7 Jurusan Unik di Indonesia

by Siti Nurul Hikmah

Siswaindonesia.com, Malang – Umumnya saat memilih jurusan kuliah, kita cenderung memilih jurusan yang populer atau jurusan yang memiliki prospek kerja yang bagus kedepannya. Seperti jurusan Kedokteran yang ketika lulus nanti bisa praktik dan menjadi dokter, atau memilik jurusan Hukum yang ketika lulus nanti bisa bekerja di firma hukum, atau yang sedang banyak diincar seperti jurusan ilmu komunikasi yang ketika lulus nanti memiliki prospek kerja yang bagus.

 

Namun, tahukah kamu bahwa jurusan di perkuliahan itu tidak hanya jurusan-jurusan yang populer saja? Ada juga loh jurusan-jurusan yang masih sangat jarang di dengar bahkan tidak banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini. Untuk kamu yang ingin berbeda dari teman-teman lainnya, beberapa jurusan di bawah ini bisa menjadi pilihamu nanti ketika bingung memilih jurusan. Apa saja jurusannya? Berikut ke tujuh jurusan yang jarang di ketahui :

  1. Teknologi Batik (UNIKAL)

Kota Pekalongan Jawa Tengah dikenal di berbagai penjuru daerah sebagai kota batik, maka jangan heran jika salah satu perguruan tinggi di kota Pekalongan tepatnya di Universitas Pekalongan memiliki jurusan yang unik, yaitu teknologi batik. Diharapkannya mahasiswa teknologi batik menjadi tenaga ahli madya yang mandiri, kompetitif dan professional pada tahun 2035.

  1. Seni Pedalangan (ISI Yogya)

Untuk kamu yang memiliki minat tinggi pada seni khususnya seni tradisional, maka kamu harus masuk di jurusan Seni pedalangan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Seni pedalangan adalah salah satu program studi yang sangat spesifik, menghasilkan sarjana seni pedalangan yang ahli dalam bidang pewayangan dan pedalangan. Harapannya dengan adanya jurusan ini, dapat meningkatkan daya tarik serta melestarikan seni tradisional yang mulai terkikis oleh jaman.

  1. Oseanografi (ITB)

Pernahkah kamu mendengar tentang jurusan oseanografi? Oseanografi merupakan ilmu yang memperlajari fenomena laut yang dapat diaplikasikan ke banyak bidang. Seperti yang kita tahu bahwa perilaku laut sangat susah untuk diprediksi, gelombang tinggi, pulau-pulau kecil yang tenggelam, tsunami, badai dan banyak hal lainnya. Indonesia dikenal dengan sebutan benua maritime, sebab lokasi geografis yang sebagian besarnya adalah perairan. Maka jurusan ini tentu sangat memiliki potensi yang besar pada prospek kerja kedepannya, namun sangat disayangkan jurusan oseanografis masih sangat jarang didengar dan sepi peminat.

  1. Teknik Transportasi Laut (ITS)

Setelah prodi oseanografi yang cukup jarang didengar, ada juga jurusan yang tidak familiar dan masih berhubungan dengan laut, apalagi jika bukan Teknik transportasi laut. Studi ini mempelajari tentang perencanaan serta Analisa angkutan laut, kegiatan dan infrastruktur pelabuhan, desain konseptual kapal yang tentu berorientasi internasional. Nantinya program studi ini akan dibagi menjadi tiga bidang keahlian lagi, diantaranya kepelabuhan, angkutan laut (pelayaran), infrastruktur dan logistic maritim.

  1. Sains atmosfer dan keplanetan (ITERA)

Sudah sering mendengar tentang jurusan astronomi? Ya, studi astronomi mempelajari fenomena pada sistem tata surya secara luas, dan nyatanya ada loh suatu jurusan yang secara spesifik mempelajari tentang atmosfer dan keplanetan. Jurusan masih sangat jarang di dengar oleh sebagian besar masyarakat, dan di Indonesia sendiri hanya ada satu yaitu di Institur Teknologi Sumatera (ITERA) tepatnya di kota Lampung. Jika kamu tertarik dengan seputar astronomi, maka jurusan yang satu ini bisa manjadi pilihanmu nanti.

  1. Teknik Nuklir (UGM)

Jika mendengar kata nuklir apakah yang kamu pikirkan adalah sebuah ledakan rudal nuklir yang mematikan itu? Faktanya, nuklir tidak hanya sebatas tentang senjata saja. Di Indonesia sendiri, ilmu nuklir digunakan sebagai sumber energi. Untuk kamu yang sangat bersahabat dengan mata pelajaran fisika, mungkin akan cocok jika kamu masuk di jurusan yang satu ini. Jurusan ini unik dan hanya ada satu saja di Indonesia, tepatnya di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

  1. Manajemen Industri Katering (UPI)

Jurusan yang unik dan jarang diketahui yang terakhir adalah Manajemen Industri Katering. Meski sama-sama berhubungan dalam bidang makanan, namun jurusan ini jauh berbeda dengan sekolah chef pada umumnya. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mendalami bidang kuliner namun tidak ingin mengambil jurusan tata boga. Manajemen industri catering mempelajari tentang manajemen operasional usaha kuliner mulai dari perencanaan, pengolaan, hingga pemasaran. Jurusan ini hanya ada satu di Indonesia, yaitu di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

You may also like

Leave a Comment