HINDARI 6 KEBIASAAN BURUK YANG BERDAMPAK PADA KINERJA OTAK

by Siti Nurul Hikmah

Siswaindonesia.com, Malang – Sobat, tahukah kamu bahwa tanpa kita sadari, banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan selama ini, dapat berpengaruh pada kinerja otak kita lho. Mungkin selama ini kita menganggap, bahwa kebiasaan-kebiasaan ini tidak akan berpengaruh dan menimbulkan efek jangka panjang. Namun jangan salah, kebiasaan yang sering kita nilai sepele ini, justru dapat menurunkan kinerja otak kita, serta efek jangka panjangnya dapat menimbulkan beberapa penyakit dikemudian hari Apa saja kebiasaan buruk tersebut? berikut 8 kebiasaan buruk yang harus kita hindari :

 

  1. Begadang dan kurangnya waktu tidur

Apakah kamu memiliki kebiasaan buruk begadang? Jika iya, maka sebaiknya kamu harus hindari sedini mungkin. Umumnya, setiap orang memerlukan waktu tidur kurang lebih 8 jam dalam sehari untuk beristirahat. Seseorang dengan kekurangan waktu tidur, akan merasa mudah Lelah, hal tersebut terjadi akibat dari menurunnya kemampuan sel otak bahkan dapat mempercepat kematian pada sel-sel otak. Dalam sebuah Jurnal Penelitian yang ditulis oleh Herwanto dan rekannya Adrian Umboh, kekruangan waktu tidur dapat mempengaruhi mood yang berubah-ubah, waktu reaksi yang melambat, kewaspadaan yang berkurang, gangguan pembelajaran dan prestasi akademik yang buruk.

  1. Melewatkan Sarapan Pagi

Hal terpenting sebelum memulai kegiatan sehari-sehari adalah dengan sarapan pagi. Bukan hanya dapat membuatmu bertenaga, namun dengan sarapan pagi dapat menambah daya tahan tubuh lebih terjaga, menjaga konsentrasi serta kestabilan emosional. Menurut sebuah jurnal penelitian yang ditulis oleh Ni dengah Ariati serta NLP Yunianti Suntari Cakera, jika kamu salah satu dari orang yang sering melewatkan sarapan pagi, maka kamu perlu mengganti kebiasaan tersebut. sebab dengan melewatkan sarapan, menyebabkan ketersediaan gula darah rebih rendah, denyut jantung menjadi lebih cepat, kepala pusing bahkan pingsan. Kebiasaan buruk ini jika terjadi terus menerus bisa mengganggu status gizi, dan efek jangka panjangnya dapat mempengaruhi turunnya prestasi belajar di sekolah.

  1. Mendengarkan musik dengan volume yang besar

Mendengarkan musik kesukaan memang dapat menaikkan mood saat belajar, namu tahukan kamu jika mendengarkan music dengan volume yang kencang dapat memberikan efek yang buruk pada kesehatanmu. Bukan hanya dapat merusak fungsi pendengaran saja, namun kebiasaan buruk dalam jangka panjang bisa berpengaruh pada fungsi otak. Seperti kehilangan memori atau juga kerusakan pada jaringan otak lho.

  1. Kurang mengonsumsi air putih

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel siswaindonesia.com sebelumnya bahwa mengkonsumsi air putih sangat berpengaruh pada kinerja otak kita. Sebagian besar bagian dari otak kita adalah air, kurang lebih sebanyak 80%. Jika tubuh kekurangan asupan air mineral, maka dapat dipastikan akan berpengaruh pada kinerja otak kita. Otak tidak bekerja secara maksimal, kesulitan dalam mengingat sesuatu (disfungsi) bahkan jika kekurangan asupan air, akan sangat berpengaruh pada suasana hati kita.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok memiliki banyak dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh kita. Seperti yang kita tahu, dengan merokok dapat menimbulkan banyak penyakit di kemudian hari, mulai dari paru-paru, jantung dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, kebiasaan buruk ini sangat berpengaruh pada kinerja otak kia. Pada beberapa aritikel menyebutkan, dengan merokok dapat mengecilkan otak, dan resiko paling buruk adalah terkena penyakit Alzheimer serta demensia. Pada sebuah Jurnal Penelitian yang ditulis oleh Fitriani Agustuna, menyebutkan bahwa kebiasaan merokok dapat mempengaruhi prestasi belajar. Siswa dengan kebiasaan merokok, memiliki prestasi yang lebih rendah dibanding dengan siswa yang tidak merokok.

  1. Durasi tidur berlebihan

Bukan hanya durasi tidur yang kurang saja bisa berpengaruh pada kinerja otak saja, namun durasi tidur yang terlalu lama juga mempengaruhi kinerja otak kita. Dengan waktu tidur yang terlalu lama menyebabkan otak menjadi kurang aktif serta menyebabkan menurunnya daya berfikir. Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik ya sobat. Maka sebaiknya, hindari kebiasaan buruk yang satu ini. Selain pengaruh pada otak, metabolism tubuh juga terganggu.

 

Dari ke enam kebiasaan buruk yang telah disebutkan diatas, manakan kebiasaan yang sering kamu lakukan? Jika ada salah satunya, segera ubah kebiasaan tersebut ya, agar kinerja otak kita dapat berfungsi secara maksimal. Yuk share informasi ini kepada teman-teman dan orang terdekatmu!

You may also like

Leave a Comment