Batik Mitreka Satata, Seragam Khas SMAN 1 Malang

by admin

Beberapa siswa SMAN 1 Malang berpose dengan memakai seragam batik khas Mitreka Satata (foto: dok. pribadi)

SiswaIndonesia.id, Malang – Satu lagi seragam batik yang unik adalah dari SMAN 1 Malang. Batik dengan warna kuning dan motif yang khas membuat seragam khas SMAN 1 Kota Malang ini beda dari yang lain. Seragam ini sering dinamai sebagai batik khas Mitreka Satata. Diciptakan oleh guru seni budaya mereka yaitu Moch. Sholeh dengan inspirasi dari lokasi bangunan sekolah mereka yaitu Tugu Malang.

Guru seni budaya yang merupakan lulusan Game Animasi UM tahun 2007 ini menuturkan bahwa dirinya mendesain motif batik tersebut dengan berbagai perencanaan.

“Awalnya dulu sudah ada seragam batik yang sudah lama dipakai oleh siswa disini, karena sudah terlalu lama kita pakai  seragam itu ternyata di luar daerah ada juga yang pakai batik dengan motif yang sama dan sudah ada di pasaran dan bukan lagi hanya seragam milik SMAN 1 Malang. Akhirnya kita memutuskan untuk membuat desain baru yang berciri khas SMAN 1 sendiri. Waktu itu saya cepat membuat desainnya di Corel Draw. Saat itu saya membuatnya motif tugu itu besar-besar, tapi setelah mempertimbangkan pemotongan kain nanti tidak pas kalau motif itu terlalu besar. Jadi saya atur dan saya perhitungkan ulang, dari itulah akhirnya saya kecilkan ukuran motif nya supaya lebih mudah untuk pemotongan kainnya dan juga dibolak-balik pun akan bisa,” jelas Moch. Sholeh.

Batik ini sudah dipergunakan sebagai seragam khas SMAN 1 selama 2 periode jabatan kepala sekolah SMAN 1 atau sejak tahun 2014 lalu.

“Awal warna yang diinginkan adalah warna oranye dengan tambahan sedikit warna kuning dan silver, namun pada saat proses mencetak kainnya, warna kain turun dan berubah menjadi warna kuning seperti saat ini,” terangnya.

Dari desain yang dibuat oleh Sholeh, dirinya ingin memberikan kesan untuk menonjolkan spesifikasi SMAN 1 secara khusus dari motif batik tersebut. Selain itu melalui ini, dirinya ingin mengajarkan para siswanya untuk mencintai hasil tradisi budaya batik tulis.

“Saya tahunya seragam batik ini namanya batik khas Mitreka Satata, udah bagus sih batiknya, saya paling suka kalo pas pakai seragam batik,” tutur Ajeng salah satu siswi SMAN 1 Malang.

Sholeh juga menambahkan jika dirinya diberi kesempatan, masih ada keinginan untuk menyempurnakan desain dari seragam batik tersebut.

“Saya belum puas sebenarnya dengan hasil desain nya terlebih di warnanya, karena awalnya saya desain itu warnanya oranye, tapi setelah saya cetak sudah terlanjur jadi, warna nya turun dan tidak sesuai, kalau untuk motifnya saya rasa sudah cukup sesuai dengan SMAN 1 ini,”tambah guru seni yang sudah mengajar sejak tahun 93 lalu. (krn)

Reporter    : Risky Karina Putri

Editor         : Nada Nabila

You may also like

Leave a Comment