BCGRF, Ekskul Eksis dari SMKN 4 Malang

by admin

Kegiatan rutin mengundang pemateri oleh BCGRF (foto: dok. pribadi)

SiswaIndonesia.id, Malang – Disetiap sekolah baik SMA maupun SMK pasti mempunyai kegiatan ekstrakurikuler atau yang biasa disebut ekskul. Manfaat diadakaannya kegiatan ekskul tersebut adalah sebagai wadah untuk menyalurkan hobi, minat dan bakat para siswa secara positif yang dapat mengasah kemampuan dan daya kreativitas mereka. Selain itu, beberapa sekolah mewajibkan siswanya untuk bergabung di salah satu ekstrakurikuler yang ada.

BCGRF atau Broadcast Grafika adalah ekskul broadcasting yang dimiliki oleh SMKN 4 Malang. BCGRF berdiri sejak 2004 ini banyak diminati oleh para siswa di sekolah tersebut, tahun ini bahkan sudah merupakan generasi ke-14. Ekskul ini mempelajari materi tentang broadcasting seperti fotografi, videografi, talent, dan editing. Melihat materi yang dipelajari seperti itu terlihat seru kan?

Selain itu BCGRF juga sering mengikuti lomba baik besar maupun kecil seperti lomba membuat film, lomba desain poster, dan lomba fotografi. Meskipun sudah sering mengikuti lomba, BCGRF masih belum mendapatkan keberuntungan untuk mendapatkan juara.

“Akhir-akhir ini kami belum  memenangkan lomba, tapi kami memang terus mengikuti lomba apapun yang sekiranya cocok dengan kami,” ungkap Roiyan divisi talent ekskul broadcasting.

BCGRF ini sendiri sering mengundang pemateri yang kompeten untuk mengajarkan kepada semua anggota. Pemateri-pemateri yang didatangkan adalah orang-orang ahli dalam bidangnya masing-masing seperti filmaker, fotografer, dan yang lainnya. Sehingga para anggota-anggota BCGRF mendapatkan ilmu tentang broadcasting oleh orang yang lebih berpengalaman.

Ekstrakurikuler broadcasting ini diadakan setiap hari Sabtu bertempat di ruangan broadcasting SMKN 4 Malang. Ekskul broadcasting ini di bina oleh Andreas Herlambang yang dulunya juga alumni SMKN 4 Malang. Berkat bimbingan beliau ekskul tersebut diharapkan anak didiknya mempunyai skill lebih untuk memajukan dunia broadcasting di Indonesia.

“Ya semoga mereka bisa menjadi broadcaster, filmaker dan orang-orang media yang punya visi memajukan dunia media bangsa,”ujar pembina ekskul tersebut.

Meskipun fasilitas yang tersedia belum lengkap, semangat dari teman-teman BCGRF terus ditunjukan dengan karya-karya yang mereka buat. Semoga kedepannya BCGRF bisa terus berkarya dan tetap eksis untuk ikut memajukan dunia media yang ada di Indonesia saat ini. (feb)

Reporter    : Alvin Febriawan

Editor         : Risky Karina Putri

You may also like

Leave a Comment