5 Tips untuk Kamu Siswa Kelas 12

by Siti Nurul Hikmah

SiswaIndonesia.com, Malang – Setelah satu tahun lebih belajar secara daring, engga terasa ya tiba-tiba sudah resmi jadi siswa kelas 12 aja. Dalam hitungan bulan lagi sudah saat nya kamu untuk say goodbye ke kehidupan masa-masa SMA. Sebelum mempersiapkan kata-kata perpisahan pada sekolah, baiknya kamu mempersiapkan hal-hal yang lebih penting dulu, karena kelas 12 merupakan waktu yang paling krusial, dan penting untuk melanjutkan masa depan loh.

Setelah lulus SMA, kamu akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan mulai dari jurusan yang akan kamu pilih, maupun universitas mana yang ingin kamu masuki. Namun sebelumnya, kamu harus menghadapi banyaknya ujian-ujian untuk menentukan kamu lulus dan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. SiswaIndonesia.com memiliki 5 tips yang harus kamu lakukan ketika menginjak kelas 12, simak dibawah ini ya!

  1. Mempersiapkan ujian UTBK

Sebelum memilih jurusan apa yang kamu imipikan, sebaiknya kamu mempersiapkan terlebih dahulu materi-materi untuk UTBK. Pada semester ganjil, kegiatan siswa kelas 12 belum terlalu padat, hal tersebut dapat kamu manfaatkan dengan mulai menyicil materi-materi untuk ujian nanti.

  1. Pilih jurusan

Saat ini apakah kamu sudah yakin dengan jurusan yang kamu pilih? Jika masih memiliki banyak pilihan dan belum yakin untuk memilih, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu secara matang. Kenali bakat dan minat kamu selama ini, koreksi apa saja kemampuan dan kekuranganmu. Selain itu, hal penting lainya adalah, coba untuk rundingan dengan orang tua, apakah mereka setuju dengan pilihanmu atau tidak. Jika mereka keberatan, kamu bisa memberikan pertimbangan dan menjabarkan alasan-alasan mengapa kamu harus masuk jurusan ini, dan jangan lupa jelaskan tentang prospek kerja kedepannya. Untuk menentukan sebuah jurusan, bukan perihal asal-asalan, apalagi memilih jurusan karena ikut teman. Jangan sampai kedepannya kamu menyesal dan merasa “salah jurusan”.

  1. Pilih kampus impian

Setelah menetapkan jurusan yang kamu inginkan, langkah selanjutnya adalah menentukan perguruan tinggi mana yang menjadi tujuanmu. Seringkali siswa engidam-idamkan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) karena dinilai lebih bagus secara kualitas dan dengan biaya yang lebih murah. Hal ini mengakibatkan persaingan untuk masuk PTN jauh lebih sulit jika dibandingan dengan masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, untuk bisa masuk kampus impian. Jika ngga lolos sampai jalur mandiri gimana? Tenang jangan berkecil hati, masuk PTS bukan sebuah aib, justru banyak juga PTS yang kualitasnya lebih bagus kok. Yang terpenting jangan lupa untuk mencari tahu informasi sebanyak mungkun ya.

  1. Mengurangi kegiatan di luar Prioritas

Jika kamu termasuk siswa yang banyak kegiatan di dalam maupun luar sekolah, mulai saat ini tentukan mana saja kegiatan yang kamu prioritaskan. Hal yang saat ini menjadi prioritasmu adalah, segala bentuk kegiatan yang dapat berdampak pada nilai akademik. Maka dari itu, kurangi kegiatan seperti osis, kepanitiaan, ekstrakulikuler bahkan sekedar jalan-jalan Bersama teman. Namun hal ini bukan berarti kamu tidak boleh bersenang-senang sama sekali. Mencari hiburan tetap diperbolehkan kok, tapi kamu harus bisa menetapkan waktu. Dimana saat kamu harus belajar dan kapan saat kamu boleh sekedar refreshing.

  1. Tidak bergantung pada SNMPTN

Ketatnya persaingan masuk PTN melalui jalur SNMPTN, berakibat banyaknya siswa yang gagal. Namun jangan khawatir, karena untuk masuk perguruan tinggi tidak hanya melalui jalur SNMPTN saja. Masih ada jalur UTBK, SBMPTN dan jalur Mandiri. Untuk itu, kamu perlu belajar dengan giat untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Menyiapkan mental juga diperlukan, jangan hanya karena gagal masuk melalui jalur SNMPTN, lantas kamu merasa putus asa dan tidak ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Tenang, menuju Roma tidak hanya ada satu jalan saja kok.

You may also like

Leave a Comment