EAT THAT FROG, METODE BELAJAR UNTUK KAMU YANG MEMILIKI SETUMPUK TUGAS

by Siti Nurul Hikmah

Siswaindonesia.com, Malang – Detik-detik menuju ujian sekolah, rasanya semakin banyak pula tugas-tugas yang harus kita selesaikan. Banyaknya kegiatan dan setumpuk tugas-tugas sekolah, tidak lantas membuatmu lalai akan kewajiban ya. Jangan sampai hanya karena waktu yang terbatas, menjadikan alasanmu untuk tidak mengerjakan setumpuk tugas.

Waktu yang terbatas tidak sama dengan tidak memiliki waktu. Meskipun waktu yang kamu miliki tidak sebanyak tugas-tugas mu, kamu tetap bisa kok menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Pernah kah kamu mendengar metode belajar “Eat that Frog”? Eat that Frog merupakan sebuah metode belajar sederhana yang berfokus pada menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang paling sulit di pagi hari. Meski kata Frog memiliki arti katak, namun dalam metode ini kata Frog diartikan sebagai tugas atau kegiatan yang paling penting.

Metode Eat that Frog ini sangat cocok bagi siswa yang memiliki banyak kegiatan, serta banyak pula tugas-tugas yang menumpuk. Atau bisa juga diterapkan pada siswa yang kesulitan mengerjakan tugas akibat dari fokus yang mudah teralihkan. Jika kamu merasa termasuk dari siswa yang susah menentukan skala prioritas dan kurang produktif, maka kamu wajib mencoba metode yang satu ini. Lalu bagaimana cara menerapkan metode ini? Berikut adalah langkah-langkah dalam menjalankan metode belajar Eat that Frog :

  1. MenentukanFrog

Diantara setumpuk tugas yang kamu miliki, tentu ada salah satu tugas yang paling penting atau tugas yang perlu kamu selesaikan terlebih dahulu. Biasanya tugas yang harus kamu utamakan adalah tugas yang paling dekat waktu pengumpulannya. Mengutip laman milih rencanamu.id, langkah awal bisa dilakukan dengan membuat daftar kerjaan dengan kategori sebagai berikut :

  1. Tugas yang harus diselesaikan, dan kamu memang ingin menyelesaikan.
  2. Tugas yang harus diselesaikan, namun kamu malas melakukannya
  3. Tugas yang tidak seberapa penting, namun kamu ingin mengerjakannya
  4. Tugas yang tidak seberapa penting, dan kamu malas melakukannya

Diantara ke-empat daftar tersebut, kamu tentukan mana yang menjadi fokus utamanya. Tugas yang paling mudah bisa menjadi tugas paling pertama yang kamu kerjakan.

  1. Kerjakan di pagi hari

Mengawali hari dengan produktif bisa membuat mood mu terjaga. Selain itu, jika tugas-tugas dikerjakan saat pagi hari, maka kamu memiliki banyak waktu untuk bisa mengerjakan tugas-tugas yang lain. Sebab kamu sudah menyicil tugas sedari pagi. Mulailah dengan mengerjakan tugas yang paling mudah namun dengan waktung tenggang yang paling dekat. Disaat kamu bisa mengerjakan tugas dengan cepat, maka kamu semakin bersemangat untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas yang lainnya.

  1. Tugas besar, bia dibagi menjadi berbagai bagian

Jika kamu memiliki tugas yang sangat rumit dan sukar untuk diselesaikan, jangan dibiarkan saja atau malah ditunda-tunda ya. Kamu bisa mempermudahnya dengan membagi tugas tersebut menjadi berbagai bagian yang lebih mudah dilakukan. Hal dikarenakan, agar kita tidak merasa malas bahkan merasa kesusahan dengan tugas yang besar.

You may also like

Leave a Comment