5 Kampus Terbaik di Indonesia

by Siti Nurul Hikmah

SiswaIndonesia.com, Malang – Sejak kecil kita seringkali ditanya oleh guru profesi apa yang kita cita-citakan, ada yang menjawab menjadi guru, dokter, arsitek, designer,bahkan ada juga yang menjawab astronot. Untuk mewujudkan impian memang tidaklah perkara mudah, harus mengorbankan waktu, tenaga, uang dan banyak tingkat Pendidikan yang harus kita tempuh terlebih dahulu sebelum bisa mendapatkan yang kita impikan. Pendidikan 12 tahun saja tentu tidak cukup, setelah menyelesaikan Pendidikan SMA dilanjutkan dengan masuk ke perguruan tinggi, untuk mendapatkan ilmu yang lebih spesifik.

Kamu yang saat ini duduk di bangku SMA, harus mulai mempersiapkan sedini mungkin. Memiliki gambaran tentang cita-cita, agar bisa menentukan jurusan apa dan universitas apa yang akan kamu tuju. Dan tidak lupa, belajar dengan giat, karena untuk bisa masuk sebuah universitas idaman tidak mudah, kamu harus bersaing dengan ribuan siswa lainnya. Terlebih lagi, kamu yang saat ini duduk kelas 12, sudahkan menentukan pilihan univeritas mana yang kamu pilih nanti? Karena dalam hitungan bulan, kamu sudah bukan siswa SMA lagi.

Di Indonesia sendiri sangat beragam perguruang tinggi yang berkualitas, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Setiap perguruan tinggi memiliki keunggulan masing-masing. Namun kamu tidak perlu bingung untuk memilih, mengutip laman dari Kumparan.com, ada 5 Universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics 2021. Kamu bisa simak dibawah ini ya!

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Di Peringkat pertama ada Universitas Gadjah Mada atau yang sering disingkat UGM. Siapa sih yang engga tahu universitas yang satu ini? Universitas bergengsi yang terletak di kota pelajar Yogyakarta memang layak mendapatkan predikat kampus terbaik negeri. Pasalnya, UGM memiliki kualitas yang unggu, baik dari profil para pengajarnya, dan disertai dengan segala fasilitas yang ditawarkan. Penilaian ini juga berdasarkan dari aspek sumber daya manusia (SDM), manajemen dan akreditasi, kegiatan kemahasiswaa, serta penelitian dan publikasi.

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor Jawa Barat

Di urutan kedua ada IPB. IPB memiliki keunggulan akademik yang mempuni. Saat ini IPB memiliki 9 fakultas dan 1 sekolah bisnis dengan 36 program studi sarjana. Selain itu IPB juga memiliki sekolah vokasi dengan 17 program keahlian. Kampus hijau satu ini juga memiliki sekolah pascasarjana dengan 64 program magister sains, 13 program magister professional, 43 program doctor, 1 program internasional. Tenaga pengajar di kampus ini juga sangat mentereng. Total dari 1.250 tenaga pengajar, 65.6% Doktor, 31.8% Master serta didukung lebih dari 200 profesor.

  1. Institut Teknnologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya Jawa Timur

Di urutan ketiga ditempati oleh ITS. Urusan prestasi ITS tidak perlu diragukan lagi tentunya. Bukan hanya prestasi dalam akademik saja, namun dalam bidang non-akademik ITS juga telah menorehkan banyak prestasi, baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu ITS juga telah banyak bekerjasama dengan perusahan maupun instansi di bidang industri dan manufaktur yang ada di Indonesia. Lulusannya pun dijamin mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok Jawa Barat

Di urutan selanjutnya ada Universitas Indonesia atau yang sering disingkat UI. Siapa yang tidak mengenal PTN yang satu ini? jas almamaternya yang berwarna kuning ini sangat diidamidamkan oleh banyak orang. Kampus ini merupakan kampus yang memiliki jaringan internasional yang sangat luas. Tidak heran jika di UI ada banyak sekali kesempatan untuk mendapatkan kesempatan pertukaran pelajar. Selain ini dalam segi kenyamanan, kampus ini juga juara, karena memiliki banyak ruang terbuka hijau yang tersebar hampir di setiap penjuru kampus.

  1. Universitas Airlangga (UNAIR) Jawa Timur

Di posisi terkahir, ada Universitas Airlangga atau yang sering disebut dengan UNAIR. Kampus yang satu ini merupakan kiblat kemajuan Pendidikan di Kota Surabaya. Salah satu indikatornya adalah keberhasilan Uniair mencetak lulusan yang menjadi tokoh besar Indonesia. Selain itu, kampus Unair sangat luas dengan bangunan antic dan modern yang berdiri kokoh di kampus A, Kampus B dan kampus C. bahkan Unair adalah satu diantara beberpa kampus di Indoneisa yang sudah dilengkapi dengan rumah sakit sendiri. Rumah sakit Universitas Airlangga sudah dilengkapi dengan tenaga medis professional dan alat kesehatan yang canggih.

You may also like

Leave a Comment