5 DERETAN UNIVERSITAS ISLAM SWASTA TERBAIK VERSI WEBOMETRICS 2021

by Siti Nurul Hikmah

Siswaindonesia.com, Malang – Bagi kamu siswa kelas 12 yang berniat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, apakah sudah menentukan kampus pilihanmu nanti? Seperti yang kita ketahui, bahwa di Indonesia sendiri banyak sekali pilihan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Mulai dari Universitas, Institut, politeknik, pendidikan tinggi hingga akademi. Universitas sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis, universitas negeri dan universitas swasta.

Pada artikel sebelumnya, Siswaindonesia.com telah menyebutkan beberapa rekomendasi universitas negeri terbaik versi Webometrics serta universitas swasta terbaik menurut versi Webometrics tahun 2021. Pada kesempatan kali ini, Siswaindonesia.com akan memberikan rekomendasi lagi. Bedanya kali ini rekomendasi ini berisi deretan universitas islam swasta terbaik versi Webometrics 2021. Untuk kamu yang saat ini masih bingung menentukan kampus pilihanmu nanti, bisa simak artikel ini hingga habis ya!

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pada urutan pertama diduduki oleh Universitas Muhammdiyah Yogyakarta (UMY). UMY sendiri dapat terbilang salah satu universitas yang cukup besar dan terkenal di kota Yogyakarta. Maka tidak heran jika UMY masuk dalam deretan universitas islam swasta terbaik di Indonesia menurut versi Webometrics tahun 2021. Selain itu UMY juga merupakan kampus unggulan yang telah dilengkapi dengan sistem perkuliahan yang berkemajuan sesuai dengan taraf internasional. UMY sendiri menyediakan beberapa pilihan fakultas dan jurusan. Mulai dari Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Agama Islam, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, dan yang terakhir Fakultas Hukum.

  1. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan atau yang lebih sering dikenal dengan UAD, ini berada di kota pelajar yaitu kota Yogyakarta. Sama dengan UMY, UAD juga termasuk dalam naungan Muhammadiyah. Universitas yang satu ini bahkan telah memiliki sebuah saluran televisi, yaitu Televisi Universitas Ahmad Dahlan (TV UAD). Jika kamu merasa tertarik dengan dunia broadcasting, maka UAD dapat menjadi pilihan kampus mu nanti. Selayaknya seperti univeritas pada umumnya, UAD juga memiliki 11 pilihan fakultas, serta berbagai macam program mata kuliah yang bisa kamu pilih jika tertarik untuk masuk di UAD.

  1. Universitas Islam Indonesia

Pada peringkat ke tiga, ternyata masih diduduki oleh univeritas yang berasal dari kota pelajar. Universitas Islam Indonesia (UII) sendiri termasuk salah satu kampus islam bergengsi di Indonesia. Berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka, UII pernah masuk dalam deretan 10 besar perguruan tinggi terbaik versi kemenristekdikti pada tahun 2015. Sebab UII memiliki segudang prestasi pada level internasional. Bahkan UII pernah memperoleh akreditasi yang diberikan oleh Japan Accrecitation Board for Engineering Education (JABEE) pada prodi Teknik Sipil UII. Maka tidak heran lagi jika UII menjadi salah satu kampus islam swasta yang banyak diminati oleh calon mahasiswa.

  1. Universitas Islam Negeri Bandung

Pada peringkat selanutnya kita bergesar sebentar ke arah barat. Ada Universitas Islam Negeri Bandung atau yang seringkali dikenal dengan sebutan Univeritas Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD). UIN Bandung ini juga tidak kalah hebat dibandingkan dengan kampus-kampus sebelumnya. Pasalnya UIN Bandung juga memiliki segudang prestasi bertaraf internasional. Sesuai dengan data versi Scimago Institutions Rangkings (SIR), UIN Bandung menempati peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke 53 di Asia, dan posisi ke 60 perguruan tinggi terbaik di Asia. Pada posisi ini UIN Bandung setara dengan Kyoto University dan Tianjin University dalam bidang riset. Keren bukan?

  1. Universitas Muhammdiyah Malang

Selanjutnya ada Universitas Muhammdiyah Malang atau yang seringkali disingkat UMM. Jas merah kampus putih ini juga termasuk salah satu dari kampus islam swasta favorit di Jawa Timur. Masuk dalam deretan kampus terbaik versi Webometrics berate menandakan bahwa UMM memiliki segudang prestasi yang cukup membanggakan.

You may also like

Leave a Comment