Belajar Menyenangkan dengan Mind Mapping

by Siti Nurul Hikmah

SiswaIndonesia.com, Malang – Apakah kamu pernah merasa bosan saat belajar, karena materi yang sulit dipahami? Jika pernah, kamu bisa mencoba Teknik belajar yang lebih kreatif, yaitu dengan membuat mind mapping. Mind mapping merupakan suatu metode belajar yang sengaja dirancang dengen cara memetakan informasi dalam bentuk grafis.

Menurut Jurnal Penelitian yang ditulis oleh Iis Aprinawati, Metode mind mapping ini pertama kali dikembangkan oleh seorang psikolog dari Inggris bernama Tony Buzan. Mind mapping diaplikasikan pada bidang Pendidikan, menurut Tony mind mapping berguna untuk membantu kita dalam beberapa hal seperti ; merencanakan, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelasakan pikiran-pikiran, mengingat dengan baik, belajar lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan.

Alasan mengapa mind mapping dapat mempermudah kita dalam proses belajar adalah karena dengan menggunakan metode ini, akan membantu kita untuk lebih mudah mengingat materi yang sudah diberikan. Cara belajar mind mapping secara tidak langsung kita menggunakan otak kanan untuk melibatkan visualisasi, kreatifitas, imajinasi dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga lebih mudah untuk diingat. Selain itu dengan menggunakan metode ini, kita akan lebih fokus terhadap topik utama kemudian diikuti dengan kata kunci kata kunci tertentu dari suatu materi. Hal ini tentu akan mempermudah untuk mengingat dan fokus terhadap poin-poin penting dan menyimpulkannya dalam peta konsep sederhana.

Sumber gambar : Hubaisms.com

Bagi kamu yang mengikuti bimbingan beajar, pasti sudah tidak asing lagi dengan metode belajar menggunakan mind mapping ini. Biasanya pengajar di tempat bimbingan belajar menggunakan Teknik ini saat menjelaskan materi guna memberikan kemudahan pada siswa untuk memahami materi yang telah diberikan. Contoh mind mapping yang paling sering digunakan adalah dengan membuat garis percabangan, gambar, serta kata kunci yang berkaitan dengan konsep atau ide utama. Mengutip laman dari gramedia.com, Mind mappingmemiliki berbagai jenis, yang bisa kamu sesuaikan dengan minatmu, sebagai berikut :

  1. Mind mapping silabus

Mind mapping silabus merupakan jenis mind mapping yang mendukung menerima suatu gambaran berhubungan apa yang dikerjakan dan biasanya mind mapping ini dikerjakan dengan ukuran besar dan ditempel di dinding.

  1. Mind mapping bab

Mind mapping bab yang keberadaanya dibuat berdasarkan raikangan bab yang sudah dipelajari sebelumnya. Peta konsep jenis ini biasanya dibuat dengan meringkas poin-poin penting dalam sebuah pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah pada saat mengingatnya.

  1. Mind mapping paragraph

Mind mapping ini memberikan informasi dengan cara yang lebih lengkap dan mendetail. Tak hanya dapat melihat keterangan ringkas dari setiap bab yang dipelajari namun juga keterangan dari masing-masing bab tersebut.

Cara belajar dengan menggunakan metode mind mapping mempunyai banyak kelebihan dan manfaat, hal ini selaras dengan yang sebuah Jurnal Penelitian yang ditulis oleh Hani Wardah Latipah dan rekannya Adman. Pada jurnal tersebut, disebutkan pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dapat berpengaruh terhadap nilai akademik siswa. Sebelum diterapkannya metode mind mapping ini, sebagian besar nilai siswa berada di bawah KKM, namun setelah menggunakan metodemind mapping ada peningkata terhadap nilai akademik siswa. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu jalan keluar yang patut kamu cob ajika kamu mengalami kesulitan memahami materi dengan baik. Mind mapping memiliki banyak manfaat jika kamu mau mencoba, diantaranya :

  • Jika kamu sudah terbiasa menggunakan mind mappig,kamu akan dengan mudah mengorganisasikan dan mengelompokkan informasi-infomasi penting dari materi yang kamu dapat. Hal ini tentu secara otomatis dapat melatih diri untuk meningkatkan konsentrasi belajar
  • Saat kamu membuat mind mapping secara mandiri, berarti kamu telah mengasah kemampuanmu untuk menyusun informasi yang kamu dapat secara rapi dan tertata.
  • Manfaat lainnya adalah kamu bisa meningkatkan kemampuanmu dalam memproses ataupun memahami materi yang sedang dipelajari. Kunci penggunaan metode mind mapping adalah penggunakan poin-poin penting, secara tidak langsung hal ini dapat membantumu dalam mengingat materi-materi yang berkaitan dengan ide utama.
  • Mind mapping juga berpengaruh dalam meningkatkan kreatifitas mu, metode mind mapping erat kaitannya dengan bentuk grafis. Dengan begitu, kamu akan lebih kreatif dalam menggambar sesuai dengan materi agar kamu lebih mudah untuk memahami materi.
  • Dengan menggunakan peta konsep yang rapid an terstuktur, kamu akan lebih mudah memahami materi dan secara tidak langsung kamu bisa menghemat waktu untuk belajar.

You may also like

Leave a Comment