Ayo Kenali Lebih Dalam Tentang dunia Volunteer

by Anisa Mahiswari

SiswaIndonesia.com, Malang –  Sering kali kita mendengar adanya berita bencana alam disuatu daerah dan identic dengan kata relawan atau Volunteer. Bila suatu daerah tengah mengadakan suatu acara entah itu acara social, acara formal maupun non formal juga tidak dapat dipungkiri disana pasti juga ada relawan atau Volunteer. Terkadang beberapa orang salah mengartikan relawan dan Volunteer. Jika orang mengartikan relawan selalu saja identic dengan bencana alam ataupun kegiatan yang berat berat saja. Sedangkan Volunteer hanya mengerjakan kegiatan yang ringan ringan saja seperti kegiatan sukarela membantu mengajar anak anak jalanan, menjadi panitia dalam suatu acara. Sebenarnya dua kata tersebut memiliki arti yang sama.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia atau (KBBI) relawan  memiliki arti yang sama dengan kata sukarelawan yaitu orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karna diwajibkan atau dipaksakan). Akan tetapi melansir jurnal penelitian yang ditulis oleh Goman, Evita (2019), menurut Jedlicka, 1990 berpendapat bahwa Volunteer adalah  seseorang yang secara sukarela meluangkan tenaga, waktu, bahkan uang pribadinya untuk menolong dan membantu sesama demi sosial. Dalam Kbbi bahasa Indonesia, Volunteer disebut Volunteer atau sukarelawan. Sukarelawan adalah sekelompok orang yang membantu, secara spontan dalam memecahkan permasalahan sosial tanpa mengharapkan imbalan.

Siapa yang bisa menjadi volunteer? Tentunya semua orang bisa menjadi relawan. Akan tetapi tidak semua orang memiliki komitmen dan jiwa Sosial yang tinggi dan rela berkorban demi kebaikan sesama. Yang dikorbankan relawan bukan saja uang. Tapi juga waktu, tenaga dan bisa saja ide ide pikirannya.

Menurut artikel dari rimbakita.com, ada beberapa hal hal penting yang wajib kita ketahui sebelum menjadi relawan adalah sebagai berikut

  1. Wajib untuk menyiapkan Hati, mental dan tenaga.

Sebagian besar masyarakat beranggapan menjadi relawan karena hatinya terpanggil. Yang sebenarnya terjadi ialah orang orang yang menjadi relawan tentunya orang orang yang memiliki hati emas. Karena mereka rela melakukan kegiatan social tanpa mengharapkan bayaran atau gaji. Mental mereka pun tentunya harus benar benar mental baja. Dikarenakan ketika relawan bekerja dilapangan, pasti mereka akan menjumpai berbagai tekanan dan kesulitan.

 

  1. Pastikan memiliki waktu yang benar benar luang.

Sebelum memutuskan untuk menjadi volunteer, kita harus benar benar memiliki waktu luang tergantung dengan bidang yang kita pilih. Bisa saja kita diharuskan bekerja setiap hari dalam satu bulan penuh.

 

  1. Pilih bidang yang kita sukai dan kita minati.

Memilih bidang yang kita sukai tentunya sangat membantu kita dalam menjadi relawan. Karena kita akan merasa ringan dan tidak terbebani jika kita melakukan hal yang benar benar sesuai dengan hobi atau keinginan kita. Kita akan benar benar bisa menikmati setiap hal yang kita lakukan selama kegiatan kita menjadi volunteer.

 

  1. jangan ragu untuk menyampaikan pendapatmu dan jangan ragu untuk bertanya.

Jangan ragu untuk menyampaikan pendapatmu jika disaat kita menjadi relawan. Bisa saja pendapatmu itu berguna dan menjadi awalan yang  baik untuk kedepannya. Jangan ragu untuk bertanya jika kita menjumpai kesulitan. Hal ini sangat penting menjadi seorang relawan untuk menghindari perselisihan perbedaan cara dan kesalahpahaman dalam mengerjakan suatu kegiatan.

 

  1. Tetaplah bekerja secara professional meskipun tanpa digaji

Tanggap adalah sikap yang harus kita tunjukkan ketika kita menjadi relawan. Tanpa perlu mereka meminta kepada kita, taapi kita lah yang menawarkan apakah ada kegiatan yang bisa saya lakukan atau saya bantu.

Menjadi volunteer  tentunya memiliki banyak manfaat. Mengutip dari artikel topkarir.com menjadi relawan dapat menunjang kita sebelum memulai untuk berkarir. Seringkali kita jumpai ketika kita akan wawancara disuatu perusahaan akan ditanyakan pengalaman kita. Menjadi relawan juga dapat menunjang kita ketika kita akan memulai karir. Berikut adalah manfaat menjadi relawan :

  1. Membangun dan memperluas relasi kita
  2. Membantu menemukan nilai nilai kehidupan
  3. Membuat kita lebih peduli terhadap lingkungan dan alam
  4. Mengembangkan sifat kerjasama tim
  5. Membuat kita lebih mensyukuri arti kehidupan

You may also like

Leave a Comment