi. Apakah tahun ini terasa cepat? Mungkin dari kalian ada yang bertanya-tanya, kenapa waktu terasa sangat cepat, apalagi saat liburan. Jika iya, mari pertanyakan kegiatan apa saja yang telah kalian lakukan dalam masa liburan ini. Setelah itu, Holiday Paradox akan menjelaskan kepada kalian kenapa waktu terasa cepat.

Sebenarnya perasaan kita kepada waktu yang berjalan itu sangat bergantung pada apa yang kita lakukan. Semakin kita senang dan sering melakukan kegiatan tersebut, maka akan semakin terasa sangat cepat pula waktu berjalan. Namun, jika kita melakukan hal-hal baru dan mengenang saat-saat itu, waktu akan terasa lambat. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Kembali ke masa saat kita kecil. Saat kita masih kecil, segala hal adalah sesuatu yang baru, sehingga kita menaruh perhatian lebih banyak terhadap apa yang terjadi di sekitar kita. Ada banyak sekali hal yang menarik untuk dilakukan, diamati dan dijelajahi. Segala hal baru yang kita lakukan inilah yang menghasilkan memori dan membuat waktu saat itu terasa lebih lambat saat kita mengingatnya. Seiring dengan berjalannya waktu, semakin sedikit pula lah memori menarik yang kita lakukan. Di titik inilah kita mulai merasa jika waktu terasa cepat.

Sama seperti saat otak kita berhenti memproses memori baru ketika kita tidur. Mau tidur berapa jam pun hanya akan terasa beberapa detik saja. Sehingga jangan heran, meskipun kita liburan mau dua minggu atau satu bulan penuh pun akan terasa sebentar, jika liburan tersebut hanya diisi oleh rutinitas biasa tanpa membuat pengalaman baru.

Setelah mengetahui kenapa waktu terasa cepat, sekarang mari kita bahas bagaimana cara membuat waktu terasa lambat. Bagaimana caranya? Jawabannya adalah cobalah hal baru. Sebelum liburan ini berakhir, sebelum semuanya terlambat dan kembali terasa cepat, maka lakukanlah hal-hal yang baru. Keluar dari zona nyaman, dan buat liburan mu tidak lagi membosankan, sehingga ada alasan untuk bersemangat dan menantikan sesuatu yang menarik.

Buat setidaknya satu memori yang berkesan disetiap harinya sebelum liburan berakhir. Sehingga otak bisa merekam memori yang berkesan itu dan menjadi pengingat bahwa kita sudah melakukan sesuatu yang luar biasa. Liburan tidak akan lagi terasa lebih cepat, bahkan sebaliknya kalian bisa memperlambat waktu untuk menikmati waktu liburan kalian sebelum berakhir. (nad)

Penulis            : Nada Nabila

Editor              : Risky Karina Putri

You may also like

Leave a Comment