10 PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021

by Siti Nurul Hikmah

Siswaindonesia.com, Malang – Hayo siapa yang masih sering underestimate atau yang masih sering meremehkan kualitas dari perguruan tiggi swasta? Jangan salah, justru banyak kampus-kampus swasta yang lebih bergengsi loh. Perguruan tinggi negeri bukanlah segalanya, kamu tetap bisa mencapai impian asal kamu tekun belajar dan terus berusaha. Kesuksesan tidak dinilai dari mana kampus mu nanti, tetapi dari seberapa gigih dan usahamu untuk mencapai itu semua.

Pada artikel sebelumnya, siswaindonesia.com menyebutkan 5 perguruan tinggi negeri terbaik 2021 menurut Webometrics, tentu belum netral namanya jika hanya menyebutkan perguruan tinggi negeri saja. Untuk itu, artikel kali ini siswaindonesia.com akan menyebutkan 10 perguruan tinggi swasta terbaik 2021 menurut webometrics.

Sebelumnya, apa sih Webomatrics itu? Webomatrics Ranking of World Universiti adalah sebuah badan riset publikasi terbesar di Spanyol, yang setiap tahunnya merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Dunia. Ada lebih dari 30.000 perguruan tinggi di 200 negara yang dinilai oleh Lembaga riset ini. mengutip dari artikel milik ruangguru.com, untuk menentukan perguruan tinggi terbaik tidaklah asal serampangan, Webometrics menggunakan tiga faktor penilaian untuk menentukan peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia, diantaranya :

  1. Visibilitas(visibility)

Visibilitas atau kejelasan ini berhubungan dengan pengaruh atau dampak konten website perguruan tinggi yang bersangkutan. Hal ini dinilai dari jumlah pranata luar (external links) yang mengarah pada laman perguruan tinggi tersebut. pengumpulan data ini menggunakan alat bantu Ahrefs dan Majestic. Bobot nilai dari kategori visibilitas mencapai 50%.

  1. Keterbukaan (transparency / openness)

Faktor transparansi dilihat dari jumlah kutipan yang menyebutkan 210 profil akademisi maupun peneliti teratas dari suatu perguruan tinggi. sumber data ini diambil dari Google Scholar Profiles. Bobot nilai yang diberikan untuk penilaian transparasi informasi dan penelian sebesar 10%.

  1. Keunggulan

Penilian keunggulan dilihat dari jumlah artikel ilmiah yang dipublikasikan dan terindeks pada jurnal internasional yang kredibel. Data ini dihimpun dari Scimago. Bobot nilai untuk kategori keunggulan sebesar 40%.

Memang apa sih manfaatnya dari riset ini? justru dengan adanya riset dan ranking perguruan tinggi, berguna memudahkan kamu untuk menentukan mana kampus terbaik yang akan kamu masuki nanti. Berikut adalah 10 Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia 2021 menurut Webometrics :

  1. Telkom University
  2. Universitas bina nusantara
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  4. Universitas Gunadarma
  5. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  6. Universitas Dian Nuswantoro
  7. Universitas Narotama UNNAR Surabaya
  8. Universitas Kristen Setya Wacana
  9. Universitas Islam Indonesia
  10. Universitas Mercu Buana

10 perguruan tinggi diatas merupakan perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, diantara semuanya adakah salah satu kampus impianmu nanti?

You may also like

Leave a Comment