Berawal Dari Suka, Kini Berhasil Jadi Juara Nasional

by admin

SiswaIndonesia.id, Malang – SARAZEN SHALAHUDDIN AKBAR, atau yang akrab disapa Zen ini merupakan siswa kelas 12 e-5 jurusan IPA di SMAN 5 Kota Malang. Zen merupakan peraih juara I kategori SMAN/SMKN dalam Lomba Olimpiade Nasional Bahasa Arab yang dilaksanakan di gedung P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Selatan, tahun ini.

Potret Zen Pemenang Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional Tahun 2018 (Alvin/siswaindonesia)

Pemuda kelahiran Denpasar, 21 April 2001 ini merupakan lulusan dari salah satu pesantren di Kota Batu. Dari sinilah Zen belajar bahasa Arab. Mulai dari dasar hingga ke tingkat lanjut. Ketika menduduki bangku SMA, dirinya menargetkan akan mempelajari bahasa baru yaitu bahasa Jerman.

“Di SMAN 5 ada program lintas minat, awalnya saya ingin memilih bahasa Jerman sebagai lintas minta saya, karena Bahasa Arab sudah pernah saya pelajari dulu sewaktu saya masih di pondok,” ujar Zen.

Namun diluar dugaan, Zen masuk ke lintas minat bahasa Arab. Mulanya ia sedikit kecewa, karena dirinya masuk ke lintas minat bahasa Arab yang berarti ia harus kembali mempelajari dari awal apa yang sudah ia dapatkan sewaktu di pesantren. Namun perlahan Zen menikmati dan mengambil kesempatan ini untuk membagi ilmunya dengan teman-teman yang lain dalam kelas lintas minat bahasa arab.

Zen juga sangat aktif mencari informasi tentang perlombaan maupun kompetisi. Terbukti dirinya bisa mengikuti lomba olimpiade hingga ke tahap nasional, berkat ketekunannya mencari informasi di media sosial. Beruntung pihak sekolah pun juga mendukung Zen untuk mengikuti perlombaan olimpiade bahasa Arab ini.

Selain dalam bidang bahasa Arab, Zen juga pernah mendapatkan juara 3 dalam lomba Pidato Bahasa Indonesia Kementerian Agama Kota Malang.  Dirinya mengaku bahwa kedua orangtuanya sangat mendukung  apa yang dilakoninya. Dukungan dan juga arahan dari orang tua diakui sangat membantu Zen untuk terus berprestasi demi masa depannya.

Pemuda yang bercita-cita menjadi dosen ini juga pernah mengikuti Olimpiade Sains Kebumian tingkat Kota Malang dan mendapat juara 3. Dari sini lah ia berharap dapat melanjutkan pendidikannya di universitas impiannya, yaitu Institut Teknologi Bandung prodi Teknik Geologi. Dirinya juga punya harapan yang besar untuk dunia pendidikan dan teknologi.

“Umat Islam saat ini kurang maju dalam bidang teknologi dan pendidikannya, saya berharap suatu saat nanti umat Islam bisa maju dan bisa digdaya dibidang teknologi dan pendidikan agar umat Islam bisa bangkit dan lebih berjaya,” ungkap Zen.

Ketika ada waktu luang, anak pertama dari dari dua bersaudara ini lebih suka menghabiskan waktunya untuk menonton film, dengan film kesukaan yaitu film Thailand. (krn)

Penulis       : Risky Karina Putri

Editor          : Nada Nabila

You may also like

Leave a Comment